Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Banyak dari kita cenderung membandingkan diri kita dengan orang lain. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketika kamu sesekali membandingkan diri dengan teman atau rekan kerjamu, tidak ada salahnya, karena perbandingan seperti itu membantumu menjadi lebih kuat dan lebih baik dan tetap termotivasi untuk mencapai tujuan. Namun, jika kamu terus-menerus membandingkan diri dengan orang lain, itu adalah tanda bahaya.

Perlu diketahui bahwa membandingkan diri tidak akan membawamu pada kebahagiaan. Membandingkan dapat merusak hidup, dan kamu bahkan tidak akan menyadari alasan mengapa kamu begitu menderita.

Nah, berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu secara tidak sadar kerap membandingkan diri dengan orang lain. Seperti apa tanda-tandanya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Berkubang dengan Masa Lalu

Jika Sahabat Fimela membandingkan diri dengan masa lalu dalam hidup dan kamu percaya bahwa masa lalumu lebih baik daripada masa kini dan mantan atau temanmu lebih bahagia daripada denganmu saat ini, itu pertanda pasti bahwa kamu secara tidak sadar membandingkan diri dengan orang lain. Pertama, masa lalu tidak sebaik yang kamu pikirkan sekarang, dan pasti ada masa-masa sulit dan masalah. Kedua, mantan atau temanmu mungkin tidak sesukses dan sebahagia yang kamu kira. Jangan percaya pada ilusi dan berhenti memikirkan masa lalumu. Fokus pada saat ini dan nikmati momen bahagia dan buruk baru dalam hidupmu, bukan momen masa lalu.

2. Sering Menyalahkan Orang Lain

Masalah utama masyarakat modern adalah orang menjadi lebih egois. Kita sering menghakimi orang lain, kita tidak menghormati orang di sekitar kita dan berpikir bahwa kita lebih baik dari mereka. Jika kamu memiliki kebiasaan menghakimi atau menyalahkan orang lain, kamu harus menghentikannya. Itu adalah tanda perbandingan yang jelas namun terabaikan. Kamu hanya membela diri dan mencoba meningkatkan kepercayaan diri dengan menilai orang lain.

3. Melampiaskan Kemarahan Kepada Orang Lain

Orang yang terus-menerus membandingkan diri mereka dengan orang lain mereka merasa tidak bahagia. Orang yang tidak bahagia cenderung melampiaskan perasaan marah mereka kepada orang yang mereka hormati dan cintai. Tidak, mereka tidak menyakiti mereka atau membuat mereka tidak bahagia. Mereka hanya melakukannya tanpa sadar. Mulailah hentikan kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain dengan melepaskan amarah.

4. Terus Berpikir Tentang Uang

Apakah Sahabat Fimela puas dengan situasi keuangan? Apakah kamu ingin menghasilkan lebih banyak uang karena temanmu memiliki gaji yang lebih tinggi daripadamu? Kamu tidak memperhatikan hal-hal yang sudah kamu miliki dan kamu tidak puas dengan keseluruhan hidupmu. Kamu mengira tetangga, teman, saudara, dan rekan kerjamu memiliki kehidupan yang lebih baik karena mereka mampu membeli mobil baru, telepon baru, atau pakaian mahal. Tapi, apakah kamu yakin mereka benar-benar mampu membeli semua itu?

5. Sulit untuk Mencintai Diri Sendiri

Jika kamu tidak mencintai diri sendiri, itu adalah salah satu tanda peringatan bahwa kamu secara tidak sadar membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Pelajari cara mencintai tubuhmu, menerima diri sendiri, dan mencintai diri sendiri. Kamu istimewa dan benar-benar cantik tanpa memandang usia, berat, dan tinggi badanmu.

Nah, dari beberapa tanda di atas, apakah Sahabat Fimela pernah mengalaminya. Jika mungkin merasa kerap membandingkan diri, akan lebih baik untuk belajar mencintai diri sendiri, ini jauh lebih baik. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading