Sukses

Lifestyle

5 Kegiatan Ini Dapat Bantu Gaya Hidup Sehat dan Berkelanjutan

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti memiliki gaya tersendiri untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Berbagai kegiatan dilakukan untuk salah satunya dengan melakukan kegiatan positif mengadopsi gaya hidup sehat dan berkelanjutan di rumah. Kegiatan tersebut tidak hanya memberikan dampak positif pada gaya hidup, melainkan juga kondisi fisik dan psikologis keluarga.

Beberapa waktu lalu, IKEA Indonesia menyelenggarakan kegiatan “Rumahku, Ceritaku” yang bertujuan untuk menginspirasi masyarakat melalui gaya hidup berkelanjutan dari rumah dari langkah sederhana yang tidak hanya dapat menciptakan rumah berkelanjutan dan sehat. Melainkan aman serta nyaman untuk manusia dan planet. 

Berikut adalah lima rekomendasi kegiatan dari IKEA Indonesia untuk memulai gaya hidup berkelanjutan, serta menghabiskan waktu bersama keluarga dengan mengasyikkan.

1. Kegiatan upcycling untuk outfit

Bagi sahabat Fimela yang memiliki koleksi pakaian yang banyak, namun bosan dengan tampilan yang itu-itu saja? Sahabat Fimela dapat melakukan kegiatan upcyling dengan menggunakan pakaian lama, tak hanya itu dapat juga menggunakan sahabat Fimela dapat menyulap pakaian lama menjadi tas hingga aksesori lain mode baru. 

Melalui kegiatan upcyling, secara tidak langsung berkontribusi terhadap keberlangsungan lingkungan. Selain itu, manfaat yang dirasakan seperti meningkatnya kreativitas dan kepercayaan diri karena eksplorasi yang dilakukan untuk menghasilkan mode fashion terbaru.

Untuk membuat koleksi upcyling, sahabat Fimela membutuhkan bahan-bahan sederhana seperti benang, gunting, jarum, dan potongan kain dan aksesoris. 

2. Meal prepping untuk menunjang hari kerja lebih sehat dan hemat

Aktivitas pembelajaran dan pekerjaan saat ini mulai beroperasi secara offline, oleh karena itu dengan menyiapkan bekal utnuk makan siang menjadi salah satu pilihan yang dapat dicoba oleh sahabat Fimela.

Tidak hanya menyehatkan tubuh, kita juga dapat menghemat pengeluaran untuk makan siang. 

3. Buat scented candle

Rumah yang bersih dan wangi menciptakan kenyamanan tersendiri bagi setiap orang. Selain bikin betah, rumah menjadi terasa sejuk. Untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman, sahabat Fimela dapat membuat scented candle sendiri di rumah. 

Aromanya yang soft namun perlahan menyebar ke seluruh ruangan, dan juga cahaya hangat dari apinya, menciptakan kesan relaks dan homey.

4. Lakukan kegiatan mengompos

Peningkatan jumlah sampah organik yang berasal dari sisa makanan dapat menimbulkan masalah serius bagi ekosistem lingkungan. Langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mulai peduli akan lingkungan adalah kegiatan mengompos. Tak hanya kamu bisa berkontribusi untuk menyelamatkan bumi, tetapi dengan mengompos, rumah akan jauh lebih bersih dan terhindar dari bau sampah. 

Berikut beberapa bahan yang diperlu untuk membuat kompos, seperti:

  • sampah coklat
  • Sampah hijau
  • Tanah atau air cucian beras 

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan seluruh bahan ke dalam wadah, kemudian gunakan alat sekop untuk mengaduk seluruh bahan. Setelah tercampur pupuk kompos sudah bisa digunakan. 

5. Menanam sayuran di rumah

Menanam sayuran di rumah merupakan salah satu kegiatan seru yang dapat dicoba. Selain menghemat pengeluaran, sahabat Fimela mendapatkan manfaat alami dari sayur yang ditanam dengan pupuk kompos. 

Kegiatan ini selaras banget bagi kamu yang sudah memulai kegiatan mengompos dan memiliki keinginan untuk menjalankan meal prepping! Dengan menanam sayuran di rumah sahabat Fimela sendiri, tentunya kamu akan merasakan sejumlah manfaat dari kegiatan ini, yakni mengonsumsi makanan organik yang berkualitas, menghirup udara yang lebih segar dan bersih, dan latihan fisik serta relaksasi mental saat dalam proses menanam tanaman.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading