Sukses

Lifestyle

Tak Kasatmata, 6 Tindakan Ini Termasuk dalam Pelecehan Emosional

Fimela.com, Jakarta Segala jenis hubungan bisa menjadi buruk, termasuk pasangan, keluarga, teman, atau kolegamu. Meskipun, sebagian besar waktu, orang-orang yang berurusan dengan hubungan yang kasar secara emosional tidak cukup memahami bahwa mereka sedang dilecehkan karena tidak ada kekerasan fisik yang terlibat. Faktanya, banyak orang cenderung meremehkan atau mengabaikan pelecehan emosional karena mereka menganggapnya tidak seburuk pelecehan fisik.

Meski tak membekas, pelecehan secara emosional sangat berbahaya bagi seseorang. Hal ini dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang baik jangka pendek atau jangka panjang. Tentunya, kamu perlu untuk mengetahui, perilaku apa saja yang dapat dikategorikan seagai pelecehan emosional. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Manipulasi

Manipulasi atau pembicaraan manis mungkin adalah salah satu bentuk terburuk namun termudah untuk mengelabui seseorang agar mempercayaimu. Seseorang yang menggunakan kata-katanya yang penuh dengan rayuan dan kata-kata manis untuk memikatmu mungkin tidak pernah memiliki minat terbaiknya. Orang-orang seperti itu hanya memanfaatkan perasaan tulusmu untuk membuatmu jatuh cinta pada mereka atau memanjakan mereka.

Namun, sangat penting untuk memahami perbedaan antara manipulasi konstan dan komunikasi yang efektif. Sementara manipulasi adalah sanjungan murni, komunikasi yang efektif atau memuji pasanganmu, teman atau anggota keluarga, sangat penting dalam semua hubungan yang sehat.

Meskipun demikian, jika kamu melihat tanda yang kasar secara emosional ini, inilah saatnya untuk memikirkan kembali keputusanmu untuk bersama mereka. Setidaknya tidak sampai kata-kata mereka mendukung tindakan mereka.

2. Kecemburuan yang Berlebihan atau Tidak Rasional

Setiap orang yang pernah mengalami kecemburuan yang berlebihan atau tidak rasional tahu trauma yang menyertainya. Sementara sedikit kecemburuan dalam suatu hubungan dianggap sehat dan lucu, kecemburuan irasional adalah jenis pelecehan emosional yang khas.

Jadi, apakah kamu terus-menerus merasa pasanganmu cemburu tanpa alasan yang sah dan menciptakan kekacauan? Jika ya, itu adalah tanda bahwa kamu berada dalam hubungan yang kasar secara emosional.

3. Mengontrol, Membatasi, atau Menguntitmu

Salah satu alasan utama pasanganmu menunjukkan tanda-tanda kecemburuan mungkin karena mereka ingin mengendalikanmu. Orang yang kasar secara emosional selalu menghargai kekuatan untuk berada di tangan mereka, alias kepribadian narsis. Kekuatan ini datang ketika mereka mengontrol, membatasi, dan menguntitmu. Juga, kamu akan melihat bahwa hubungan menjadi sangat menyesakkan di mana kamu bahkan tidak dapat secara terbuka mengungkapkan betapa buruknya dirimu diperlakukan.

Sebagian besar waktu, seseorang bahkan tidak menyadari bahwa mereka sedang dikendalikan atau dibatasi sampai orang ketiga memperhatikan tanda-tanda dan mencoba mendiskusikannya. Jadi, jika kamu melihat bendera merah ini atau jika seorang teman atau simpatisan membuatmu menyadarinya, inilah saatnya untuk meninggalkan hubungan tersebut.

4. Gaslighting

Gaslighting adalah bentuk manipulasi psikologis. Pada dasarnya, pelakumu akan sepenuhnya menyangkal kenyataan suatu peristiwa. Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan para korban meragukan penilaian, ingatan, kesehatan mental, dan kewarasan mereka. Umumnya, pelaku akan mencoba mengubah seluruh perspektif dengan cara yang meremehkan dengan mengklaim mereka sebagai salah, gila, tidak logis, atau bodoh.

5. Sikap Posesif yang Berlebihan

Mirip dengan kecemburuan, sikap posesif yang berlebihan tidak lain adalah menyakitkan dalam jangka panjang. Sementara sedikit posesif menunjukkan cinta, perhatian, atau ketakutanmu kehilangan orang lain. Sikap posesif yang keterlaluan, di sisi lain, adalah tanda lain yang pasti bahwa kamu berada dalam hubungan yang kasar secara emosional.

Namun, tidak seperti jenis pelecehan emosional lainnya yang disebutkan dalam daftar ini, seseorang mungkin tidak selalu menyadari bahwa mereka menunjukkan tanda-tanda posesif yang ekstrem, ini juga dapat terjadi jika dia berasal dari keluarga yang sangat ketat. Jadi, sangat disarankan untuk mencoba mendiskusikan masalah ini dengan orang lain untuk membuat mereka menyadarinya. Jika mereka memahami maksudmu dan siap untuk berubah, maka kamu berhasil mengubah mereka ke jalan yang benar.

6. Isolasi

Orang yang sengaja terlalu posesif atau mengendalikan atau yang menunjukkan kecemburuan yang tidak rasional hanya ingin mengisolasimu dari lingkaran sosial. Kamu pasti bertanya-tanya bagaimana itu akan menguntungkan mereka.

Nah, semakin kamu merasa terisolasi atau kesepian, semakin kamu akan mulai bergantung pada mereka. Dan lebih banyak ketergantungan berarti mereka akan lebih mengontrolmu. Baik itu dalam hubungan apa pun, cinta akan kekuasaan sangat berbahaya. Begitu kamu merasa terisolasi atau kesepian, kamu akan menjadi rentan dan paling emosional. Pelaku emosionalmu akan menggunakan ini untuk keuntungan mereka untuk membuatmu bermain sesuai aturan mereka, sama sekali mengabaikan perasaanmu.

Well, ketika kamu menemukan beberapa tanda di atas dalam hubunganmu, akan lebih baik mengomunikasinnya dengan pasangan. Bahkan kamu juga bisa meminta saran dari orang terdekatmu. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading