Sukses

Lifestyle

How To: Ragam Cara Membuat Avatar AI yang Sedang Viral

Fimela.com, Jakarta AI atau artificial intelligence saat ini sedang marak digunakan oleh banyak pengguna sosial media. Mulai dari artis, selebgram hingga masyarakat umum juga mengikuti tren ini, baik di Instagram ataupun TikTok. Avatar AI yang banyak berseliweran ini dibuat berdasarkan bentuk wajah pengguna AI. 

Ternyata untuk membuat Avatar AI cukup mudah dibuat. Kamu bisa mengubah foto selfiemu menjadi avatar unik dan menarik, hanya dengan menggunakan aplikasi maupun situs web. 

Aplikasi Lensa sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dapat memproses foto kamu menjadi sebuah avatar. Lensa bekerja dengan cara mengubah sebuah foto menjadi sebuah gambar yang tampak seperti sebuah gambar yang dihasilkan dari lukisan tangan.

Jika kamu tidak cukup puas dengan Avatar AI yang dihasilkan aplikasi Lensa, aplikasi tersebut juga menyediakan fitur yang memungkinkan kamu dapat mengubah latar belakang, menghapus objek, dan menghapus cacat pada foto. Berikut langkah-langkah untuk kamu agar bisa membuat Avatar AI. 

Aplikasi Lensa untuk buat Avatar AI

1. Download aplikasi Lensa: Avatara Maker, Editor. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Google Playstore untuk pengguna android, atau AppStore untuk pengguna iPhone.

2. Setelah aplikasi sudah terinstal, buka aplikasi Lensa lalu ikuti petunjuknya. Serangkaian kartu akan ditampilkan di layar yang menunjukkan fitur aplikasi. Cukup ketuk 'selanjutnya' untuk segera membuka fitur magic avatar dengan segera.

3. Ketuk "Get Started" untuk memulai proses pendaftaran pengguna aplikasi.

4. Aktifkan Uji Coba Gratis. Sebenarnya untuk menggunakan aplikasi Lensa, pengguna harus berlangganan. Namun, ada masa uji coba gratis selama tujuh hari yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat Avatar AI. Namun, pastikan kamu membatalkan dalam waktu tujuh hari, atau kamu akan dikenai biaya $29,99.

5. Pilih 'Try Now' pada magic avatar card dan kemudian 'Continue.' Langkah ini akan mengarahkan kamu langsung ke bagian magic avatar, dan menjelaskan tentang semua fitur tersebut.

6. Coba ikuti petunjuk jika memungkinkan, karena jika tidak, aplikasi dapat menghasilkan beberapa foto aneh. Beberapa foto mungkin saja akan menghasilkan gambar avatar yang sangat aneh dan mengganggu.

7. Kamu harus memilih minimal 10 sebelum tombol kuning 'Impor' muncul. Dengan kata lain, kamu harus menyiapkan setidaknya 10 foto. Penting diperhatikan, untuk jangan sembarang memilih foto, karena akan sangat berpengaruh pada hasilnya nanti.

8. Pilih jenis kelamin . Pilihan ini akan sangat memengaruhi cara kerja aplikasi dalam memproses gambar. Karena, pilihan jenis kelamin juga akan memengaruhi hasil avatar AI.

9. Pilih berapa banyak avatar yang ingin kamu beli. Opsi termurah adalah paket 50 Avatar AI seharga $1,99. Namun, kamu juga bisa mendapatkan 100 atau 200 Avatar AI. Untuk melakukan pembelian kamu perlu melakukan konfirmasi melalui akun iOS/Google Play.

10. Tunggu aplikasi Lensa mengunggah foto. Pastikan kamu tetap membuka aplikasi di ponsel selama proses upload masih berlangsung.

11. Izinkan aplikasi Lensa memproses foto. Sekarang aplikasi akan mulai membuat gambar yang diproses AI. Proses ini memakan waktu sekitar dua puluh menit. Akan tetapi aplikasi Lensa tetap dapat terus beroperasi di latar belakang, saat kamu melakukan sesuatu dengan aplikasi lain.

12. Buka aplikasi dan pilih 'Magic Avatar Ajaib.' Ketuk paket avatar Anda setelah muncul di layar.

13. Lihat Avatar AI yang dihasilkan, lalu pilih beberapa untuk disimpan. AI menghasilkan banyak gaya berbeda termasuk Seni Pop, Fantasi, Anime, dan lainnya. Anda dapat mengunduh dan memilih foto satu per satu dengan mengetuknya, atau menyimpan semuanya.

Aplikasi Lensa tidak bisa digunakan secara gratis. Meskipun kamu sudah menggunakan uji coba gratis, kamu masih harus membayar setidaknya $1,99 untuk dapat memproses foto menjadi avatar. Pastikan kamu tidak membayar lebih dari yang diperlukan dengan membatalkan uji coba gratis sebelum kamu menerima tagihan untuk berlangganan. Kamu dapat melakukannya dengan mengetuk roda gigi pengaturan di sisi kiri atas aplikasi, lalu memilih 'Manage Plan'.

Website Artflow untuk buat Avatar AI

Terdapat cara lain yang bisa kamu pakai untuk membuat Avatar AI. Dengan memakai situs web Artflow, kamu bisa membuat Avatar AI yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

Kamu hanya dapat menggunakannya untuk menghasilkan avatar berbasis kartun apapun hanya dengan menulis deskripsi. Misalnya, jika kamu ingin membuat avatar AI yang terlihat seperti Thor muda, kamu harus membuat deskripsinya sedetail mungkin. Berikut cara membuat avatar Ai dengan menggunakan Artflow:

1. Kunjungi website ArtFlow di artflow.ai

2. Buat akun ArtFlow. Kamu bisa membuat akun dengan langkah mudah, dengan cara pilih buat akun dengan Google atau media sosial Facebook.

3. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke laman utamanya untuk melihat avatar berbasis AI lainnya dari pengguna dan editor lain.

4. Tulis deskripsi tentang sosok yang ingin kamu buat dengan kata-kata. Sayangnya kamu hanya bisa menuliskannya dengan bahasa Inggris. Kendati demikian, kamu bisa menuliskannya dengan bahasa Indonesia, lalu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan Google Translate, lalu tempelkan pada kolom yang tersedia.

5. Klik tombol Generate, dan Artflow akan menempatkan permintaan Anda dalam antrean untuk diproses. Biasanya diperlukan beberapa detik untuk menghasilkan avatar AI.

6. Setelah itu, Artflow akan menampilkan avatar AI yangs esuai deskripsi yang telah kamu buat.

Generated Photos untuk buat Avatar AI

Generated Photos merupakan salah satu generator pembuat Avatar AI yang terbaik. Kamu dapat membuat Avatar AI hanya dalam hitungan detik. Bagian terbaiknya adalah Generated Photos menawarkan editor avatar AI lengkap yang dapat kamu gunakan untuk menyesuaikan berbagai parameter seperti jenis kelamin, usia, dan banyak properti lain dari wajah yang dihasilkan. Berikut cara membuat Avatar AI dengan menggunakan Generated Photos.

1. Kunjungi lama Generated Photos di generated.photos

2. Dari laman beranda, kamu dapat mengakses avatar editor dengan foto yang dihasilkan berbasis AI. Ada bilah alat dengan opsi pengeditan untuk menyesuaikan parameter wajah di sebelah kiri.

3. Kamu dapat memilih untuk mengubah jenis kelamin dari foto yang dihasilkan. Klik opsi Pria atau Wanita di bagian Jenis Kelamin di toolbar pengeditan.

4. Kamu juga dapat mengubah usia, wajah, emosi, warna kulit, warna rambut, kacamata rambut rontok, dan merias mata dan bibir.

5. Setelah selesai melakukan editing dan puas dengan pratinjaunya, klik tombol "Unduh" untuk menyimpannya sebagai file JPG di komputer kamu.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading