Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Bisa Lebih Mudah Bangun Pagi tanpa Tertekan

Fimela.com, Jakarta Kesibukan yang padat dan pekerjaan yang rasanya tak ada habisnya kadang membuat kita sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Belum lagi dengan kebiasaan begadang yang bisa sangat memengaruhi kondisi kesehatan. Untuk bisa bangun pagi pun rasanya makin sulit.

Walau mungkin awalnya terasa berat, tapi kebiasaan bangun pagi bisa diterapkan kembali dengan melakukan sejumlah cara. Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa dicoba agar bisa lebih mudah bangun pagi.

1. Tidur Malam Lebih Awal

Untuk bisa bangun lebih pagi, perlu upaya untuk tidur malam lebih awal. Coba atur jadwal untuk bisa tidur malam lebih awal dari biasanya. Walau mungkin belum merasa mengantuk karena terbiasa begadang hingga larut, coba rebahkan tubuh di atas kasur lebih dulu agar bisa tidur lebih awal.

 

 

2. Terapkan Chunk Down

Soal membangun kebiasaan pagi, seperti yang dipaparkan di buku Hello, Habits ini kita bisa menggunakan cara yang disebut chunking down. "Melakukan chunk down adalah membagi-bagi chunk berukuran besar menjadi beberapa chunk ukuran kecil," terang Fumio Sasaki.

Dalam praktiknya dalam membangun kebiasaan bangun pagi misalnya, kita bisa membuat semacam ritual tahapan-tahapan yang perlu dilakukan untuk segera bangun, antara lain mula-mula membuka mata, buka sebagian selimut, duduk tegak di tempat tidur, turun dari tempat tidur, dan berjalan menjauhi tempat tidur.

Jadi, ketika kita akan bangun pagi, kita tidak langsung membayangkan betapa beratnya mengangkat tubuh dari tempat tidur, tapi mengikuti langkah-langkah awal dari membuka mata hingga berjalan menjauhi tempat tidur.

 

 

3. Siapkan Hal Menyenangkan untuk Dilakukan Pagi Hari

Punya menu sarapan favorit? Atau sedang menyukai lagu tertentu karena bisa bikin semangat naik lagi? Coba siapkan hal itu itu dinikmati pada pagi hari. Sehingga saat membuka mata di pagi hari, kamu tidak akan merasa malas sebab sudah ada hal menyenangkan untuk dilakukan dengan segera.

 

 

4. Coba Lagi meski Masih Gagal

Sudah pasang alarm untuk bangun pagi tapi masih sering kelewat dan bangun kesiangan? Masih sering memilih tidur lagi meski sudah sempat membuka mata lebih awal di pagi hari? Kegagalan ini jangan sampai membuatmu menyerah.

Mengutip buku Hello, Habits, ""Membuat sesuatu menjadi kebiasaan sungguh berbeda dengan mempelajari sesuatu dengan menggunakan kesadaran, seperti ketika kita mendengarkan ceramah atau mengikuti seminar. Artinya mempraktikkan sesuatu berulang-ulang untuk benar-benar menulis ulang sel-sel saraf di dalam otak." Terus coba lagi dari hari ke hari agar jadi kebiasaan yang mudah dilakukan. Setidaknya bisa bangun 15 menit lebih awal dari hari sebelumnya sudah bisa diapresiasi.

 

 

5. Minum Air Putih pada Pagi Hari

Saat bangun di pagi hari, coba segera minum air putih. Tubuh yang bisa langsung terasa segar dengan segelas air putih akan lebih mudah untuk diajak bersiap menyambut hari. Bangun pagi akan terasa lebih mudah saat kita sudah mempersiapkan tubuh dengan baik.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk membangun kebiasaan bangun pagi tanpa merasa tertekan. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading