Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri saat Hidup yang Dijalani Makin Berat

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup ini, kadang kita dihadapkan pada fase-fase yang membuat segalanya terasa begitu berat. Masalah datang silih berganti tak ada habisnya dan berbagai persoalan baru yang perlu diprioritaskan membuat kita merasa sangat stres dan tertekan. Saat belum bisa menuntaskan atau menyelesaikan masalah yang ada, maka berusaha untuk tetap kuat dan tegar menjadi pilihan paling bijak.

Berikut ini lima cara yang bisa dicoba untuk bantu tegarkan diri saat hidup yang dijalani terasa makin sulit dan berat. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Buat Pilihan untuk Tetap Melangkah ke Depan

“Courage isn’t having the strength to go on – it is going on when you don’t have strength.” – Napoléon Bonaparte

Ambil jeda dan rehat sejenak. Luangkan waktu untuk memantapkan pilihan untuk bertahan melangkah ke depan, dan bukan menyerah atau putus asa. Saat sudah memantapkan pilihan untuk melangkah ke depan, maka akan ada kekuatan baru yang muncul untuk membuat kita bersemangat.

 

 

2. Terima Realitas Hidup yang Ada

“Life is, at times, tough. And all we need to do is to prove that we are tougher than it.” – Sanhita Baruah

Hidup memang tak selalu mudah. Ketika saat ini hidup rasanya makin berat dan sulit, maka terima realitas yang ada dengan lebih lapang dada dan apa adanya. Saat sudah bisa menerima keadaan dengan tangan lebih terbuka, maka langkah kita bisa lebih ringan untuk menghadapi tantangan baru dalam hidup.

 

 

3. Selesaikan Hal yang Paling Mudah

“Sometimes our light goes out, but is blown again into instant flame by an encounter with another human being.” – Albert Schweitzer

Hidup yang terasa makin berat biasanya disebabkan karena masalah yang datang bertubi-tubi dan tak ada habisnya. Di sini kita bisa coba untuk selesaikan atau urus satu hal dulu yang menurut kita paling mudah. Setidaknya saat ada hal yang bisa diselesaikan, ada beban yang sedikit lebih ringan dan ini bisa menghadirkan motivasi untuk lebih semangat jalani hidup lagi.

 

 

4. Asah Potensi Diri yang Baru

“Life's challenges are not supposed to paralyze you, they're supposed to help you discover who you are.” – Bernice Johnson Reagon

Tantangan dan masalah baru yang hadir dalam hidup bisa jadi hadir untuk menguji kita agar bisa "naik kelas". Biasanya saat bisa menemukan kemampuan atau potensi baru untuk mengatasi sebuah persoalan, maka sebenarnya pada saat bersamaan ada jiwa yang makin kuat dan tangguh muncul dari dalam diri.

 

 

5. Cari Bantuan yang Diperlukan

“You may have to fight a battle more than once to win it.” – Margaret Thatcher

Kalau memang butuh bantuan profesional karena mulai merasakan gejala-gejala depresi, izinkan diri untuk menghubungi psikolog atau psikiater. Jika memang butuh teman atau seseorang untuk diajak berbagi isi hati dan perasaan, coba hubungi kembali orang-orang yang bisa kamu percaya. Tak semua hal harus diatasi sendiri. Kalau memang butuh bantuan, maka carilah bantuan yang dibutuhkan.

Semoga hidup yang terasa makin berat bisa tetap dijalani dengan baik, ya. Semoga ke depannya hidup jadi terasa lebih bermakna untuk dijalani.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading