Sukses

Lifestyle

Mengenal 3 Wasit Perempuan Pertama yang Memimpin di Piala Dunia 2022 Qatar

Fimela.com, Jakarta Piala Dunia 2022 Qatar resmi digelar. Ajang 4 tahunan ini menjadi momen penting sejarah sepak bola dunia karena digelar setalah 2 tahun pandemi. Tak hanya itu, pesta bola ini juga banyak menghadirkan kejutan salah satunya kehadiran wasit perempuan pertama di ajang Piala Dunia.

Penasaran siapa saja mereka? Yuk, kenalan sosok inspiratif di bawah ini.

Yamashita Yoshimi

Dilansir dari Olympics, wasit wanita asal Jepang yang tampil di Piala Dunia untuk putra ini sebelumnya pernah memimpin Piala Dunia Wanita tahun 2019 di Prancis. Yamashita Yoshimi pun pernah memimpin Olimpiade 2020 dalam pertandingan antara Amerika Serikat melawan Swedia. Bukan kali pertama bagi dirinya, Yamashita sempat bersiul peluit dalam pertandingan Melbourne City menghadapi Jeonnam Dragon di Liga Champions AFC.

“Hampir tidak ada wasit wanita di Timur Tengah, jadi saya ingin melihat perubahan itu, melalui Piala Dunia Qatar,” kata Yamashita.

Menurutnya, fakta perempuan bisa memimpin di Piala Dunia Putra untuk pertama kalianya adalah tanda bahwa perempuan pun bisa selalu berkembang.

Salima Mukansanga

Salima Mukansanga merupakan wasit perempuan yang sudah memimpin pertandingan resmi FIFA sejak 2012. Terlepas dari pekerjaannya sebagai wasit perempuan FIFA, Salima muda pernah bermimpi menjadi pemain basket profesional. Ia pun menjelaskan betapa sulitnya perjalanan dirinya saat merintis sebagai pemain basket yang profesional. Mengetahui hal itu, Salima pun mencari jalan lain untuk melanjutkan kariernya.

“Akses ke dunia basket sebenarnya cukup sulit, itulah alasan mengapa saya menjadi wasit, namun hal itu tak pernah saya sesali,” jelasnya.

Keputusan itu membawa dirinya ke Piala Dunia Wanita 2019, Olimpiade Tokyo 2020 dan Piala Dunia 2022 Qatar. Mukansanga sudah tak asing lagi dengan ajang internasional, setelah dirinya memimpin di Piala Afrika Putra pada awal tahun ini.

Stephanie Frappart

Stephanie Frappart memulai aksi sebagai wasit perempuan pertama dalam laga Grup E Kosta Rika vs Jerman pada Jumat (2/12). Tak sendiri, Frappart nantinya akan bertugas didamping oleh asisten wasit, Neuza Back asal Brasil dan Karen Diaz Medina dari Meksiko.

Dilansir dari Channel News Asia pada (30/11/2022), Stephanie Frappart, Neuza Back dan Karen Diaz akan menjadi tim wasit wanita pertama yang ditunjuk FIFA untuk bertugas mengawal pertandingan Kosta Rika melawan Jerman di Stadion Al Bayt.

Ini bukan kali pertama Frappart memimpin pertandingan, pasalnya ia pernah menjadi wasit saat fase kualifikasi Piala Dunia 2022 pada bulan Maret lalu. Sebelum menorehkan sejarah baru, wasit berusia 38 tahun ini pun pernah bertugas dalam pertandingan Liga Champions pada tahun 2020.

Bahkan, Frappart mendapatkan penghargaan sebagai wasit perempuan terbaik dunia versi IFFHS dalam tiga tahun berturut-turut sejak 2019. Ditunjuk sebagai wasit wanita pertama di Piala Dunia 2022, Frappart menyampaikan harapannya terhadap eksistensi wanita dalam ajang pertandingan internasional.

Bagaimana Sahabat Fimela? Semangatnya sangat menginspirasi ya. Semoga informasi ini bermanfaat,

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading