Sukses

Lifestyle

5 Bukti Ada Kebahagiaan dalam Hidupmu yang Sederhana

Fimela.com, Jakarta Masing-masing orang punya cara dan gaya hidupnya sendiri. Pilihan gaya hidup juga tergantung kebutuhan dan kenyamanan masing-masing. Bagaimanapun juga, tiap orang juga punya cara sendiri untuk memiliki hidup yang bermakna dan bahagia.

Bagi yang saat ini memilih hidup sederhana, ada kebahagiaan yang bisa didapatkan dengan cara yang cukup mudah juga. Hal-hal sederhana atau biasa saja pun bisa menghadirkan sebentuk kebahagiaan sendiri. Kini, saatnya kita lebih mensyukuri dan menghargai kehidupan kita yang sederhana ini.

 

 

1. Masih Bisa Berbagi

Selama kamu masih punya kesempatan untuk berbagi, maka akan selalu ada kebahagiaan yang bisa kamu raih. Bisa berbagi senyuman pada orang lain pun bisa menghadirkan kelapangan hati, dan ini mengalirkan rasa bahagia tersendiri. Berbagi pada dasarnya akan melipatgandakan rasa bahagia dan senang di dalam diri.

 

 

2. Masih Bisa Bersyukur

Selama masih bersyukur, yakini saja bahwa hidup ini akan selalu menghadirkan keindahannya sendiri. Dengan hidup sederhana, kita bisa meningkatkan kepekaan untuk memperbanyak rasa syukur atas hal-hal yang sudah kita miliki. Mengutip buku Happiness Inside, bahagia dalam diri hanya muncul bersamaan dengan rasa syukur. Tinggi-rendahnya tingkat kebahagiaan seseorang pun bisa berbanding lurus dengan tinggi-rendahnya rasa syukurnya.

 

 

3. Masih Punya Kesempatan Melakukan Hal yang Disukai

Kita mungkin punya kesibukan dan aktivitas yang padat. Banyak persoalan dan permasalahan berat yang datang silih berganti. Namun, selama kita masih punya sedikit waktu atau kesempatan melakukan hal yang kita sukai, maka selalu ada celah bagi kita untuk merasakan dan mendapatkan kebahagiaan.

 

4. Masih Bisa Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Kadang yang membuat kita gampang stres dalam menjalani hidup adalah memaksakan diri memenuhi keinginan yang berlebihan. Membelanjakan dan menghabiskan uang untuk hal-hal yang berlebihan bisa membuat kita makin stres sendiri. Selama kita masih bisa membelanjakan uang dengan bijak, dan bisa membedakan kebutuhan dan keinginan, maka kita punya kesempatan untuk merasakan ketenteraman di hati kita.

5. Masih Memiliki Tempat Pulang

Mengutip buku The Atlas of Happiness, ada istilah homeyness yang didefinisikan sebagai perasaan seperti di rumah digunakan untuk menggambarkan sifat yang nyaman dan hangat. Istilah tersebut bisa mewakili perasaan bahagia yang bisa kita dapatkan selama kita memiliki tempat pulang. Tempat pulang di sini tak terbatas hanya pada bangunan fisik atau lokasi tertentu. Melainkan, bisa juga diwakili oleh masih adanya seseorang yang dapat dijadikan sandaran atau pegangan hidup yang bisa bantu menguatkan diri di kala ada masalah berat yang harus dihadapi sendiri.

Hidup yang sederhana juga bisa menghadirkan kebahagiaan tersendiri. Semoga apa pun pilihan hidup yang kita ambil, itu bisa membantu kita meraih kebahagiaan yang kita mau.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading