Sukses

Lifestyle

Fimela Awards Home Industry of The Year: Garut Kulit Konsisten dalam Berinovasi dan Cetak Rekor Penjualan saat Pandemi

Fimela.com, Jakarta FIMELA Award merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun FIMELA yang ke-12. Dalam acara ulang tahun ini, FIMELA akan memberikan sejumlah penghargaan kepada beberapa kategori salah satunya penghargaan yang diberikan kepada pengusaha yang telah menciptakan brand lokal yang juga memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama perempuan Indonesia.

Dunia home industry kini semakin hari semakin berkembang. Banyak sekali produk lokal yang tidak hanya menarik tetapi juga mengusung bangga akan produk lokal asli Indonesia. Seperti produk dari Garut Kulit, yang didirikan oleh Sumarni Rifemi. Garut Kulit menjadi salah satu nominator dalam FIMELA Awards yang masuk dalam kategori Home Industry of The Year.

Beradaptasi menjadi kunci bertahan di tengah pandemi Covid-19, seperti menjalani gaya hidup new normal. Begitu juga dalam bisnis, mengadopsi kenormalan baru juga mutlak dilakukan bukan hanya dari sisi protokol kesehatan namun lewat terobosan.

Seperti cerita inspiratif dari Founder dan CEO Garut Kulit Sumarni Rifemi yang mengubah orientasi bisnisnya dengan mengeksplorasi ritel atau eceran. Awalnya, pengusaha kulit asli Garut ini menggarap pasar business 2 business (B2B), ekspor dan korporat.

Hal itu diambil setelah mengamati pemesanan yang mulai turun dari Eropa dan Australia mulai akhir tahun 2019. Terutama saat di Eropa mulai menerapkan lockdown sejak Desember yang membuat penjualan anjlok.

Hantaman lain juga datang dari dalam negeri, di mana orderan souvenir dari klien korporat baik pemerintah dan swasta tidak sebanyak biasanya. Hingga saat semua utang pekerjaan sudah diselesaikan membuat ia memproyeksi tidak ada project masuk sampai Lebaran 2020.

Momen memasuki bulan Ramadan menjadi titik balik bagi perempuan yang sebelumnya bekerja di bidang pertambangan tersebut untuk menentukan hidup dan mati perusahaan. Dan yang terpenting tentu saja para pekerja yang kebanyakan seorang kepala keluarga menggantungkan nasib padanya.

Senantiasa Membuat Inovasi Baru, Membuat Garut Kulit Tetap Eksis di Masa Pandemi

Penjualan ritel sebenarnya sudah dilakukan Garut Kulit yang menyuplai produknya  di department store terkurasi seperti The Goods Dept dan Mezzo di beberapa kota di Indonesia. Namun karena harga jual produk kulit sendiri yang cukup pricey, tentu orang akan berpikir lagi untuk membeli, terutama di masa pandemi.

Jadi, Ani dan tim mulai menggarap harga produk yang dijual di bawah Rp500 ribu seperti pouch. Serta tiga produk yang di-bundling seharga Rp100 ribu yang bisa dipilih, di antaranya key wallet, card holder, tutup lensa, sampai pouch hand sanitizer.

Penjualan ritel pun akhirnya menstabilkan cash flow Garut Kulit untuk menutupi semua biaya produksi di masa pandemi. Hal itu menjadi awal perubahan dan penyemangat, di mana terbiasa bermain project besar namun sekarang beradaptasi dengan eceran.

Keberhasilan membawa penjualan ritel juga berimbas pada kepercayaan korporat di dalam negeri yang melihat Garut Kulit tetap eksis dan berkembang di masa pandemi. Orderan pun perlahan mulai kembali dengan jenis souvenir ala new normal seperti masker variasi kulit. 

Mulai Fokus dengan Usahanya, Ani Mematenkan Nama Garut Kulit ke HAKI

Siapa sangka jika Ani, seorang lulusan Matematika Murni ITB ini memulai bisnisnya dari nol di tahun 2012. Kala itu ia menyambi menerima order kulit sambil bekerja di perusahaan perminyakan dan kerap menjalani training di luar negeri.

Kesempatan itu dimaksimalkan bukan hanya untuk pekerjaan namun mencari link pertemanan sekaligus koneksi. Ia pun masih tak menyangka di tahun 2015 bisa melakukan ekspor kulit untuk pertama kalinya ke Kenya dengan bantuan seorang teman yang memasarkannya di sana. 

Hingga akhirnya ia resign di tahun 2016 dan mematenkan nama Garut Kulit dengan mendaftarkan mereknya di HAKI. Dengan portofolio ekspor ke Afrika, ia pun mulai bergerilya menjangkau korporat pemerintah seperti Kementerian BUMN sampai Pertamina. 

Nah, melihat inovasi dan inspirasi dari berkembangnya home industry, maka Garut Kulit menjadi salah satu nominator Fimela Awards dengan kategori Home Industry of The Year. Untuk memberikan dukunganmu, bisa klik link di sini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading