Sukses

Lifestyle

5 Kota Favorit dan Rekomendasi Ide Wisata Keluarga untuk Liburan Nataru

Fimela.com, Jakarta Sudah punya rencana liburan akhir tahun ini? Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) menjadi momen yang paling dinantikan oleh sebagian besar masyarakat. Selain merayakan Natal, periode ini sering dimanfaatkan untuk liburan.

Salah satu temuan Pegipegi Travel Report 2022 menunjukkan bahwa keluarga menjadi partner utama masyarakat ketika traveling. Berwisata bersama keluarga sangat cocok untuk Sahabat Fimela yang ingin melepas penat dari rutinitas sepanjang tahun sambil menikmati waktu berkualitas bersama anggota keluarga.

Kali ini, Pegipegi punya rekomendasi ide-ide wisata di lima destinasi favorit untuk liburan keluarga pada periode Nataru yang bisa disimak berikut ini:

 

 

1. SURABAYA

Sebagai salah satu kota megapolitan, Surabaya menyimpan berbagai destinasi wisata menarik, mulai dari wisata kuliner, belanja, sejarah, budaya, serta alam. Ajak keluarga Sahabat Fimela berkunjung ke Taman Balai Kota yang sejuk dan menyegarkan dengan area tamannya yang luas beserta pancuran air untuk menyenangkan buah hati. Aktivitas berikutnya bisa dilanjutkan dengan berinteraksi bersama binatang-binatang menggemaskan di Kebun Binatang Surabaya dan kulineran di Food Junction Grand Pakuwon.

Pada sore jelang malam hari, berkunjunglah ke kawasan Jembatan Suroboyo untuk melihat indahnya langit sore dan gemerlap malam Kota Pahlawan sambil mencicipi kuliner khas di sekitar Pantai Kenjeran. Setelah itu, menikmati wisata malam terbesar dengan atraksi permainan yang menarik di Suroboyo Carnival Park bisa menjadi penutup kegiatan sebelum kembali ke hotel.

Sahabat Fimela bisa pesan tiket pesawat relasi Jakarta - Surabaya untuk liburan Nataru dengan harga termurah mulai dari Rp900 ribuan, menggunakan maskapai penerbangan Citilink. Sedangkan kisaran harga sewa akomodasi dari hotel bintang dua hingga bintang tiga di Surabaya jelang liburan Nataru dipatok mulai dari Rp110 ribuan hingga Rp900 ribuan per malam.

 

 

2. MALANG

Malang Raya terus menjadi destinasi wisata yang diminati masyarakat. Selain kondisi alamnya yang asri dan biaya hidup yang terjangkau, Malang Raya memiliki sejumlah destinasi wisata keluarga yang asyik. Di pagi hari, Sahabat Fimela dan keluarga bisa berkunjung ke Kusuma Agro Wisata untuk menikmati wisata alam dan edukasi.

Jangan lupa untuk memetik apel di sana, ya! Setelah itu, Jatim Park 1, 2, dan 3 adalah rekomendasi berikutnya untuk menikmati berbagai wahana hiburan hingga melihat satwa di kebun binatang. Di siang hari, mampirlah sejenak untuk melihat berbagai koleksi mobil klasik di Museum Angkut. Setelah itu, isi perut Sahabat Fimela dan keluarga dengan menikmati sajian kuliner lezat di Alun-alun Kota Batu.

Selesai makan, lanjutkan perjalanan turun ke Kota Malang untuk melihat Kampung Warna-warni Jodipan dan wisata belanja di sejumlah mal di pusat kota. Pada sore hingga malam hari, Sahabat Fimela dan keluarga bisa berkunjung ke Alun-alun Kota Malang untuk menikmati keasrian kota ini hingga sajian kuliner kaki lima di sekitarnya.

Untuk menuju Malang, ada dua alternatif transportasi yang bisa digunakan. Pertama, pesawat terbang. Tiket termurah relasi Jakarta - Malang bisa didapatkan mulai dari Rp1,3 jutaan dengan maskapai Citilink dan Batik Air. Kedua, kereta api. Dari Jakarta - Malang, tiket kereta termurah bisa Sahabat Fimela dapatkan mulai dari Rp295 ribu dengan menggunakan kereta api Matarmaja. Sedangkan untuk harga akomodasi hotel bintang dua hingga bintang tiga di Malang pada periode Nataru yaitu sekitar Rp100 ribuan sampai Rp1 jutaan per malam.

 

 

3. BALI

Pulau Dewata ini wajib menjadi destinasi liburan favorit keluarga. Selama di sini, Sahabat Fimela bisa berwisata ke Green Village Bali untuk menikmati pemSahabat Fimelangan sempurna rumah-rumah dari bambu yang indah dan menyatu dengan alam Bukit Ayung. Setelah itu, bawalah keluarga Sahabat Fimela menelusuri Bali Safari Park untuk berinteraksi langsung dengan hewan-hewan, seperti zebra, kuda nil, gajah, dan lainnya. Di tengah teriknya siang hari, mencoba berbagai wahana air di Waterboom Bali bisa menjadi pilihan wisata yang menyegarkan.

Jelang sore hari, ajak keluarga Sahabat Fimela untuk melihat matahari terbenam sembari menonton tarian tradisional Bali di Uluwatu Temple Sunset & Kecak Fire Dance. Setelah itu, berbaurlah dengan masyarakat lokal sambil berbelanja dan menikmati kuliner malam di Ubud Night Market.

Jika ingin bepergian ke Bali jelang akhir tahun, Sahabat Fimela bisa mendapatkan tiket pesawat Jakarta - Bali termurah mulai dari Rp1,2 jutaan untuk maskapai penerbangan Air Asia dan TransNusa. Sedangkan untuk kisaran harga hotel bintang dua hingga bintang tiga di Bali yaitu mulai dari Rp100 ribuan sampai Rp5 jutaan per malam.

 

 

4. YOGYAKARTA

Kota Jogja kerap menjadi destinasi yang dirindukan dengan berbagai kekayaan tempat wisatanya, mulai dari alam, kuliner, budaya, hingga belanja. Ajak keluarga Sahabat Fimela berkunjung ke Desa Wisata Rumah Domes atau Kampung Teletubbies untuk berinteraksi dengan warga setempat yang ramah sambil melihat bangunan rumah unik seperti Igloo –rumah khas suku Eskimo dengan warna-warna yang menarik–. Setelah itu, Sahabat Fimela bisa melanjutkan perjalanan ke Gembiraloka Zoo yang menyajikan wisata edukatif seputar satwa-satwa yang dilindungi.

Untuk makan siang, ada sejumlah restoran keluarga dengan pemSahabat Fimelangan cantik di Yogyakarta, seperti Abhayagiri Restaurant, Warung Watoe Gadjah, De Tropen Jogja Kitchen, dan Secret Garden Coffee and Chocolate. Selanjutnya, Sahabat Fimela dan keluarga bisa mencicipi es krim lezat di Ice Cream World Jogja.

Di sore hari, bermain dan berfoto di spot ala negeri dongeng yang ada di The Lost World Castle atau berkunjung ke Candi Prambanan bisa menjadi pilihan berikutnya. Sementara di malam hari, Sahabat Fimela bisa menikmati gemerlap malam Kota Jogja di Taman Pelangi atau menjelajah spot Instagenic di HeHa Ocean View.

Ada tiga pilihan transportasi menuju Jogja, yakni pesawat, kereta api, dan bus & travel. Jika Sahabat Fimela memilih pesawat, kisaran tarif terendah relasi Jakarta - Yogyakarta keberangkatan periode Nataru yaitu mulai dari Rp750 ribuan untuk maskapai TransNusa dan Super Air Jet. Sedangkan kereta api, tiket termurah ke Jogja bisa didapatkan mulai dari Rp190 ribuan untuk kereta Bogowonto kelas Ekonomi. Sementara tiket bus & travel termurah dari Jakarta menuju Jogja yaitu sebesar Rp165 ribuan per orang.

 

 

5. BOGOR

Bogor dan sekitarnya sering menjadi pilihan utama masyarakat perkotaan untuk tempat liburan, termasuk pada periode Nataru. Akses ke Bogor terbilang mudah, yakni menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil serta naik KRL Commuter Line relasi Stasiun Kota - Stasiun Bogor.

Di pagi hari, Sahabat Fimela bisa membawa keluarga ke Melrimba Garden untuk menikmati pemSahabat Fimelangan asri dan melakukan fun fishing, strawberry picking hingga outbond. Setelah itu, ajak juga keluarga menaiki kuda dengan memakai kostum ala abad pertengahan Eropa, bermain panahan, sampai berfoto dengan latar spot Instagramable di The Ranch Cisarua.

Di siang hingga sore hari, Sahabat Fimela bisa menuju Cimory Dairyland untuk berinteraksi dengan hewan-hewan menggemaskan hingga berfoto di replika rumah-rumah ala The Hobbit. Setelah itu, turun ke pusat kota menuju Kebun Raya Bogor untuk melepas penat sambil berpiknik ria dan melihat pemSahabat Fimelangan yang sangat asri. Di malam hari, aktivitas bisa dilanjutkan dengan jelajah kuliner di Jalan Surya Kencana yang dikenal sebagai pecinan Kota Bogor. Beberapa rekomendasi kuliner di sana, seperti Bakso Kikil Pak Jaka; Cungkring Pak Jumat; Sate Sumsum Pak Oo hingga Nasi Goreng Guan Tjo.

Bagaimana? Sahabat Fimela tertarik mewujudkan ide-ide wisata di atas untuk mengisi liburan Nataru bersama keluarga? Jika ya, ayo persiapkan rencana perjalanan Sahabat Fimela dari sekarang.

Temukan berbagai promo menarik untuk #PegipegiLagi #PegipegiYuk ke destinasi impian agar lebih hemat! Jangan lupa, selalu jaga protokol kesehatan kapan pun dan di mana pun demi keamanan, kenyamanan, dan kesehatan Sahabat Fimela selama liburan.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading