Sukses

Lifestyle

Bikin Nggak Percaya Diri, Ini 6 Tips untuk Menghadapi Rasa Terlalu Sadar Diri

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela sering berpikir tentang bagaimana orang lain melihat dirimu atau khawatir membuat orang lain kesal? Kamu mungkin lebih sadar diri daripada orang lain. Menjadi sadar diri melibatkan perasaan yang paling dalam. Kamu mungkin merasa semua orang di sekitarmu mengamati setiap gerakanmu. Kamu mungkin merasa orang menilaimu.

Ketika pikiran sadar diri mulai mengganggu hidupmu, mungkin ada gunanya membuat beberapa perubahan. Ini mungkin memakan waktu, tetapi belajar bagaimana berhenti menjadi terlalu sadar diri dan merangkul penerimaan diri bisa kamu lakukan. Lalu, bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Akui Kekuatanmu

Untuk menjadi kurang sadar diri, kamu mungkin merasa terbantu untuk mengakui kekuatanmu. Apakah kamu kesulitan mengenali bakat dan kemampuanmu? Cobalah untuk membuat daftar hal-hal yang kamu kuasai. Selain itu buat juga daftar hambatan yang telah kamu atasi dan tujuan yang telah kamu capai. Hal ini dapat membantumu dapat melikir dan mengingat siapa dirimu sebenarnya.

2. Mengubah Pikiran Negatifmu

Pembicaraan diri sendiri yang negatif tentang hal-hal yang membuatmu sadar diri dapat diputar ulang berulang kali di pikiran. Lingkaran pikiran negatif dapat menghasilkan lebih banyak pikiran negatif, yang pada akhirnya memengaruhi kesehatan mental dan mengacaukan kepercayaan dirimu.

3. Pahami Bahwa Tidak Semua Orang Melihat Apa yang Kamu Lihat

Hal-hal yang biasanya membuat kita sadar sering kali kecil dan tidak begitu mudah diperhatikan oleh orang lain. Cobalah untuk mengingatkan diri sendiri bahwa orang tidak memikirkan dan membicarakanmu seperti yang kamu pikirkan. Dengan mengakui bahwa tidak semua orang melihat apa yang kamu lihat, kamu mungkin dapat menghilangkan sebagian dari kekuatan perasaan sadar diri itu.

4. Kembangkan Pola Pikir Positif

Sama seperti membingkai ulang pikiran negatif menjadi positif, kamu mungkin juga merasa terbantu untuk mengembangkan pola pikir positif dengan menggunakan afirmasi positif. Sangat disarankan agar kamu mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu cukup baik dengan caramu sendiri. Cobalah untuk mengingatkan diri sendiri bahwa kamu memiliki banyak sifat baik yang mungkin tidak dimiliki orang lain.

5. Belajar Menerima Kekurangan

Menerima kekurangan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tapi kedamaian bisa datang dari menerima kekurangan yang kamu rasakan. Jangan dengarkan kritik batinmu, itu akan selalu berbicara hal negatif tentang dirimu. Cobalah untuk menerima apa adanya sembari memvalidasi pikiran dan perasaanmu.

6. Berhenti Membandingkan Diri

Ketidakamanan sering datang dari membandingkan dirimu dengan orang lain. Penting untuk berhenti membandingkan diri dengan orang lain karena itu bisa membuatmu semakin sadar diri. Jangan mencoba mengejar semua orang di sekitarmu.

Nah, untuk mengatasi masalah terlalu sadar diri, lebih baik mencoba untuk menerima setiap kekurangan dan kelebihan. Untuk membuatmu lebih percaya diri lakukan hal-hal yang selama ini kamu sukai. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading