Sukses

Lifestyle

Jadwal, Niat dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh Januari 2023

Fimela.com, Jakarta Puasa Ayyamul Bidh merupakan salah satu amalan sunah dalam agama Islam. Ini merupakan amalan puasa yang disunahkan untuk dikerjakan umat muslim. Puasa sunah ini dilaksanakan setiap pertengahan bulan (qomariyah) dalam kalender Hijriah. Tepatnya pada tanggal 13, 14 dan 15 di setiap bulannya, selama 12 bulan. Ayyamul Bidh sendiri memiliki makna malam yang cerah. Itu artinya, puasa ini dilaksanakan di malam yang cerah yakni di malam bulan purnama. 

Sama dengan puasa sunah lainnya, puasa Ayyamul Bidh sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Mengutip dari lama  nu.or.id, pausa sunah ini memiliki banyak manfaat. Ini merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dan sangat baik jika dilaksanakan.  

Dalam hadis riwayat An. Nasa’i, “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: 'Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (ayyamul bidh) baik di rumah maupun dalam bepergian'." (HR an-Nasa'i dengan sanad hasan).

Kapan Ayyamul Bidh di Bulan Januari 2023?

Bagi umat muslim yang hendak melaksanakan puasa Ayyamul Bidh di bulan Januari 2023 ini, ia bisa melaksanakannya di tanggal 13, 14 dan 15 bulan Jumadil Akhir sesuai kalender Hijriah. Tanggal ini sendiri bertepatan dengan tanggal 6, 7 dan 8 Januari 2023 pada kalender Masehi. 

Berikut adalah rincian waktu untuk melaksanakan puasa Ayyamul Bidh di bulan Januari. 

  • 13 Jumadil Akhir 1444 H : Jumat, 6 Januari 2023
  • 14 Jumadil Akhir 1444 H : Sabtu, 7 Januari 2023
  • 15 Jumadil Akhir 1444 H : Minggu, 8 Januari 2023

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Sama seperti puasa wajib atau pun sunah lainnya, puasa Ayammul Bidh diwajibkan untuk diawali dengan niat. Niat ini bisa dibaca secara lisan dan dalam hati saat malam hari hingga menjelang waktu imsak. Sama seperti puasa wajib, puasa Ayyamul Bidh tidak ada keringanan untuk diniati sejak pagi. Ini mengingat bahwa puasa Ayyamul Bidh adalah puasa mu’ayyan atau yang dikaitkan dengan waktu tertentu. 

Berikut niat puasa Ayyamul Bidh:

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ayyâmil biidl lilaahi ta'aalaa.

Artinya: "Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta'ala."

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Adapun keutamaan dari puasa Ayyamul Bidh antara lain sebagai berikut: 

  • Puasa Ayyamul Bidh merupakan ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. 
  • Mendatangkan pahala yang berlipat ganda. 
  • Melatih seseorang untuk lebih sabar dalam menahan hawa nafsu. 
  • Puasa sunah ini dikatakan mampu menghapus dosa-dosa yang kita perbuat selama satu tahun terakhir.
  • Meningkatkan ketaqwaan pada Allah SWT. 
  • Menjadikan seseorang yang lebih bijak dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ini mengingat jika puasa melatih seseorang untuk menjauhi segala perbuatan dosa. 
  • Meningkatkan kesehatan fisik pun psikis. 

Itulah sekilas mengenai puasa Ayyamul Bidh, khususnya yang dilaksanakan di bulan Januari  2023. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading