Sukses

Lifestyle

Penyebab Komputer Sering Mati Sendiri Secara Tiba-tiba

Fimela.com, Jakarta Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang cukup umum digunakan oleh kebanyakan orang. Sebagian besar orang saat ini pasti sudah mengenal bahkan menggunakan komputer dalam aktivitas sehari-hari. Keberadaan komputer saat ini sudah seperti smartphone atau ponsel yang dianggap sebagai kebutuhan primer, bukan lagi sarana hiburan saja. Hal tersebut dikarenakan komputer sangat berguna untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai hal seperti salah satunya bekerja.

Namun karena merupakan buatan manusia, maka wajar jika masih ada beberapa permasalahan ketika menggunakannya. Salah satunya adalah tiba-tiba ketika sedang digunakan. Biasanya komputer yang tiba-tiba mati ini terjadi karena ada eror di dalamnya. Namun bisa juga karena hal lainnya.

Lalu apa penyebab komputer tiba-tiba mati? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Komputer Sering Mati Tiba-tiba

1. Virus

Penyebab komputer mati sendiri yang pertama adalah virus. Ketika virus, worm, atau malware lain menyerang komputer, hal ini bisa membawa konsekuensi yang tidak menyenangkan. Salah satunya adalah membuat komputermu mati sendiri secara tiba-tiba. Peretas dapat merancang virus untuk menonaktifkan perangkat bahkan dalam keadaan yang sangat spesifik, mis. saat menjalankan program atau pada waktu tertentu.

2. Masalah Software

Penyebab komputer mati sendiri yang kedua adalah adanya masalah dengan perangkat lunak atau software. Periksalah apakah komputermu dimatikan melalui perangkat lunak. Yang harus kamu lakukan adalah memulai perangkat Anda dalam mode aman.

3. Komputer Terlalu Panas

Penyebab komputer mati sendiri yang ketiga adalah kondisi komputer yang terlalu panas. Ini adalah salah satu alasan paling umum dari penyebab komputer mati sendiri. Ketika suhu di dalam peralatan melebihi tingkat normal, perangkat secara spontan akan memutus catu daya agar tidak membakar komponen.

Mengapa komputer terlalu panas? Alasan pertama adalah ventilasi yang tidak memadai. Masalah ini muncul ketika bagian dalam komputer, terutama kipas dan unit pendingin, ditutupi dengan kotoran seperti debu, rambut, bulu hewan, dll. Dalam hal ini, kipas tidak mengikuti pembuangan panas dan menjadi penyebab komputer mati sendiri.

Jangan remehkan masalah ini, karena debu dalam jumlah banyak dapat menghantarkan listrik dengan sempurna, sehingga dapat menyebabkan korsleting dan kegagalan perangkat. Ketika komputermu memiliki masalah ventilasi, pastikan untuk memeriksa kipasnya juga. Kipas bisa tersangkut benda-benda kecil, membuatnya macet atau terputus.

Coba Cek RAM Komputermu

4. Masalah RAM

Penyebab komputer mati sendiri yang kelima adalah adanya masalah dengan RAM atau memori. Sambungan memori akses acak yang salah atau kegagalan braket dapat menyebabkan masalah berupa komputer mati secara tiba-tiba.

Periksa kembali RAM komputermu untuk melihat apakah semua braket terhubung dengan benar. Dianjurkan untuk hati-hati memeriksa reng itu sendiri dan celah di mana mereka terhubung. Jika beberapa strip RAM terhubung ke komputer, disarankan untuk memutuskan satu titik pada satu waktu dan memeriksa kinerja komputer: jika satu strip tidak berfungsi, komputer akan memulai secara normal dan akan berfungsi.

 5. Ada Komponen yang Rusak

Penyebab komputer mati sendiri yang berikutnya adalah karena adanya komponen komputer yang rusak. Komputer yang mati secara tiba-tiba karena kegagalan komponen relatif jarang terjadi. Ini biasanya berakhir dengan peralatan yang benar-benar gagal merespons tindakan apa pun dan tidak dapat memulainya. Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu untuk mengganti bagian yang rusak.

Itulah beberpa penyebab komputer mati sendiri ketika sedang digunakan. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading