Sukses

Lifestyle

5 Cara Mudah Jalani Aktivitas Penuh Semangat & Berenergi Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Menjalani hari penuh semangat memang bisa bikin aktivitas cepat tuntas tanpa terasa. Menariknya, saat hal itu terjadi, rasanya semacam ada kepuasan tersendiri. Namun, tak dipungkiri menjalani aktivitas yang padat juga menguras banyak energi.

Hal ini belum ditambah dengan kesibukan lain yang mau tidak mau harus dijalani, seperti berangkat ke kantor, macet-macetan di jalan, meeting dengan beberapa klien, dan banyak hal-hal tak terduga lainnya yang juga mesti harus dikerjakan di waktu bersamaan. 

Padahal selepas kerja, kadang juga ingin menikmati hobi lain. Entah itu berolahraga, jalan-jalan ke mal bareng teman-teman, maupun keseruan lainnya yang bisa dijadikan alternatif buat healing biar work-life balance bisa didapatkan. 

Nah, biar kamu bisa menjalani segala aktivitas seharian dengan penuh semangat dan energi sepanjang hari, beberapa cara mudah berikut ini perlu kamu ikuti. Apa saja itu?

Pastikan Cukup Tidur Agar Bisa Bangun Pagi dengan Segar

Idealnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Dengan waktu tidur yang cukup, tubuh pun bisa kembali fit dan terasa lebih segar keesokan harinya. Menariknya, menurut hasil penelitian yang diterbitkan di International Journal of Environmental Research and Public Health, cukup tidur juga baik untuk menjaga fungsi otak. 

Hal tersebut dapat membantumu agar lebih produktif, fokus dan bisa berkonsentrasi penuh dalam menyelesaikan beragam aktivitas sehari-hari. Selain itu, cukup tidur juga bisa membuat suasana hati lebih baik. Tak kalah penting, cukup tidur ternyata juga dapat meningkatkan daya ingat. Jadi, hindari begadang untuk hal-hal yang tak perlu, ya!

Jangan Lupa Mandi Pagi Biar Lebih Semangat Jalani Hari

Sehabis bangun tidur, jangan lupa untuk mandi pagi agar bisa lebih semangat menjalani hari. Bukan saja menyegarkan tubuh, mandi pagi ini ternyata juga banyak manfaatnya lho. Sebuah studi yang dilakukan pada 2018 bertajuk Physical and Mental Effects of Bathing: A Randomized Intervention Study, mengungkapkan jika mandi pagi ternyata efektif untuk meredakan gejala depresi.

Lebih lanjut hasil penelitian tersebut mengungkapkan jika mandi dengan air dingin selama 5 menit setiap 2-3 kali dalam seminggu, disebut dapat memicu pelepasan hormon endorfin. Hormon tersebut dapat menimbulkan perasaan bahagia, sehingga bisa meringankan gejala depresi maupun stres. Itulah kenapa orang yang mandi pagi sebelum berkegiatan, akan cenderung lebih semangat menyambut hari.

Jaga Tubuh Tetap Bugar dengan Rutin Berolahraga

Sesibuk apapun aktivitasnya, jangan lupa untuk berolahraga setidaknya 30 menit per hari. Apabila tak sempat olahraga di pagi hari, maka bisa dilakukan sehabis kerja. Jika suka yang ramai-ramai biar lebih antusias misalnya, maka bisa ajak teman sekantor main badminton. Bisa pula mencoba lari sore atau malam yang kini juga tengah menjadi tren. 

Sementara jika turun hujan, olahraga masih bisa dilakukan di tempat gym. Sebagaimana lansiran National Institutes of Health, olahraga ini memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan, antara lain menjaga berat badan tetap ideal, mencegah penyakit punggung akibat banyak duduk seharian, menjaga tubuh tetap bugar dan menghindarkan dari risiko osteoporosis.

Olahraga juga dapat mengatasi stres yang dipicu hormon kortisol, karena selama beraktivitas fisik ini hormon serotonin dan dopamin yang bisa memperbaiki suasana hati dan menghadirkan kebahagiaan, mengalami peningkatan. Dengan rajin berolahraga, tidur pun juga turut menjadi lebih nyenyak. Jadi, bukan saja membuat tubuh bugar, olahraga juga bisa membuat pikiran segar setiap hari.

Fokuslah Pada Pikiran Positif Biar Tak Gampang Stres

Padatnya kesibukan memang mudah mendatangkan stres. Hal ini belum ditambah masalah hidup lainnya. Namun, supaya tetap semangat menjalani hari, fokuslah pada pikiran yang positif. Hasil studi yang dilansir oleh Psychological Science mengungkapkan jika orang yang terbiasa berpikir positif lebih tangguh dalam menghadapi tekanan, sehingga tidak mudah stres. 

Hal tersebut juga bermanfaat untuk menghindarkan diri dari risiko terkena gangguan mental, seperti masalah kecemasan, insomnia, hingga depresi. Walau tak mudah, fokus berpikir positif ini bisa dilatih dan dibiasakan. Ketika berada di bawah tekanan, cobalah memikirkan beragam pilihan untuk mencari solusi, daripada sekadar meratapinya. 

Sementara jika dihadapkan pada situasi buruk yang sulit dikendalikan, cobalah untuk belajar menyikapinya dari sisi positif.  Ambil contoh, saat terjebak macet dalam mobil, alihkan dengan mendengarkan musik atau dinikmati sambil ngobrol bersama rekan berkendara. Langkah tersebut efektif untuk menghindarkan diri dari stres.

Penuhi Energi dengan Sarapan Agar Semangat Berkegiatan

Tak kalah penting, penuhi energi dengan sarapan agar semangat berkegiatan setiap hari. Terlebih menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia, manfaat sarapan ini tidaklah sekadar memenuhi kecukupan zat gizi dalam tubuh, tetapi dapat meningkatkan suasana hati, bikin aktivitas lebih fokus, serta dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein dan sedikit lemak pada menu sarapan bisa memberikan manfaatkan bagi kesehatan, sekaligus dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Contoh menu sarapan bergizi seimbang, seperti nasi goreng, telur dadar dan sayuran; lontong sayur, telur dan buah; atau setangkup roti bakar, telur mata sapi, dan sayuran.

Selain mengonsumsi makanan bergizi seimbang, maksimalkan sarapanmu dengan minum MILO 3in1 dengan Advanced Formula. MILO 3in1 Advanced Formula merupakan renovasi produk MILO terbaru dengan formulasi yang lebih baik dari produk sebelumnya yang tinggi akan vitamin B2, C, D, Asam Folat, Kalsium dan Zat Besi. 

Di dalamnya juga terkandung Kebaikan MILO yang berupa Malt, Susu, Cokelat dan Vitamin B2. Malt berupa ekstrak barli yang termasuk sebagai karbohidrat kompleks, berperan sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Susu di sini berupa susu tinggi kalsium, fosfor dan zat besi. Kemudian, cokelat memberikan rasa MILO yang khas kombinasi unik dari 3 kebaikan MILO. Selain itu, Nestle MILO 3in1 juga mengandung kombinasi 11 vitamin dan 4 mineral berupa Vitamin A, D, E, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, C serta Kalsium, Fosfor, Zat Besi, dan Seng untuk mendukung aktivitas sepanjang hari.

Di samping saat sarapan, konsumsi MILO 3in1 dengan Advanced Formula ini saat sore hari, agar tubuh tetap berenergi baik itu di kantor, kampus, maupun sekolah. Makanya, jangan ragu untuk mendukung pemenuhan nutrisi dan energi untuk beraktivitas setiap hari bersama MILO!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading