Sukses

Lifestyle

Merasa Waktu Berjalan Terlalu Cepat? Ini yang Bisa Kita Lakukan untuk Memperlambatnya

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu merasa waktu berjalan terlalu atau bahkan sangat cepat? Baru kemarin tahun 2022, sekarang kita sudah memasuki tahun 2023.

Semakin dewasa, banyak orang berpikir jika waktu tampak semakin cepat dan kecepatannya menakutkan. Waktu yang tampaknya semakin cepat, salah satunya adalah bertambahnya usia, dan waktu terasa melambat saat kita dihadapkan pada lingkungan dan pengalaman yang baru.

Kedua hal tersebut, disebabkan oleh faktor dasar yang sama. Hubungan antara pengalaman kita akan waktu dan jumlah informasi (termasuk persepsi, sensasi, dan pikiran) yang diproses oleh pikiran kita.

Semakin banyak informasi yang diserap, semakin lambat waktu berlalu. Hal ini sebagian menjelaskan mengapa waktu berlalu begitu lambat bagi anak-anak dan tampaknya semakin cepat seiring bertambahnya usia, seperti ditulis Today.

 

 

Hal yang Membuat Waktu Terasa Lebih Cepat

Bagi anak-anak, dunia adalah tempat yang menarik, penuh pengalaman baru, dan sensasi menyenangkan. Seiring bertambahnya usia, kita memiliki lebih sedikit pengalaman baru dan dunia di sekitar kita menjadi semakin akrab.

Kita menjadi peka terhadap pengalaman kita, yang berarti bahwa, kita memproses lebih sedikit informasi, dan waktu terasa lebih cepat. Sebab itu, pengalaman kita tentang waktu harus berkembang di lingkungan yang tidak dikenal, karena di sinilah pikiran kita memproses lebih banyak informasi dari biasanya.

Saat pergi ke negara baru, kita jauh lebih peka pada lingkungan. Semuanya asing dan baru, jadi kita lebih memperhatikan dan menyerap lebih banyak informasi. 

Sama halnya saat kita menghabiskan satu hari di kursus pelatihan, mempelajari hal-hal baru dengan sekelompok orang yang tidak dikenal. Rasanya lebih banyak waktu telah berlalu daripada jika kita tetap tinggal di rumah mengikuti rutinitas normal kita.

 

Hal yang Memperlambat Waktu

Jadi, saat waktu bergulir terlalu cepat, cobalah dengan bepergian ke tempat baru, memberi diri kita tantangan, bertemu orang baru, membuka pikiran pada informasi baru, hobi, keterampilan, dan sebagainya. Ini akan meningkatkan jumlah informasi yang diproses pikiran kita dan memperluas pengalaman kita tentang berlalunya waktu. 

Lalu, kita dapat memperlambat waktu dengan melakukan upaya sadar untuk lebih ‘mengingat’ pengalaman kita. Mindfulness berarti memberikan seluruh perhatian kita pada sebuah pengalaman.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading