Sukses

Lifestyle

Supaya Hidup Jadi Semakin Produktif, Ini Dia 3 Rahasia untuk Melawan Rasa Malas

Fimela.com, Jakarta Rasa malas yang timbul secara tiba-tiba atau bertahap, bisa jadi permasalahan yang mampu menghambat berbagai aktivitas yang sedang dilakukan. Rasa malas ini biasanya hadir tanpa disadari dan mempengaruhi produktivitas dalam keseharian. Karena kebiasaan ini umumnya membuat banyak orang jadi nggak suka bergerak ataupun berpikir. 

Orang yang malas, cenderung  lebih suka berdiam diri ataupun rebahan saja di atas kasur mereka. Kalaupun ingin mengerjakan sesuatu, mereka lebih memilih membuka hp dan mencari hiburan yang bisa menyenangkan mata dan hati. Namun, rasa malas ini sendiri tentunya bisa diatasi oleh siapapun dengan cara yang praktis. Penasaran caranya?

1. Menentukan Target yang Ingin Dicapai

Rasa malas sendiri disebabkan karena kurangnya motivasi dalam melakukan sesuatu. Oleh karena itu, kamu perlu sekali untuk menentukan tujuan dan target apa yang ingin dicapai. Membuat target capaian juga nggak bisa sembarangan dan nggak realistis. Karena nantinya kamu akan jadi kewalahan dalam memenuhi hal tersebut.

Apabila sudah begitu, maka motivasi untuk mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan tersebut semakin menurun dan kembali menjadi malas. Oleh karena itu, mulailah dahulu dengan target yang lebih kecil dan sesuai dengan kapasitas kemampuan yang dimiliki. Melakukan sesuatu seperti ini, dipercaya bisa mengurangi rasa malas dan membantumu dalam berproduktivitas.

2. Cari Tahu Penyebab Kemalasan

Kemalasan bisa terjadi tentunya karena suatu penyebab. Jika begitu, kamu harus segera mencari tahu apa yang menyebabkan rasa malas terjadi dan melakukan introspeksi diri mengenai faktor apa saja yang mungkin menyulut perasaan tersebut. Rasa kewalahan, penat, hingga bosan, bisa saja menjadi alasan mengapa rasa malas bisa menyerang.

Apabila rasa kewalahan karena banyaknya tugas yang menumpuk, maka kamu bisa melakukannya dengan lebih pelan-pelan dan santai sejenak. Apabila rasa penatlah yang menjadi sumber kemalasan, maka ada baiknya untuk beristirahat sejenak, sambil mengumpulkan tenaga dan pikiran yang sudah terbuang.

3. Kerjakan dari yang Paling Mudah

Rasa malas sering kali timbul akibat mengerjakan tugas yang sulit. Padahal, kamu bisa saja memulainya dengan membuat list hal-hal yang paling mudah hingga yang paling susah untuk diselesaikan. Dengan menyelesaikan pekerjaan dari list yang paling mudah, maka kamu bisa dengan mudah mengontrol mood dan tetap konsisten dalam melakukan hal tersebut.

Apabila sudah berada di tahap yang sulit, maka kamu bisa mengerjakannya secara pelan-pelan, tetapi dengan pasti. Namun, bila dirasa hal tersebut masih terlalu berat untuk diselesaikan, maka nggak ada salahnya bila meminta pertolongan dari orang terdekat.

Itulah beberapa tips untuk melawan rasa malas. Perasaan seperti ini tentunya bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Namun, kamu bisa dengan mudah mengatasinya dengan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading