Sukses

Lifestyle

5 Cara Tetap Bahagia walau Pencapaian Hidupmu Diremehkan

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup, kita akan selalu dihadapkan pada situasi dibanding-bandingkan dengan orang lain. Bahkan pencapaian hidup kita pun bisa jadi bahan perbandingan bagi orang lain. Kita pastinya akan makin bahagia jika pencapaian hidup kita bisa diterima dan disambut dengan baik oleh orang di sekitar kita. Tapi kalau pencapaian hidup kita malah dicibir atau diremehkan orang lain, harus bagaimana?

Pada dasarnya kita tetap bisa bahagia dengan pencapaian yang sudah kita punya. Walau tak sebesar atau sehebat pencapaian orang lain, tetapi kita sudah melakukan semua hal terbaik untuk hidup. Maka, kita pun bisa tetap jalani hidup dengan sebaik dan sebahagia mungkin.

 

 

1. Abaikan Ucapan Buruk Orang Lain

Tak semua omongan dan ucapan orang lain perlu didengar. Kalau ada yang meremehkan atau memandang sebelah mata pencapaian hidupmu, abaikan saja. Tak perlu memasukkan kata-kata atau ucapannya ke dalam hati. Menutup telinga dari orang-orang yang hanya ingin meremehkanmu bisa menyelamatkanmu dari rasa tak nyaman. Jadi, sesekali bersikap cuek ada untungnya juga.

 

 

2. Apresiasi Pencapaian Sendiri

Siapa lagi yang bisa mengapresiasi usaha terbaikmu kalau bukan dirimu sendiri? Apa pun pencapaian yang sudah didapatkan, apresiasi dengan baik. Syukuri semua hal yang berhasil kamu lakukan hingga saat ini. Berterima kasihlah pada diri sendiri yang memilih untuk berjuang hingga berhasil meraih sesuatu. Tak perlu menakar besar kecilnya pencapaian itu. Fakta bahwa kamu sudah berhasil mencapai sesuatu, itu sudah menjadi sebuah kehebatan sendiri untukmu.

 

 

3. Lakukan Hal yang Kamu Sukai

Bahagiakan saja diri sendiri. Lakukan hal yang kamu sukai. Mengutip buku Happiness Inside, kebahagiaan adalah sesuatu yang sangat sederhana, dan saking sederhananya sampai-sampai tidak banyak yang percaya. Untuk bahagia, kita perlu mencari dan menemukannya dari dalam. Pada dasarnya, semua perangkat kebahagiaan itu ada dan selalu ada dalam diri setiap manusia. Tinggal bagaimana cara kita untuk mau bergerak untuk mengupayakan kebahagiaan dengan cara yang kita mampu dan sukai.

 

 

4. Hadiahi Diri Sendiri

Ya, menghadiahi diri sendiri bisa membuat diri bisa lebih bahagia. Tak perlu memaksa orang lain menghadiahi diri kita. Tak harus bergantung pada validasi orang lain untuk bahagia. Cobalah untuk menghadiahi diri sendiri atas pencapaian yang sudah berhasil kita buat. Dengan begini, kita bisa kembali tersenyum dan makin bersemangat melangkah ke depan dalam hidup.

 

 

5. Terima Kenyataan bahwa Karakter Orang Itu Beragam

Orang yang hanya mencibir dan meremehkanmu sebenarnya punya masalah sendiri dengan hidupnya. Jadi, tak perlu terlalu memedulikan orang yang hanya ingin menjatuhkanmu. Terima saja kenyataan bahwa manusia punya karakter dan kepribadian yang beragam. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha untuk tetap melakukan hal-hal yang terbaik dalam hidup tanpa merugikan orang lain.

Semoga kamu bisa tetap bahagia dengan jalan dan pilihan hidupmu, ya. Terima kasih sudah berjuang dengan baik dan berhasil membuat pencapaian sendiri dalam hidup.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading