Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Gampang Direndahkan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Kita tak bisa mengendalikan cara orang memperlakukan kita. Kita punya keterbatasan dalam hal itu. Namun, kita masih punya kendali dalam mengatur respons kita terhadap perlakuan orang terhadap kita.

Dalam menjalani hidup, kita pun mungkin akan bertemu dengan orang-orang yang berniat buruk pada kita dan suka merendahkan kita. Menyikapi dan menghadapi situasi ini memang tak mudah. Namun, kita bisa berupaya membekali diri dengan mental yang lebih kuat agar tidak gampang direndahkan orang lain.

 

 

 

1. Hargai Diri Sendiri

Hargai dirimu sendiri lebih dulu. Kenali kelebihan dan kekurangan diri, dan berusahalah untuk fokus melakukan yang terbaik untuk dirimu lebih dulu. Mengutip buku How to Respect Myself, kini adalah masanya harga diri harus dijaga oleh diri sendiri. Salah satu upaya untuk menghargai diri sendiri adalah dengan mencintai diri sendiri sebaik mungkin. Saat kita sudah tahu nilai diri kita, maka kita takkan gampang terpuruk menghadapi orang yang suka mencari kesalahan kita dengan alasan yang tak masuk akal.

 

 

2. Berdamai dengan Ketidaksempurnaan Diri

Mengutip buku Merawat Luka Batin, manusia sangat wajar melakukan kesalahan, mengalami kegagalan, merasa gugup, tidak cakap dalam hal tertentu, atau marah. Orang yang merendahkanmu atau ingin menjatuhkanmu biasanya hanya melihat kekurangan atau ketidaksempurnaanmu. Di sini, kamu tak perlu bersedih berkepanjangan sebab memang kamu sendiri memiliki sisi yang tak sempurna, dan ini adalah hal yang wajar. Ketidaksempurnaan merupakan bagian dari diri dan menjadi motivasi tersendiri untuk mendorong kita menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

 

 

3. Berusaha Menjadi Perempuan yang Berdaya

Kamu bisa berusaha menjadi perempuan yang berdaya dengan kemampuan yang kamu punya. Bisa memiliki penghasilan dan mencukupi kebutuhan dasar dapat menjadi salah satu kelebihan dan kekuatanmu sendiri. Orang yang berniat merendahkanmu akan minder sendiri saat tahu dirimu memiliki kemampuan berdiri di atas kaki sendiri.

 

 

4. Berani Bersikap Tegas

Kalau kamu tak suka diperlakukan buruk dan tak adil oleh seseorang, kamu bisa menyampaikan isi hati dan perasaanmu. Keberanianmu bersikap tegas bisa membuat orang di sekitarmu bisa lebih tahu diri. Setidaknya dengan keberanianmu ini, kamu pun jadi bisa menyaring siapa saja yang memang bisa memberi pengaruh baik padamu dan siapa saja yang hanya akan memperburuk keadaan.

 

 

5. Fokus Jalani Hidup Sebaik Mungkin

Apa pun yang kamu lakukan, apa pun pilihan yang kamu ambil dalam hidup, akan selalu saja ada orang yang menyalahkan atau melihat sisi buruknya. Seakan apa pun yang kamu lakukan akan selalu salah. Jadi, daripada buang-buang waktu mengurusi orang-orang toxic, mending fokus jalani hidup sebaik mungkin. Tetaplah bahagia dengan caramu sendiri, maka orang yang hanya ingin melihatmu jatuh bisa insecure sendiri.

Semoga kamu senantiasa diberi hati dan mental yang kuat dalam menjalni hidup, ya. Terima kasih sudah melakukan semua yang terbaik hingga titik ini.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading