Sukses

Lifestyle

5 Cara Hidup Tetap Bahagia meski Waktu Luang Sedikit

Fimela.com, Jakarta Kesibukan yang padat dan aktivitas yang tak ada habisnya memang bisa sangat melelahkan. Sedikitnya waktu luang pun kadang membuat kita merasa gampang stres. Kalau sudah begini, untuk bahagia pun rasanya makin sulit.

Tapi benarkah harus punya banyak waktu luang lebih dulu baru bisa bahagia? Ketika waktu luang sedikit, sebenarnya kita masih bisa mencari dan menemukan kebahagiaan kita sendiri. Caranya bisa dimulai melalui hal-hal sederhana berikut ini.

1. Berhenti Mengeluh Berlebihan

Mengutip buku Hello, Habits menurut penelitian yang dilakukan pemerintah Jepang, tingkat kebahagiaan kita menurun jika kita memiliki lebih dari tujuh jam bebas. Dengan kata lain, berlimpahnya waktu dan kebebasan untuk melakukan hal-hal yang kita inginkan bukan syarat mutlak merasa bahagia. Di saat waktu luang sedikit, tak perlu mengeluh atau komplain terus. Coba untuk lebih fokus menghargai setiap waktu yang dimiliki.

 

 

2. Selipkan Hal-Hal Kecil yang Bisa Membuatmu Tersenyum

Dalam keseharian yang padat, kamu bisa menyelipkan hal-hal kecil yang bisa membuatmu tersenyum. Bisa menikmati makanan kesukaan di tengah aktivitas dan kesibukan yang padat bisa hadirkan kebahagiaan sendiri. Masih bisa terhubung dengan sahabat dekat walau hanya lewat media sosial juga bisa hadirkan rasa senang. Tak harus menunggu terjadinya hal-hal besar untuk bisa bahagia.

 

 

3. Hadirkan Hati yang Lebih Banyak Bersyukur

Masih bisa beraktivitas dan melakukan hal-hal yang produktif menjadi hal yang perlu disyukuri. Mungkin ada waktu istirahatmu yang berkurang karena kesibukanmu yang padat, tetapi itu bukan penghalangmu untuk bersyukur. Syukuri saja semua yang sudah ada dan masih ada. Maka, hatimu akan terasa lebih lapang dan rasa bahagia bisa hadir dengan sendirinya.

 

 

4. Kerjakan Hal-Hal yang Masih Bisa Diupayakan Sebaik Mungkin

Dalam sehari, kita punya 24 jam. Bukan berarti semua waktu itu digunakan untuk bekerja atau hanya bersantai. Perlu ada pembagian waktu yang tepat. Penting memiliki manajemen waktu yang baik agar bisa beraktivitas lebih baik serta rasa bahagia bisa hadir dengan lebih mudah.

 

 

5. Prioritaskan Kesehatan Sebaik Mungkin

Kesehatanmu tetap perlu diperhatikan dan dijaga sebaik mungkin. Prioritaskan kondisi kesehatan tubuh dan pikiranmu. Sempitnya waktu luang kadang membuat kita merasa tak punya cukup waktu untuk istirahat, tapi selama kita bisa mengelola waktu dengan baik dan menjaga pola hidup sehat maka kita bisa menjaga kesehatan dengan baik.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk bahagia meski waktu luang yang dimiliki sedikit. Semoga bisa jadi informasi yang bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading