Sukses

Lifestyle

Jelang Hari Pahlawan, Dicari 10 Sosok Anak Muda yang Mampu Berikan Dampak bagi Lingkungan dan Masyarakat

Fimela.com, Jakarta Perayaan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan yang berdekatan sebenarnya mendorong anak muda Indonesia untuk menjadi sosoh pahlawan di masa sekarang. Setelah perjuangan yang dilakukan para pahlawan di medan perang berakhir, kini giliran anak muda Indonesia yang berjuang untuk membawa perubahan dalam berbagai sektor.

Mendorong akan hal tersebut, Unilever Indonesia kembali menghadirkan program Every U Does Good Heroes 2022” untuk mengajak lebih banyak generasi muda Indonesia membawa perubahan bagi lingkungan dan masyarakat. Berkaca dari kesuksesan tahun lalu, program ini merupakan bagian dari kampanye tahunan Unilever global yaitu “Every U Does Good” guna mengajak masyarakat berbuat baik dengan cara-cara yang sederhana.

Salah satunya dengan memilih brand yang baik dan memberikan manfaat positif bagi diri, keluarga, dan masyarakat Indonesia.

“Sejalan dengan strategi ‘The Unilever Compass’, kami percaya perusahaan yang akan bertahan di masa depan adalah yang menjalankan bisnis berdasarkan purpose yang kuat dan memberi kebaikan bagi masyarakat dan lingkungan. Untuk itu, kami kembali menggelar kampanye ‘Every U Does Good’, kampanye tahunan yang mengajak individu atau perusahaan untuk bisa memberikan kebaikan bagi sekitar, melalui berbagai cara yang sederhana, mulai dari memilih brand yang memiliki purpose hingga menjadi heroes," kata Kristy Nelwan selaku Head of Communication PT Unilever Indonesia Tbk.

 

Menyasar anak muda Indonesia

Program ini sendiri juga berkaca dari perkembangan perilaku konsumen, khususnya para milenial dan Gen-Z. Ditemukan pada generasi muda saat ini semakin peduli terhadi isu lingkungan dan sosial. Terlihat dari preferensi pemliihan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan hari-hari.

Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2022 yang dirilis September 2022 lalu memperlihatkan bahwa 67% milenial dan 66% Gen-Z bersedia mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan produk dan layanan yang memiliki dampak baik untuk lingkungan. Selain itu, studi Databoks pada September 2022 juga menunjukkan bahwa 36,2% milenial dan Gen-Z mulai melirik brand atau produk yang peduli pada lingkungan sosial.

Dalam “Every U Does Good” terdapat 15 brand Unilever Indonesia yang berpartisipasi, brand tersebut memiliki purpose yang kuat sejalan dengan tiga pilar kebaikan dalam strategi “The Unilever Compass”. Dengan sesederhana memilih brand-brand tersebut, konsumen telah turut berkontribusi dalam upaya-upaya berkelanjutan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif.

 

Cerita dari tahun lalu

Melalui “Every U Does Good Heroes”, Unilever Indonesia ingin melahirkan sociopreneurs masa depan yang piawai menggunakan berbagai perspektif bisnis dalam mengatasi masalah dan mendorong dampak positif bagi lingkungan dan sosial. Di tahun lalu, program ini telah menjangkau ratusan anak muda yang memiliki ide, gerakan ataupun program yang luar biasa.

Keunikan program “Every U Does Good Heroes” adalah bahwa kesepuluh heroes terbaik bukan hanya mendapatkan micro grant dari Unilever Indonesia, namun juga pendampingan berkelanjutan dari para mentor berpengalaman. Dengan demikian, para heroes dapat menempa kemampuan untuk menjawab tantangan dan peluang dalam memperluas skala gerakan atau program mereka.

Diva Asnawi dengan program KONEKIN (Project BISA) mengaku setelah terpilih menjadi salah satu pemenang program Every U Does Good Heroes 2021, dirinya mengikuti coaching secara intens dengan Nicky Clara. Ada banyak masukan yang ia dapat yang akhirnya melibat sang mentor utnuk menjadi salah satu narator dalam penggarapan video cerita aksesibel menggunakan audio dan bahasa isyarat.

 

Proses pemilihan

Tahun ini, Every U Does Good 2022 melibatkan lima mentor, di antaranya, Mohamad Bijaksana Junerosano – CEO & Founder Waste4Change, Gita Syahrani – Kepala Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari, Dr. Driando Ahnan – Co-Founder Indonesian Tempe Movement), Ayu Kartika Dewi – Staf Khusus Presiden RI & Co-Founder Toleransi.id, dan Nicky Clara – Disability Womanpreneur.

Setelah proses mentoring dan penjurian, di akhir program akan terpilih 10 (sepuluh) sosok “Every U Does Good Heroes 2022” yang masing-masingnya berhak mendapatkan micro grant sebesar Rp50 juta dari Unilever Indonesia untuk mengembangkan gerakan atau program mereka. Mengusung prinsip “Heroes Grow Heroes”, kesepuluh heroes di tahun lalu juga akan ikut berperan aktif dalam pelaksanaan program tahun ini untuk saling menginspirasi dan berkolaborasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading