Sukses

Lifestyle

5 Tips Buat Kamu Semakin Fokus Belajar

Fimela.com, Jakarta Belajar adalah sebuah keharusan bagi kita untuk memiliki seluruh pengetahuan yang kita butuhkan. Bagi beberapa orang, mereka menemukan sebuah kesenangan dalam belajar. Jadi saat hari-hari mereka diisi dengan belajar pun mereka merasa biasa saja dan tidak terbebani. 

Namun lain lagi pada sebagian lainnya yang menganggap belajar itu membosankan atau bahkan tidak menyukainya. Jadi tidak heran kalau saat belajar mereka susah untuk fokus dan malah melakukan hal lain seperti bermain ponsel atau bahkan rebahan di kasur melakukan hal lain.

Kalau Sahabat Fimela masuk pada kategori kedua ini maka tenang saja. Mungkin kamu belum menemukan langkah yang tepat dan nyaman dalam belajar sehingga susah fokus saat melakukannya. Berikut ini 5 tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan fokus dalam belajar.

Perut Terisi ketika Belajar

Upayakan saat belajar maka perutmu sudah benar-benar terisi. Saat perut kosong maka otak tidak bekerja dengan optimal. Hal ini dikarenakan tidak adanya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Alih-alih fokus, kamu malah merasa lemas dan memilih untuk tidur-tiduran saja sebab rasa malas yang datang. Jadi pastikan kebutuhan kalori mu terisi saat belajar, ya.

Sediakan Air Minum di Meja Belajarmu

Salah satu cara efektif agar tetap fokus adalah memastikan agar tubuh selalu terhidrasi. Pasokan air yang cukup di dalam tubuh dapat memperlancar kinerja otak dan membuatnya bekerja maksimal. Selain itu sensasi saat air melewati kerongkongan menuju ke perut akan memberikan kesegaran sendiri. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan air minum di meja belajarmu.

Jauhkan Ponsel

Salah satu hal yang seringkali mengganggu fokus kita adalah adanya gangguan-gangguan dari luar. Ponsel merupakan gangguan terbesar yang sulit untuk dihindari sebab benda pipih ini sudah erat hubungannya dengan kehidupan kita. Maka dari itu sangat penting untuk menyingkirkan ponsel saat kita belajar agar fokus dengan materi yang dipelajari. Untuk langkah awal, coba matikan ponsel selama satu jam setelah itu mengeceknya kembali selama beberapa menit untuk mengantisipasi jika ada hal penting yang terjadi. Ingat, hanya beberapa menit. Setelah itu kamu langsung mematikan kembali ponsel sebelum terlarut memainkannya lebih lama.

Buat Lingkungan Belajar yang Sesuai Denganmu

Setiap orang memiliki kriteria lingkungan belajar yang ideal sendiri. Ada yang suka belajar di tengah-tengah keramaian, ada juga yang lebih memilih di tempat yang sunyi. Kamu bisa menyesuaikannya dengan lingkungan belajar yang lebih kamu suka. Untuk kamu yang suka keramaian, daripada belajar di tempat umum yang nantinya berpotensi mengalihkan fokus belajar sebab berbincang dengan teman-teman, kamu bisa mengakali dengan memutar playlist lagu agar kamar tidak sepi. Untuk kamu yang suka dengan suasana sepi, beri pengertian ke keluargamu untuk tidak ramai atau mengganggumu karena akan fokus belajar.

Pilih Waktu Belajar yang Paling Pas

Puncak kinerja otak orang memang berbeda-beda. Sama halnya dengan lingkungan belajar, untuk hal ini kamu perlu lagi menyesuaikan dengan waktu yang kamu rasa terbaik untuk otakmu belajar. Ada tipe yang suka belajar pagi hari sebelum fajar tiba, ada juga yang memilih waktu malam. Pastikan itu waktu terbaikmu untuk fokus belajar. Juga jangan sampai mengorbankan waktu tidur dengan begadang semalaman sebab bagaimanapun juga tubuh butuh waktu untuk diistirahatkan dengan cukup. 

5 tips di atas bisa banget kamu terapkan untuk memulai langkah baru dalam kegiatan belajar. Siapa tahu yang mulanya kamu malas jadi semakin rajin belajar sebab sudah menemukan lingkungan dan waktu yang tepat. Semangat belajar!

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading