Sukses

Lifestyle

Giat di Pasar Global, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 Bantu UMKM Lebih Maju

Fimela.com, Jakarta Ketahanan ekonomi masyarakat Indonesia tidak lepas dari peran penting UMKM. Meskipun banyak produk impor yang dijual di pasaran, produk UMKM selalu memiliki tempat tersendiri di hati banyak orang. Apalagi UMKM saat ini berkembang pesat dengan dukungan banyak pihak, salah satunya dari BRI.

Menyambut hari jadinya yang ke-127 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyelenggarakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022 yang diselenggarakan secara offline pada 14-18 Desember 2022 di Jakarta Convention Center (JCC). Pembukaan acara dilakukan pada Kamis (15/12) dan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, bersama Direktur Utama BRI Sunarso.

Mendorong pelaku UMKM untuk go global

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022 merupakan ajang inisiatif BRI guna mendorong pelaku UMKM untuk go global yang di tahun ini mengusung tema ā€œBrings MSMEs Indonesia to the worldā€. Tema tersebut mencerminkan optimisme BRI untuk terus mendampingi pelaku UMKM agar bisa menjadi bagian dari pasar global.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, ā€œBRI sebagai bank yang fokus kepada bisnis UMKM, secara konsisten melakukan berbagai upaya untuk terus menumbuhkembangkan dan memberdayakan UMKMā€. Kementerian Koperasi & UKM RI juga menunjukkan bahwa UMKM menyerap kurang lebih 119,6 juta tenaga kerja atau 96,92% dari total angkatan kerja di Indonesia.

Sunarso menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun, acara ini semakin berkembang, baik dari nominal transaksi, keikutsertaan jumlah negara maupun pesertanya. Tahun 2022 kali ini diikuti oleh 500 UMKM bazzar online dan pameran 250 UMK denganĀ capaian kesepakatan bisnisĀ mencapai USD75 juta (Rp.1,2 triliun).

Expo UMKM bisa dinikmati secara langsung maupun daring

Masyarakat dapat menyaksikan langsung produk UMKM pilihan terbaik melalui pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022 yang berlangsung mulai 1 sampai 31 Desember 2022 di JCC mau pun secara daring. Sebanyak 500 UMKM Bazzar Online dan 250 UMKM showcase pilihan sudah siap memperlihatkan keunikan, kualitas, kisah dibalik produk, bahan baku serta material ramah lingkungan, hingga pemberdayaan masyarakat pada proses produksi yang beragam secara nasional hingga 40 pembeli internasional dari 20 negara.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan bahwa UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR ini menjadi saat yang tepat untuk meneruskan semangat Presidensi G-20 yang baru saja berlangsung di Bali.

ā€œAjang ini menjadi momentum yang tepat bagi UMKM tanah air bukan hanya menunjukkan kualitas produknya, tetapi juga berkesempatan menunjukkan bahwa UMKM ikut mendukung dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) misalnya prinsip konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, menjaga ekosistem darat dan laut, serta mendukung penciptaan pekerjaan yang layak bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,ā€ ujar Teten Masduki.

Dengan adanya acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022, diharapkan UMKM bisa semakin maju dalam memasuki pasar internasional dan menjadi kebanggaan bersama untuk bangsa.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading