Sukses

Lifestyle

Survei Sebut 2 dari 3 Masyarakat Indonesia Jadi Lebih Religius Secara Online di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Ibadah menjadi rutinitas utama yang dilakoni masyarakat muslim di masa Ramadan. Dimulai dari berpuasa, tarawih, hingga membaca ayat Al-Quran. Itu sebabnya, masyarakat Indonesia cenderung menjadi lebih religius di masa Ramadan.

Uniknya, masa pandemi sedikit mengubah pola perilaku religius masyarakat Indonesia. Di mana sikap religius ini didorong oleh aktivitas online yang dilakukan.

Dalam survei yang dilakukan The Trade Desk dan YouGov menunjukkan 2 dari 3 orang akan lebih banyak melakukan aktivitas religi secara online dengan menggunakan aplikasi maupun media online di bulan Ramadan.

 

Aktivitas religi online

Aktivitas religi online yang dilakukan terdiri dari membaca Al-Quran online, mendengarkan podcast atau membaca buku seputar pengetahuan Islam secara online, serta membayar zakat fitrah secara online melalui e-commerce. Aplikasi online di kategori Muslim pun menjadi naik daun.

Mengakses aktivitas religi secara online banyak dilakukan di waktu sahur, jelang berbuka, dan setelah berbuka. Mengakses aktivitas religi sebelum berbuka menjadi sarana masyarakat untuk mencari ketenangan dan rehat dari aktivitas sehari-hari.

 

Konten religi membludak

Terlihat dari konten-konten religi yang dikonsumsi masyarakat selama Ramadan. 36% masyarakaat Indonesia akan mengakses video streaming selama Ramadan. Melihat tren ini, Vidio.com pun mempersiapkan diri untuk menghadirkan konten-konten yang akan diminati di masa Ramadan. Terlebih, tahun ini menjadi Ramadan pertama setelah siaran analog resmi ditutup.

"Konsistensi dan promosi menjadi kunci kami untuk memanfaatkan peluang. Tentu setelah analog switch off memberikan peningkatan user dan watcher. Kami menggarap original content, ada dua judul untuk Ramadan," kata Tengku M. Rizaldi, selaku Head of Sales EMTEK Digital.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading