Sukses

Lifestyle

5 Perubahan Positif saat Membiasakan Hidup Sederhana

Fimela.com, Jakarta Tiap orang punya hak sendiri dalam memilih gaya hidup yang ingin dijalani. Sebab prioritas dan kepentingan serta kebutuhan hidup masing-masing individu tak sama. Selama bisa menghadirkan kenyamanan dan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain, gaya hidup apa pun yang kita pilih bisa disesuaikan sendiri.

Kali ini, kita akan membahas soal gaya hidup sederhana. Sederhana yang dimaksud di sini adalah membiasakan untuk memenuhi kebutuhan sesuai kemampuan dan tidak sampai berlebihan dalam membelanjakan uang. Ada lima perubahan positif yang biasanya akan paling terasa saat membiasakan hidup sederhana.

 

 

1. Lebih Mudah Beradaptasi Hadapi Perubahan

Terbiasa hidup sederhana, tak banyak hal dilekatkan ke dalam diri. Ketika menghadapi perubahan dalam hidup, jadi lebih mudah menyesuaikan diri. Ini juga berkaitan dengan tidak mudah stres atau tertekan dalam menjalani hidup sebab kamu punya kemampuan beradaptasi yang lebih baik.

 

 

2. Makin Mudah Bahagia

Gaya hidup sederhana membantu kita untuk makin mudah bahagia. Sebab kita akan cenderung lebih banyak bersyukur daripada mengeluh. Mengutip buku Happiness Inside, komplain dan kebahagiaan seperti terang dan gelap, keduanya tidak mungkin hadir berbarengan. Ketika komplain hadir, kebahagiaan bisa menghilang dan memudar. Banyaknya kebahagiaan pun bisa berbanding lurus dengan banyaknya rasa syukur yang disampaikan.

 

 

3. Makin Menghargai Hidup yang Dimiliki

Mengutip buku How to Respect Myself, orang-orang dengan harga diri rendah acapkali hanya membciarakan tentang orang lain. Ketika kita sibuk pada apa yang dipikirkan orang lain setelah menyadari tatapan mereka kepada kita, rasa cinta terhadap diri sendiri yang seharusnya dipedulikan akan menurun. Saat kita mulai menyederhanakan sejumlah aspek dalam hidup kita, kita bisa meningkatkan ketertarikan kepada diri sendiri dalam arti makin menyadari pentingnya merawat diri dengan lebih baik.

 

 

4. Bisa Mengelola Stres dengan Lebih Baik

Terbiasa hidup sederhana bisa memengaruhi pola pikir kita. Saat ada masalah, kita tak gampang overthinking. Kita bisa fokus pada menemukan akar atau penyebab masalah tersebut, lalu mencari jalan keluar terbaiknya. Saat sedang stres atau merasa tertekan pun, kita bisa langsung memposisikan diri untuk melakukan sesuatu untuk memperbaiki suasana hati dan menjernihkan pikiran.

 

 

5. Lebih Mudah Melihat Sisi Positif dari Segala Sesuatu

Dengan gaya hidup sederhana, kita bisa lebih peka dengan berbagai hal kecil yang ada di sekitar kita dan membuat kita lebih mudah mengapresiasinya dengan cara kita sendiri. Saat ada hal yang awalnya tampak atau terasa kurang menyenangkan, kita bisa menemukan sisi positifnya dan fokus pada hal baik tersebut. Sehingga saat merasa terpuruk, kita tak tenggelam dalam rasa sedih yang berkepanjangan.

Semoga kita semua bisa menjalani hidup kita dengan sebaik-baiknya, ya. Saatnya untuk mengisi keseharian dengan hal-hal yang memang lebih bermakna untuk diri kita dan orang di sekitar kita.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading