Sukses

Lifestyle

7 Tanda Kamu Sudah Bisa Berpikir Dewasa dan Bijaksana

Fimela.com, Jakarta Kedewasaan seseorang, kerap dikaitkan dengan usia. Padahal, usia yang matang belum tentu membuat seseorang berpikir dewasa. Sebaliknya, usia yang masih belia tidak jarang sudah mampu berpikir dewasa dan bijaksana. Ada banyak hal yang meningkatkan kedewasaan dan sikap bijaksana seseorang. Umumnya, pengalaman dan keadaan sehari-hari adalah pembentuk kedewasaan yang utama. 

Kira-kira, bagaimana tanda seseorang ketika ia telah berpikir dewasa dan bijaksana? Berikut sedikitnya 7 tanda ketika seseorang sudah mampu berpikir dewasa dan bijaksana.

Berpikir Positif

Tanda pertama ketika seseorang berpikir dewasa adalah berpikir positif. Seseorang yang telah memiliki emosional yang matang, akan lebih tenang dan bijak dalam berpikir. Ia kerap berpikir positif meski dalam keadaan paling terdesak sekalipun. Pikiran positif adalah tanda bahwa seseorang telah mampu berpikir secara rasional dan terbuka. 

Mampu Mengendalikan Emosi dengan Baik

Orang yang telah berpikir dewasa dan bijaksana, adalah ketika ia mampu mengendalikan emosi dengan baik. Pengendalian emosi yang baik menunjukkan bahwa orang tersebut mampu mengolah perasaan dengan baik pula. Orang yang dewasa, tahu betul bagaimana ia bersikap dan mengendalikan emosinya di mana pun ia berada. 

Tenang dalam Menyelesaikan Setiap Masalah

Orang yang telah dewasa dan bijaksana, akan ditunjukkan dengan sikapnya yang tenang dalam menyelesaikan masalah. Orang-orang yang tenang, menunjukkan bahwa ia bisa mengelola perasaan dengan sebaik mungkin. Ketenangan adalah salah satu bentuk tanda bahwa seseorang berpikir positif, rasional dan terencana..

Mau Menerima Kritik dan Saran

Tanda kedewasaan selanjutnya adalah mau menerima kritik dan saran. Dengan penerimaan ini, berarti seseorang mau belajar mengoreksi dirinya sendiri. Orang tersebut mau mendengar orang lain dan berusaha menjadi yang terbaik ke depannya. Jika dirimu tak lagi marah saat ada kritik dan saran yang datang, besar kemungkinan kamu sudah bisa berpikir secara lebih dewasa. 

Tanggung Jawab

Tanda selanjutnya adalah sikap tanggung jawab. Kamu yang bertanggung jawab penuh akan segala sesuatu yang kamu lakukan, ini menunjukkan kamu pribadi yang dewasa dan bijaksana. Kamu pun menunjukkan bahwa kamu pribadi yang bisa dipercaya. 

Punya Rencana Jelas ke Depannya

Apakah kamu punya rencana jelas untuk masa depanmu? Jika iya, itu salah satu tanda bahwa kamu telah mampu berpikir dewasa dan bijaksana. Saat kamu memiliki rencana masa depan yang jelas dan baik, itu berarti kamu telah memikirkan segala hal untuk jangka panjang. 

Orang Lain Mengakui Kedewasaan dan Kebijaksanaanmu

Ketika orang lain telah mengakui kedewasaan dan kebijaksanaanmu, itu artinya kamu memang benar-benar sudah dewasa. Pengakuan dari orang lain adalah tanda jelas terkait kedewasaan dan kebijaksanaan seseorang. 

Itulah sekian tanda bahwa kamu adalah pribadi yang dewasa serta bijaksana. Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga, perlahan kita bisa menjadi pribadi yang cukup dewasa serta bijaksana.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading