Sukses

Lifestyle

Apa Penyebab Keputihan Normal dan Tidak Normal Pada Remaja? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Keputihan merupakan salah satu kejadian dimana seseorang akan merasakan lendir yang keluar dari vaginanya, biasanya akan mengeluakan berlebih . Keputihan sendiri dapat menunjukkan keadaan normal dan abnormal, dua jenis keputihan ini terkadang dapat menganggu dan membuat tak nyaman serta gatal.

Keputihan yang normal biasanya bukan merupakan salah satu pertanda dari adanya penyakit dan dapat terjadi oleh setiap perempuan dengan ditandai adanya keputihan yang jernih, tidak berbau, tidak berwarna dan tidak gata. Sedangkan keputihan yang abnormal memiliki beberapa ciri yang berbau, gatal, dan keluar dalam jumlah yang cukup banyak.

Keputihan sendiri bukanlah penyakit dan biasanya dapat terjadi sebelum maupun sesudah mesntruasi pada perempuan, saat mereka terangsang maupun saat stress dan dapat terjadi pada remaja. Gejala satu ini juga akan hilang dengan sendirinya, berikut beberapa penyebab keputihan pada remaja yang perlu kamu tahu:

Penyebab Keputihan Normal

Keputihan yang sehat biasanya akan bervariasi dan memiliki siklus sepanjang menstruasi, biasanya keputihaan satu ini akan muncul pada menjelang akhir periode menstruasi dan tidak memiliki bau yang kuat. Selain itu keputihan yang normal ditandai dengan tidak ada bau atau rasa gatal yang mendasarinya, tetapi jika kamu mengindikasikan beberapa gejala lainnya ada baiknya untuk periksa ke dokter.

Penyebab Keputihan Tidak Normal

Beberapa tanda maupu gejala terkadang dapat menunjukkan adanya penyebab dari keputihan yang tidak normal, berikut beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab dari keputihan yang tidak normal dan perlu kamu tahu:

  1. Paparan zat kimia maupun produk semprotan dan krim.
  2. Pakaian dalam yang sangat ketat dan tidak menyerap keringat.
  3. Kondidi kesehatan yang mempengaruhi pada remaja.
  4. Adanya perubahan hormonal maupun kebersihan yang buruk pada remaja.

Jenis-Jenis Keputihan yang Tidak Normal

Adapun beberapa jenis keputihan yang tidak normal pada kebanyakan remaja yang perlu kamu tahu:

  • Keputihan yang encer atau cairan berwarna putih yang terasa sangat gatal

Biasanya hal satu ini ditandai denga adanya keputihan yang kental maupun berwarna putih, selain itu hal ini juga merupakan salah satu gejala dari infeksi candida vagina atau infeksi jamur.

  • Keputihan berwarna abu-abu maupun bau amis yang tak nyaman

Infeksi yang terjadi pada keputihan satu ini biasanya dapat disebabkan oleh bakteri yang bukan jamur dan dapat terjadi ketika spesies tertentu dalam bakteri normal maupun vagina yang tumbuh menjadi pemicunya.

  • Keputihan yang berbusa terkadang muncul warna hijau maupun kuning

Cairan keputihan satu ini yang seperti busa biasanya daoat memunculkan gejala trikomoniasis. Atau adanya salah satu infeksi menular dari seksual yang paling umum terjadi.

Keputihan pada remaja merupakan salah satu hal yang sangat normal, selain itu terkadang hal ini tidak menunjukkan adanya gejala atu penyakit yang serius. Akan tetapi beberapa masalah satu ini terkadang dapat menunjukkan masalah yang serius, jika kamu mengalami beberapa gejala lainnya ada baiknya untuk periksa ke dokter.

What's On Fimela
Loading