Sukses

Lifestyle

6 Tips Makan Hemat untuk Anak Kost

Fimela.com, Jakarta Hidup sebagai anak kost bukan berarti bisa menjalani gaya hidup sembarangan, terutama yang berkaitan dengan pola makan. Memutuskan tinggal jauh dari rumah atau memutuskan untuk menjadi anak kost merupakan dunia baru yang mendebarkan dan menantang bagi siapapun.

Apapun alasanmu saat memilih untuk menjadi anak kost, seperti sekolah, kuliah, atau kerja. Hal yang wajib diketahui bagi anak kost adalah belajar berhemat. Kamu harus memastikan uang yang kamu miliki cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu selama sebulan.

Dilansir dari newbeginchurch.org dan scmp.com, membagikan tips-tips yang bisa kamu lakukan saat kamu memutuskan untuk ngekost agar kamu tetap bisa makan hemat dan mengantisipasi banyaknya pengeluaran tidak berguna.

Tips makan hemat ala anak kost

1. Biasakan minum air mineral

Setiap selesai makan dan berkegiatan, tentu kamu membutuhkan air minum. Selain memberikan manfaat bagi kesehatan, air mineral juga berperan untuk menghemat ala anak kost. Karena harga air mineral lebih terjangkau daripada membeli minuman yang lainnya. Jadi, saat kamu berbelanja ke kantin atau rumah makan, sebaiknya kamu membeli air mineral.

Kamu juga bisa selalu membawa botol air minum yang sudah terisi dari kos-kosan dan tentu akan jauh lebih hemat daripada membeli sebotol air mineral di minimarket. Selain menghemat, kamu juga bisa mengurangi sampah botol plastik karena membawa botol sendiri kemanapun.

2. Buat rincian selama sebulan

Buatlah rincian pengeluaran secara mendetail, termasuk pengeluaran makan. Tujuan kamu merinci pengeluaran ini adalah agar kamu bisa tahu hal apa saja yang membuat pengeluaran membengkak, sehingga kamu bisa mengurangi dan mengantisipasi hal tersebut.

3. Belanja bulanan sekaligus

Cobalah berbelanja kebutuhan sekaligus untuk satu bulan agar lebih hemat dan berbelanjalah dengan cermat. Hal ini sangat penting dilakukan jika kamu membeli kebutuhan secara sekaligus dalam satu waktu, maka akan membuat kamu jadi lebih fokus pada barang-barang yang diperlukan saja. Sebab belanja secara mencicil atau sedikit demi sedikit mungkin terlihat lebih ringan, tapi malah membuat pengeluaran terlalu boros.

4. Masak nasi putih dan belajar masak

Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa memasak nasi putih sendiri sesuai dengan kebutuhan makan kamu dan membeli lauk di rumah makan dekat kost kamu, kamu bisa memilih lauk apapun yang kamu inginkan. Namun, sesuaikan porsi saat membelinya agar tidak terbuang.

Kamu juga bisa mulai belajar masak menu sederhana dengan bahan yang mudah kamu dapatkan. Jika kamu memasak, kamu bisa memasak untuk dimakan 2 sampai 3 kali sehari. Biaya yang dikeluarkan juga cukup terjangkau daripada kamu beli makanan di luar.

Kamu juga bisa menerapkan meal preparation agar tidak bingung saat mengolah makanan. Di awal minggu bisa membeli bahan-bahan yang diperlukan selama seminggu ke depan. Belilah sesuai kebutuhan agar bahan makanan tidak terbuang sia-sia karena membusuk.

5. Kurangi hang out

Sebagai anak kost tentu kamu akan bosan apabila hanya di kamar saja. Hang out atau nongkrong menjadi kegiatan sehari-hari untuk membunuh kebosanan. Namun, dengan kebiasaan ini kamu malah lebih boros karena membeli minuman dan makanan di cafe.

Cara mengantisipasi banyaknya pengeluaran kamu saat ingin ke cafe adalah usahakan untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum pergi nongkrong, sehingga saat nongkrong, kamu cukup hanya membeli minuman saja. Kali ini kamu tidak perlu membatasi diri dengan hanya membeli air putih saja. Kamu boleh membeli minuman cafe dengan batasan harga tertentu jika memang ini tidak sering kamu lakukan.

6. Terapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat seperti tidur teratur, cukupi asupan makan yang baik dan rutin berolahraga maka hidupmu jauh lebih tertata dan terstruktur. Tidak perlu makan makanan mahal jika ingin sehat dan mendapatkan nutrisi baik. Jika kamu sudah mengenal tubuhmu dan bahan makananmu, maka akan jadi jauh lebih mudah kamu menentukan pilihan resep makan yang bisa kamu coba dalam seminggu.

 

*Penulis: Sri Widyastuti.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading