Sukses

Lifestyle

Manfaat dan Cara Menerapkan Berpikir Logis yang Punya Banyak Kebaikan untuk Kehidupan

Fimela.com, Jakarta Pola berpikir seseorang mampu membantu banyak hal, salah satunya untuk menentukan keputusan-keputusan yang tepat dan bijak dalam kehidupan. Namun dari segala cara berpikir yang muncul, kamu bisa memilih cara berpikir yang baik dengan memanfaatkan logika. Berpikir logis membuat pola pikir menjadi lebih tajam dan berkembang, hal ini akan membuat kita mampu menganalisis permasalahan dengan ilmiah dan runtut.

Kemampuan berpikir abstrak, cermat, dan objektif menjadi meningkat. Memiliki kemampuan untuk membedakan pemikiran yang keliru. Lalu, bagaimana cara menerapkan berpikir logis dalam kehidupan? 

Concept atau konsep merupakan sebuah pemahaman dari suatu peristiwa yang sedang terjadi atau pemahaman terhadap objek yang ada di sekitar kita. Concept juga dapat diartikan sebagai gambaran atau pandangan secara menyeluruh terhadap suatu kejadian, peristiwa, atau objek.

Cara berpikir logis dalam hidup

Decision atau keputusan merupakan sikap yang diambil oleh seseorang atas hasil pemahaman atau gambaran yang telah didapatkan dari suatu kejadian, peristiwa, atau objek. Bentuk dari decision ini dapat berupa pengakuan atau penolakan atas sesuatu.

Reasoning atau penalaran. Di tahap terakhir ini, seluruh pemahaman yang telah didapatkan akan diproses dengan akal dan budi agar dapat mengambil kesimpulan atau keputusan dari beragam kejadian dan peristiwa yang sedang terjadi.

Cara berpikir logis

Berpikir logis berarti suatu proses di mana seseorang menggunakan penalaran sebagai kemampuan untuk menemukan kebenaran dan menuju kesimpulan berdasarkan aturan, pola atau logika tertentu.

Kemampuan berpikir secara logis juga dapat dilihat ketika seseorang mampu menyimpulkan hasil tertentu yang dicapai dengan menerapkan argumentasi dari dasar pemikiran yang digunakan.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading