Sukses

Lifestyle

5 Cara Mudah Menjadi Produktif dan Aktif

Fimela.com, Jakarta Produktif bukan tentang bekerja dalam waktu lama dan menatap layar laptop seharian. Produktif berarti mampu memaksimalkan waktu dengan baik untuk melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien. Kunci untuk menjadi orang yang produktif adalah mampu membagi waktu dan menggunakannya dengan baik. Belajar menjadi produktif adalah hal penting dilakukan. Orang dengan tingkat produktivitas tinggi cenderung menjadi orang yang sukses dan bahagia. Hal ini dikarenakan kemampuan memaksimalkan waktu sehingga rasa cemas dan stres akan waktu kerja menjadi rendah.

Melansir dari Verywell Mind, mengubah diri menjadi produktif bukan hal mudah yang dapat dilakukan dalam semalam. Namun, bukan berarti tidak mungkin. Untuk membuat hari-harimu jadi lebih produktif, simak beberapa tips berikut ini.

1. Membuat Rencana

Salah satu cara efektif untuk membuatmu melakukan pekerjaan berdasarkan prioritas adalah dengan menyusun rencana. Bukan hanya bergantung pada ingatan, alangkah lebih baik bila menulisnya secara urut dari hal terpenting hingga yang biasa. Cara ini akan membantumu memiliki jadwal yang rapi dan estimasi waktu yang baik sehingga pekerjaan dapat selesai sesuai dengan target. Selain itu, peneliti menemukan bahwa merencanakan kegiatan dan membuat daftar tugas membantu mengurangi beban eksekutif otak yang mengkhawatirkan tugas yang belum selesai dan membantu otak lebih fokus pada pekerjaan lain.

2. Merawat Diri dengan Baik

Jika ingin menjadi produktif, merawat diri secara fisik dan mental sangatlah penting. Pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi, tidur cukup, olahraga, dan memiliki waktu bersantai untuk diri sendiri. Merawat diri akan membantumu tetap berenergi dan fokus sepanjang hari.

3. Jauhi Benda yang Memecah Fokus

Gadget, televisi, atau benda lainnya yang dapat memecah fokusmu sebaiknya dijauhi pada waktu tertentu. Misalnya kamu telah mengatur jadwal untuk belajar selama 2 jam, maka jauhi benda-benda yang mengganggu fokus selama 2 jam agar kegiatan belajarmu tidak terganggu. Bila memang membutuhkan benda seperti gadget untuk menunjang aktivitas belajar, nyalakan mode "jangan ganggu" agar notifikasi pesan tidak memecah fokus belajarmu.

4. Bangun Lebih Pagi

Memulai aktivitas di pagi hari memberi banyak manfaat untuk fisik dan mental. Saat bangun lebih pagi, waktu untuk mempersiapkan diri sebelum beraktivitas jadi lebih banyak. Hal ini membuatmu tak perlu buru-buru dan dapat bergerak dengan santai. Manfaatkan waktu luang di pagi hari untuk olahraga, meditasi, atau menyiapkan sarapan yang dapat meningkatkan mood. Selain itu, udara pagi yang segar akan membuat tubuh segar dan bugar.

5. Rayakan Kemenangan Kecil

Belajar menjadi produktif bukan hal yang mudah. Pasang surut dalam proses pasti akan kamu alami. Saat dirimu berhasil mencapai salah satu target atau konsisten untuk melakukan suatu hal meskipun hanya hal kecil, rayakanlah. Dirimu patut di apresiasi karena mampu berjuang dan mau bergerak maju. Perayaan kecil yang membuat hatimu senang akan memicu otak melepaskan dopamin atau bahan kimia bahagia. Lebih banyak dopamin yang dikeluarkan membuat kinerja otak semakin baik.

Menjadi produktif adalah hal baik. Namun, jangan memaksakan diri bila tidak mampu memenuhi standar yang kamu harapkan. Imbangi aktivitasmu dengan istirahat cukup dan makanan bergizi agar tubuh tetap fit dan suasana hati baik.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading