Sukses

Lifestyle

5 Tipe Kepribadian MBTI Myers Briggs yang Paling Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Rasa percaya diri yang tinggi penting dimiliki setiap orang karena efeknya sangat besar terhadap kehidupan secara pribadi maupun berhubungan dengan orang lain. Kepercayaan diri merupakan modal sekaligus kualitas yang menentukan bagaimana kamu menjalani hidupmu bahkan seberapa besar kesulitan yang akan kamu hadapi dalam hidup. Terkadang kepribadian seseorang menentukan seberapa besar rasa percaya diri dalam irinya. Jika coba dilihat dari 16 kepribadian Myers-Briggs, ini beberapa kepribadian MBTI paling percaya diri.

1. ENTJ

Orang-orang yang termasuk ke dalam kepribadian ENTJ (Ekstrover, Intuitif, Thinking, dan Judging) memiliki kepercayaan diri yang tinggi karena ia cenderung yakin dengan kemampuan dirinya sendiri. Ia memiliki keterampilan memimpin yang baik, dominan, berani, efisien, energik dan berorientasi pada efektivitas. Ia menunjukkan kekuasaan dengan cara sedemikian rupa agar dapat menarik perhatian dan dukungan orang. Ia rasional, berpendirian teguh dan pemikir tajam. Ketika sudah menentukan tujuan, ia akan berusaha mencapai itu dengan segala usaha.

2. INTJ

Tidak jauh berbeda dengan orang berkepribadian ENTJ, mereka yang berkepribadian INTJ hanya sedikit pendiam meskipun juga memiliki kepercayaan diri tinggi. Ia fokus pada apa yang terjadi di kepalanya sendiri daripada peduli dengan apa yang dipikirkan atau dilakukan orang lain di sekitarnya. Orang INTJ hanya lebih kalem dan tidak pecicilan namun mampu menghargai diri sendiri dengan sangat baik. Ada kesalahpahaman umum bahwa introvert tidak bisa percaya diri, tetapi pada kenyataannya, INTJ tidak terganggu dengan pemikiran orang lain dan nyaman menjadi dirinya sendiri.

3. ENFJ

Orang berkepribadian ENFJ mungkin sering menggunakan intusisi dan perasaannya untuk membuat keputusan dalam hidup, tapi bukan berarti ia tidak punya kepercayaan diri. Justru sebaliknya, ENFJ memancarkan kepercayaan diri yang kuat karena ia yakin akan kemampuannya sendiri. Ia menyelesaikan semua hal yang perlu dicapai dan tidak goyah dengan apa yang ia yakini benar. Ia berhati hangat, suka berterus terang, empati tinggi dan suka membantu orang lain. Ia memiliki nilai-nilai hidup yang kuat sehingga cenderung jadi pemimpin.

4. ENFP

Orang ENFP (Extrovert, Intuitive, Feeling, dan Perceiving) bukan hanya peka secara perasaan tapi juga memiliki keberanian untuk menghadapi tantangan. Ia orang yang tidak takut mencoba, ia penuh semangat menyongsong masa depan dan penasaran apa yang akan datang padanya esok hari. Dengan kata lain, orang berkepribadian ENFP sangat optimis. Ia yakin akan dirinya sendiri, kemampuan dan keahliannya. Ia mudah bergaul, berinteraksi dengan orang baru tidak membuatnya canggung dan merupakan komunikator yang handal. Kepercayaan dirinya terpancar jelas.

5. ESTJ

Orang berkepribadian ESTJ adalah pemimpin alami dan cenderung pandai menarik perhatian. ESTJ memancarkan kepercayaan alami dengan cara yang sangat jelas dan menarik. Ia hanya akan meyakini sesuatu berdasarkan bukti ilmiah atau fakta konkret. Ia berjiwa pemimpin, memiliki dasar yang jelas, disiplin, rajin dan tegas. Rasa percaya dirinya yang besar mungkin sekilas terlihat kaku dan keras kepala, tapi ia tidak akan bersikeras tanpa memiliki dasar yang jelas. Ia juga sosok yang berdedikasi tinggi, berkemauan kuat dan sabar.

Itu dia sekian kepribadian MBTI yang punya kepercayaan diri tinggi, kamu salah satunya Sahabat Fimela?

#Women for Women

What's On Fimela
Loading