Sukses

Lifestyle

Penyebab Mata Kucing Bengkak Tiba-tiba yang Perlu Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah hewan yang biasa dijadikan peliharaan. Banyak orang memelihara kucing karena kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya itu, terkadang tingkah kucing bisa membuat pemiliknya yang sedang bersedih menjadi terhibur.

Namun memelihara kucing perlu komitmen tinggi. Biaya perawatannya tidak bisa dibilang murah, apalagi untuk kucing dengan ras tertentu yang harga jualnya mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Sebagai pemilik kucing yang telah memutuskan untuk memelihara kucing, maka harus siap bertanggung jawab pada hidupnya juga, terutama kesehatannya. Bagaimana jika tiba-tiba mata kucing bengkak?

Ternyata ada hal yang menyebabkan mata kucing bengkak. Berikut penyebab mata kucing bengkak serta penjelasan dan cara mengatasinya.

Penyebab Mata Kucing Bengkak Tiba-tiba

1. Blepharitis dan Konjungtivitas

Penyebab mata kucing bengkak yang pertama adalah Blepharitis. Blepharitis merupakan istilah dalam kedokteran hewan yang menunjukan pembengkakan pada kelopak mata kucing. Pembengkakan ini bisa terjadi pada satu atau kedua mata kucing sekaligus. Sering dikenal dengan nama blepharospasm, ada dua gejala yang paling umum terjadi dari kondisi ini yaitu:

  • Berkedip berlebihan (spasmodik)
  • Menyipitkan mata
  • Mata berair
  • Radang mata (terutama pada kelopak mata) 

Selain itu, blepharitis juga biasanya muncul bersamaan dengan gejala konjungtivitis – sebuah infeksi mata yang sering dikenal dengan “pink eye”, Selain membuat bengkak, biasanya gejalanya dibarengi dengan mata berair pada kucing. Baik blepharitis dan konjungtivitis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

2. Alergi Bawaan

Selanjutnya, penyebab mata kucing bengkak paling umum lainnya adalah alergi bawaan. Mirip dengan manusia, kucing memiliki reaksi alergi terhadap lingkungan maupun makanan. Nah, salah satu alergi ini dapat membuat mata kucing bengkak dan berair.

Meski begitu, kamu bisa mencegah alergi ini terjadi pada kucing kesayangan kamu dengan mengawasi kegiatan saat mengganti deterjen cucian, penyegar, ataupun makanan kucing. Selain membuat mata bengkak, kondisi ini dapat menyebabkan masalah lain saat kucing menggaruk dirinya secara berlebihan dan membuat iritasi.

3. Symblepharon

Symblepharon menggambarkan adhesi konjungtiva (selaput lendir yang melindungi bola mata) ke kornea (bagian terluar mata yang dilindungi oleh konjungtiva). Kondisi mata bengkak pada kucing biasanya akibat ulserasi okular yang berkembang setelah kucing tertular Feline Herpes Virus.

Jika kamu melihat ulcer – luka – berkembang pada mata kucing kamu, bisa jadi hal ini adalah tanda bahwa kucing kamu terkena feline herpes virus. Beruntungnya, jika diatasi segera, Symblepharon dapat diobati. Jadi, jika kamu curiga bahwa mata bengkak kucing adalah akibat dari Feline Herpes Virus. Maka kamu harus segera mendiskusikan hal ini dengan dokter hewan sesegera mungkin. Hal ini untuk membantu mencegah symblepharon berkembang atau memburuk.

4. Anisocoria

Penyebab mata kucing bengkak lainnya adalah anisocoria. Kondisi ini bisa menyebabkan ukuran pupil kucing membesar. Jika pupil kucing kamu terlihat berbeda, satu pupil terlihat lebih besar, bisa saja mereka menderita anisocoria. Kondisi anisocoria bisa disebabkan oleh cedera fisik pada mata kucing kamu. Mereka dapat berkembang dan menyebabkan gejala yang lebih parah seperti:

  • Glaukoma (kondisi umum pada kucing yang lebih tua) 
  • Penyakit retina kanker mata uveitis (radang bagian dalam mata)

Itulah beberapa penyebab mata kucing bengkak tiba-tiba. Nah agar kamu mengetahui lebih pasti apa penyebab mata kucingmu bengkak, lebih baik segera konsultasikan ke dokter hewan. Nantinya dokter hewan akan memberikan diagnosa yang tepat sesuai dengan gejalanya dan memberikan penanganan yang tepat sebelum semakin parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading