Sukses

Lifestyle

8 Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga agar Bisa Mandiri Secara Finansial

Fimela.com, Jakarta Ibu rumah tangga tentu bisa berhasil membangun dan mengembangkan bisnis yang hanya dilakukannya di rumah. Bisnis rumahan adalah pilihan yang bagus bagi ibu rumah tangga untuk memanfaatkan waktu luang mereka secara konstruktif dan juga menghasilkan sedikit uang tanpa harus keluar rumah. Yang dibutuhkan hanyalah sikap yang benar, manajemen waktu dan kesiapan untuk bekerja keras.

Banyak perusahaan lebih memilih orang yang dapat bekerja untuk mereka dari rumah tanpa harus mempekerjakan mereka sebagai karyawan tetap karena hemat biaya. Nah, berikut ini adalah beberapa ide bisnis rumahan yang menguntungkan untuk ibu rumah tangga yang mungkin bisa Sahabat Fimela coba. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Entri Data Online

Ini bisa menjadi cara yang bagus bagi ibu rumah tangga untuk menghasilkan uang dengan mudah. Yang perlu Sahabat Fimela butuhkan hanyalah koneksi internet dan komputer. Kamu tidak perlu mahir dalam menggunakan komputer. Dirimu hanya harus terbiasa dengan operasi komputer dasar. Banyak perusahaan memilih untuk mendelegasikan pekerjaan entri data mereka kepada pekerja lepas. Kamu mungkin diharapkan membuat kuesioner dan membuat formulir dari salinan pindaian dokumen yang berlaku.

2. Membuat Bucket atau Kotak Hadiah

Membuat bucket atau kotak hadiah bisa menjadi ide bisnis kerajinan yang menyenangkan bagi ibu rumah tangga. Jika Sahabat Fimela memiliki bakat kreatif dan suka menata sesuatu, kamu dapat mempertimbangkan membuat keranjang hadiah untuk orang lain. Biasanya orang bingung mencari ide untuk memberi hadiah pada acara-acara penting seperti ulang tahun, lamaran, hari Valentine, atau acara khusus lainnya. Nah, kamu bisa memanfaatkan kreatifitasmu untuk membuat dan mengembangkan usaha ini.

3. Membuat Lilin

Ide usaha kecil-kecilan untuk ibu rumah tangga bisa berupa usaha pembuatan lilin. Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk perempuan yang artistik dan imajinatif.

Orang suka memberi hadiah lilin mewah untuk ulang tahun, acara pindah rumah, acara sosial, dan kumpul-kumpul. Lilin dekoratif juga digunakan untuk menghiasi ruang rumah dan kantor. Namun, Sahabat Fimela juga bisa membuat lilin aromaterapi yang bisa dipakai untuk souvenir.

4. Salon Kecantikan

Jika Sahabat Fimela memilih untuk mendirikan salon kecantikan, kamu memerlukan rencana bisnis yang pasti, pelatihan khusus sebagai ahli kecantikan dan modal yang cukup besar. Kamu bisa mengajukan pinjaman untuk membeli peralatan atau bahkan menarik investor.

 

5. Membuat Buku Online atau E-book

Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang berpendidikan dapat mengarah pada penerbitan buku tutorial, buku cerita, novel, panduan DIY dan lainnya. Jika kamu memiliki bakat menulis dan merasa nyaman dengan browsing internet, menulis bisa menjadi cara terbaik untuk memanfaatkan keterampilan itu dengan baik. Kamu dapat memilih untuk menerbitkan tulisan dalam bentuk E-book (format digital).

6. Tour Guide Online

Panduan perjalanan online bisa menjadi ide bisnis online yang fantastis untuk ibu rumah tangga yang suka bepergian dan mengunjungi berbagai tempat. Kamu dapat berbagi pengalaman, wawasan, memberikan tips berguna untuk wisatawan lain, menyoroti tempat-tempat menarik, menyarankan hotel, dan mendapatkan bayaran untuk layanan pemandumu.

7. Layanan Katering

Layanan katering adalah alternatif yang fleksibel dan memungkinkan banyak kebebasan berkreasi tanpa harus menjaga jam kerja standar. Mulailah dalam skala kecil dengan menerima pesanan lokal dan perlahan beralih ke penyediaan layanan untuk acara perusahaan, arisan, atau pesta pribadi. Pikirkan baik-baik untuk membuat menu yang menarik yang dapat memanjakan calon klienmu.

8. Membuat Kerajinan Tangan

Kamu dapat mengubah hobi atau bakatmu menjadi usaha bisnis yang menguntungkan. Keterampilan seperti melukis dan membuat produk yang khas di daerahmu. Untuk memulainya, susun strategi dan rencana eksekusi. Kamu dapat menjelajahi opsi pemasaran online atau memajang barang dagangan di pameran atau bazar lokal. Kamu juga dapat mengikat dealer khusus atau toko lokal untuk menjual produkmu.

Nah, selain beberapa pekerjaan di atas tentunya masih ada banyak lagi bisnis kecil yang bisa membantu Sahabat Fimela untuk mandiri secara finansial atau sekadar mencari kesibukan. 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading