Sukses

Lifestyle

How To: Cara Ahli Membersihkan Ubin Kamar Mandi agar Kinclong Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Kita semua menginginkan kamar mandi yang bersih dan wangi, namun pada kenyataannya ruangan tersebut paling cepat kotor. Terutama bagian ubin atau lantai kamar mandi, di mana tempat menumpuknya kotoran, buih sabun, sampai jamur.

Lalu, seberapa sering kita harus membersihkan ubin kamar mandi? Tentunya pekerjaan ini membutuhkan dedikasi karena harus dilakukan secara teratur dan konsisten.

Karena semakin lama dibiarkan, maka akan semakin sulit untuk menghilangkan penumpukan kotoran dan mencegah jamur serta lumut. Ana Andreas, salah satu pendiri layanan pembersihan rumah yang berbasis di London, TidyChoice, merekomendasikan untuk membersihkan ubin kamar mandi seminggu sekali agar tetap dalam kondisi yang baik.

Setelahnya, luangkan waktu utnuk mengelap ubin dengan kain pembersih setelah mandi. Hal ini membantu menghilangkan penumpukan kelembapan penyebab utama jamur, lumut, dan noda air keran.

Hal yang Dibutuhkan

Berikut hal yang kita butuhkan untuk membersihkan lantai kamar mandi;

1. Sarung tangan karet

2. Botol semprotan

3. Cuka

4. Sabun cuci piring

5. Bubuk soda kue

6. Sikat

7. Handuk

 

 

Cara membersihkan:

Lagkah 1: Campur semua bahan

General Manager perusahaan pembersih Dallas Maids yang berbasis di Texas mengatakan, kita bisa membuat sendiri cairan pembersih menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Untuk pembersihan standar, campurkan setengah cangkir sabun cuci piring dengan satu cangkir cuka putih panas. Ini adalah formula yang terkonsentrasi sehingga kita tidak perlu mengaplikasikannya terlalu banyak.

 

 

Langkah 2: semprotkan ubin

Taruh campuran pembersih tadi ke dalam botol. Lalu semprot dan oleskan ke permukaan ubin dan diamkan selama 10 menit untuk membantu memecah sisa kotoran.

 

Langkah 3: gosok dengan kuas atau sikat gigi yang kokoh

Di sinilah ketangguhan otot tangan kita diuji untuk mendapatkan lantai kamar mandi yang berkilau. Gunakan sikat yang kuat atau sikat gigi bekas untuk menggosok lantai dengan gerakan memutar yang cepat.

 

 

Langkah 4: bilas

Setelah lantai digosok secara menyeluruh, bilaslah dengan air hangat dari atas ke bawah. Langkah ini sangat penting, karena setiap larutan sisa dapat meninggalkan lapisan tipis pada ubin dan nat.

Air hangat juga membantu melonggarkan partikel kotoran yang tersisa. Para ahli merekomendasikan bersihkan dengan air mengalir.

 

Langkah 5: mengelap 

Langkah terakhir untuk memastikan ubin kamar mandi tetap mengkilap dan bersih adalah mengelapnya. Karena sisa air dapat menyebabkan jamur dan lumut, penting untuk tidak melewatkan langah ini.

Mulailah dengan alat pembersih karet untuk menghilangkan kelembapan. Lalu dilanjutkan dengan handuk atau kain mikrofiber.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading