Sukses

Lifestyle

Sebelum Memilih Mesin Cuci, Perhatikan 5 Hal Berikut Supaya Tidak Salah Beli

Fimela.com, Jakarta Moms, penggunaan mesin cuci di zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan wajib dalam rumah tangga. Selain mempermudah urusan membersihkan pakaian, penggunaan mesin cuci juga dapat menghemat waktu selama mengerjakan berbagai tugas rumah tangga lainnya.

Tapi dengan munculnya beragam opsi mesin cuci baru, terkadang membuat kewalahan dalam menentukan mesin cuci mana yang terbaik. Mulai dari fiturnya, pengaturannya, dan efisiensinya, semua menawarkan kelebihannya masing-masing. 

Jangan khawatir, simak dulu lima hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan model mesin cuci mana yang sesuai dengan ruang cuci yang dimiliki.

Bukaan Depan atau Bukaan Atas

Hal pertama yang harus kalian tentukan adalah ingin membeli mesin cuci tipe bukaan depan atau bukaan atas, karena keduanya memiliki kelebihannya masing-masing dari hasil cuci pakaian kalian. 

Untuk mesin cuci bukaan depan, umumnya menawarkan hasil cucian pakaian yang lebih baik, karena saat proses mencuci pakaian di bagian mesin penggulungnya, akan menghasilkan gaya putaran yang lebih lembut untuk pakaian. 

Sedangkan mesin cuci bukaan atas, akan lebih nyaman dalam penggunaannya, karena tidak perlu membungkuk saat akan memasukan baju ke mesin penggulung. Siklus perputarannya juga cenderung lebih cepat, ditambah pakaian dapat terendam lebih merata menggunakan tipe ini. 

Kapasitas

Selanjutnya ada kapasitas, ini juga penting untuk dipertimbangkan. Semakin banyak orang di rumah maka semakin besar juga kapasitas mesin cuci yang kalian perlukan. 

Jika anggota keluarga di rumah hanya empat sampai lima orang, maka sebaiknya kalian memilih mesin cuci dengan kapasitas 3,5 - 4,4 kaki kubik, dan untuk anggota keluarga yang lebih dari enam orang, bisa menggunakan kapasitas 4,5 plus. 

Perlu diingat, walaupun dapat mencuci pakaian lebih banyak saat menggunakan kapasitas yang lebih besar, tetapi biaya listrik dan airnya juga akan lebih mahal. Jadi sebaiknya sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Konsumsi Listrik

Mesin cuci terkenal dengan daya listriknya yang besar. Makanya mempertimbangkan seberapa besar daya konsumsi listrik perbulannya, penting untuk dicari tahu terlebih dahulu. 

Usahakan cari mesin cuci yang sudah mempunyai fitur hemat energi, karena walaupun hanya hemat 10-20% selama penggunaannya, dana tersebut sudah dapat digunakan untuk menghemat uang demi kepentingan lain.

Paham Fitur yang Dibutuhkan

Tentu semuanya ingin memiliki memiliki mesin cuci yang mempunyai fitur yang cukup dengan kebutuhan. Meskipun banyak opsi yang menawarkan kelebihan lain, namun jika itu tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya tidak usah dibeli. 

Pahami bagaimana proses mesin itu dalam mencuci, membilas, dan bagaimana penggunaan pencucian cepatnya. Jika semua fiturnya sudah sesuai dengan kebutuhan, maka jangan ragu untuk membelinya. 

Hemat Deterjen

Terakhir ini berguna buat kalian yang tidak suka mengukur deterjen saat setiap kali mencuci. Sekarang sudah ada mesin cuci yang mempunyai dosis deterjen otomatis, jadi dapat menghitung jumlah deterjen yang sesuai dengan beban dan tingkat kotoran pakaian.  

Fitur ini juga mampu menghentikan kebiasaan buruk penggunaan deterjen secara berlebih, jadinya dapat lebih menghemat biaya dalam menyediakan sabun pencuci dan pewangi pakaian. 

Itu tadi beberapa hal apa yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum membeli mesin cuci. Jangan sembarangan, ya! karena kualitas kebersihan pakaian juga berpengaruh, Lho! dalam kegiatan keluarga sehari-hari. 

Penulis: Akbar Gilang

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading