Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri saat Kerja Kerasmu Tak Dihargai

Fimela.com, Jakarta Tiap kali melakukan sesuatu dengan upaya terbaik, kita mengharapkan hasil yang manis. Hal yang wajar saat kita berharap kerja keras kita juga bisa mendatangkan hal baik. Hanya saja yang kadang membuat kita sedih adalah ketika kerja keras kita malah tidak dihargai oleh orang terdekat atau orang sekitar kita.

Perasaan tidak dihargai bisa membuat harga diri kita terluka. Sedih, kesal, kecewa, hingga marah bisa kita rasakan jadi satu. Namun, sebelum kita makin terpuruk dalam perasaan tak nyaman, kita masih bisa mengupayakan sejumlah hal sederhana untuk membuat diri kita kembali kuat dan tegar.

1. Sadari bahwa Ada Situasi yang di Luar Kendali Diri

Terima realitas yang ada, ya walaupun dalam praktiknya ini hal yang sulit dilakukan. Ingatkan diri bahwa dalam hidup ini ada hal yang berada di luar kendali diri kita. Salah satunya cara orang memperlakukan atau merespons hal yang kita lakukan. Saat ada orang yang tidak menghargai kita, itu tak serta merta salah kita. Cara orang merespons kerja keras atau hal yang kita lakukan di luar kendali diri kita, jadi kita perlu berlapang dada menerima situasi ini.

2. Apresiasi Semua Usaha yang Sudah Dilakukan

Tak perlu menyalahkan diri sendiri atas semua hal yang sudah dilakukan. Cobalah untuk ambil jeda sejenak untuk mengapresiasi semua usaha yang sudah dilakukan. Biarlah orang lain tak menghargai kerja keras kita, karena yang lebih penting dari itu adalah kita masih bisa menghargai semua hal yang sudah kita upayakan dengan semaksimal mungkin. Apresiasi diri, maka suasana hati kita bisa membaik.

3. Fokus pada Kepuasan Batin yang Didapatkan

Kadang kita bekerja atau melakukan sesuatu karena kita menyukainya. Walau orang lain tak selalu memperhatikan atau menghargai semua hal yang sudah kita lakukan, tapi selama kita masih bisa mendapatkan kepuasan batin atas hal yang kita lakukan, maka sesungguhnya kita sudah memiliki pencapaian sendiri. Orang lain punya cara sendiri dalam menilai kita. Begitu pula dengan diri kita sendiri yang punya cara terbaik kita sendiri untuk menakar tingkat keberhasilan kita sendiri.

4. Ingat Kembali Orang-Orang yang Masih Membutuhkanmu

Merasa marah, kesal, dan kecewa dengan orang yang tak menghargai kita adalah hal wajar. Kita pun berhak merasakan semua itu. Namun, tak perlu berlarut-larut dalam kesedihan atau keterpurukan. Coba ingat lagi orang-orang yang lebih dulu peduli pada kita. Ingat lagi orang-orang yang masih membutuhkan kita dan masih mengharapkan yang terbaik dari hal-hal yang sudah atau sedang kita lakukan.

5. Bahagiakan Diri Sendiri dengan Cara Ternyaman

Jangan biarkan kebahagiaanmu terenggut oleh orang-orang yang tak sungguh-sungguh mempedulikanmu. Kamu tetap berhak bahagia dan berhak menikmati hidupmu apa adanya. Jadi, coba untuk senangkan diri sendiri lebih dulu. Pilih aktivitas atau kegiatan yang bisa bantu tenangkan diri dan senangkan hati agar suasana hatimu bisa membaik.

Terima kasih kamu sudah melakukan semua yang terbaik hingga saat ini. Tak ada yang sia-sia dari semua kerja keras yang sudah kamu lakukan, bahkan kamu sudah membuat pencapaian sendiri dengan semua upaya terbaik yang sudah kamu lakukan hingga sekarang.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading