Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghadapi Orang Bodoh yang Sok Pintar

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup kita akan bertemu banyak orang dengan berbagai macam karakter dan kepribadian. Sungguh menyenangkan jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang senantiasa punya semangat dan energi positif. Yang merepotkan adalah ketika menghadapi orang bodoh yang sok pintar.

Mencari cara menghadapi orang bodoh yang sok pintar tanpa membuat diri sendiri tampak bodoh bisa cukup sulit. Meskipun begitu, ada sejumlah strategi sederhana yang bisa dicoba agar bisa tetap tenang dan elegan menghadapi orang yang sok pintar. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Beri Respons Singkat Saja

Saat dia mulai menunjukkan sikapnya yang sok pintar, kamu bisa merespons singkat dan secukupnya saja. Setujui dan iyakan saja kata-katanya. Tak perlu memberi ruang atau panggung untuknya. Biarlah dia menelan sendiri hal-hal yang sebenarnya membuat dirinya sendiri tampak bodoh.

2. Nyatakan Fakta-Fakta

Kalau ingin membuatnya sadar diri, kamu bisa coba menyampaikan fakta-fakta. Orang bodoh yang sok pintar biasanya suka mengarang cerita dan mengada-ada. Bahkan dia bisa membumbui kata-katanya dengan berbagai macam kebohongan. Kalau kamu cukup mengerti dengan topik yang ia sampaikan dan tahu ada fakta yang perlu diluruskan, kamu bisa menyampaikannya.

3. Tanggapi dengan Pertanyaan Baru

Kalau dia memang pintar, dia pasti bisa menanggapi pertanyaanmu dengan tenang. Atau kalau dia memang belum bisa menjawab pertanyaanmu, dia akan berusaha jujur. Sedangkan orang bodoh yang sok pintar biasanya akan makin panik sendiri ketika mulai ditanyai hal-hal baru. Bahkan dia bisa makin mengarang cerita dan omongannya makin tak tertarah saat tak mau mengakui kebenaran yang ada.

 

 

4. Ajak untuk Memahami Hal Baru Bersama

Kamu bisa memposisikan diri sebagai orang yang memang tak tahu dengan hal yang sedang disampaikan. Dari sini, kamu bisa mencoba untuk mengajaknya melakukan hal baru bersama. Bisa juga mengajaknya untuk menguji hal yang ia sampaikan. Dengan begitu, kamu bisa lebih paham dengan jalan pikiran dan karakter dirinya yang sesungguhnya.

 

 

5. Sampaikan Kejujuran

Kalau kamu merasa tak nyaman dengan sikapnya yang sok pintar, kamu bisa mencoba untuk lebih jujur padanya. Sampaikan bahwa kamu tak akan mempermalukan atau membuatnya tampak konyol hanya karena ada hal yang belum dipahami dengan baik olehnya. Dengan kejujuran dan keterbukaan dalam berkomunikasi ini, kamu bisa lebih tenang dan tidak gampang emosi menghadapi orang bodoh yang sok pintar.

Itu tadi 5 cara yang bisa dicoba dalam menghadapi orang bodoh yang sok pintar. Semoga bisa jadi informasi yang cukup bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading