Sukses

Lifestyle

Tips Memakai Sumpit Ala Korea yang Mudah Digunakan

Fimela.com, Jakarta Sumpit adalah alat makan yang digunakan secara luas di Asia, khususnya Cina, Korea, Jepang, dan Thailand. Bentuknya dua tongkat yang bisa terbuat dari tulang, logam, kayu, batu giok, atau gading, dengan masing-masing negara memiliki preferensi dan tradisi yang berbeda.

Di Korea, sumpit yang digunakan biasanya terbuat dari logam stainless steel. Seringkali, sumpit Korea disertai dengan sendok dalam satu set yang disebut sujeo. Sejak adopsi sumpit ke dalam budaya Barat, sumpit Korea telah menjadi alat makan yang populer di berbagai masakan dan bukan hanya makanan Asia.

Sumpit Korea tidak hanya digunakan oleh konsumen untuk makan, sumpit di Korea juga peralatan memasak yang populer di dapur. Meskipun demikian, terkadang memakai sumpit menjadi hal yang menyulitkan. Kamu membutuhkan waktu untuk berlatih dan belajar memakai sumpit.

Dilansir dari thesoulofseoul.net dan shop-chopsticks.com, memberikan tips-tips bagaimana memakai sumpit ala Korea yang bisa kamu pelajari sebagai pemula. Belajar tentang sumpit Korea dan budayanya juga akan mengajarkan tentang etika sumpit.

Etika menggunakan sumpit Korea

Kamu akan menemukan sumpit dan sendok menghiasi meja meja di Korea dalam set yang disebut sujeo. Jangan lupa untuk mengenal tata krama saat makan bersama di meja makan dengan tepat ketika kamu bepergian ke luar negeri. Berbicara tentang menggunakan sumpit di Korea, ada beberapa hal khusus yang perlu diketahui, yuk kita simak bersama.

- Makan semua yang kamu sentuh, karena budaya berbagi itu penting di meja makan Korea, penting untuk mengambil apa yang kamu sentuh. Ambil makanan dari piring bersama, letakkan di piring atau di mangkuk, kemudian makanlah. Jika kamu tidak ingin memakan sesuatu tetapi menyentuhnya, kamu tetap harus memindahkannya ke piring jika telah menyentuhnya dengan sumpit.

- Jangan menancapkan sumpit langsung ke nasi, ketika ditancapkan langsung ke mangkuk, mereka bisa menyerupai dupa yang dibakar secara tradisional saat pemakaman atau hak leluhur.

- Jangan letakkan sumpit di atas mangkuk, letakkan di atas meja atau di atas dudukan sumpit.

- Jangan menusuk makanan di atas meja, sumpit dan sendok harus diletakkan di sisi kanan piring. Sumpit harus diletakkan di sebelah kanan sendok.

Cara memakai sumpit ala Korea

Bentuk datar halus dari sumpit logam Korea dapat membuat sumpit ini agak sulit untuk digenggam dan digunakan pada awalnya. Ketika tidak terbiasa dengan sumpit tersebut. Namun, pada akhirnya kamu dapat memberikan cengkeraman yang lebih kuat.

  1. Mulailah dengan satu sumpit. Ini akan membantu mempermudah proses dan membuat otot terbiasa dengan gerakan asing. Tempatkan ujung sumpit yang lebih tebal (yang memiliki ujung sumpit Korea) di area antara ibu jari dan jari telunjuk. Selanjutnya, ambil ujung yang lain dan perlahan-lahan letakkan di jari manis. Sumpit ini seharusnya tidak bergerak saat menggunakan sumpit
  2. Sumpit kedua dipegang mirip dengan pensil. Ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah memegang sumpit ini dan ini adalah sumpit yang bergerak naik turun saat Anda mendapatkan makanan dan makan.
  3. Setelah kedua sumpit berada di tangan dengan cara ini, kamu harus berlatih menyentuh kedua makanan yang menyentuh ujung sumpit satu sama lain. Ingat, hanya sumpit atas yang benar-benar bergerak untuk bertemu dengan sumpit bawah.

Jangan memegang sumpit terlalu dekat dengan ujung yang mengambil makanan. Tidak hanya kurang tepat, tetapi juga membuatnya lebih sulit. Kamu akan memiliki ketangkasan yang lebih besar jika memegangnya lebih dekat ke ujung yang lain, sekitar setengah jalan antara titik tengah sumpit dan ujung sumpit adalah tempat terbaik untuk memegangnya. Semua itu berarti, kamu harus menahannya sekitar 2/3 dari ujung makanan.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading