Sukses

Lifestyle

4 Hal yang Perlu Dihindari Saat Sedang Marah, Pahami Sedini Mungkin!

Fimela.com, Jakarta Hal yang lumrah bila seseorang merasa kecewa dan marah. Bukannya mengapa, emosi yang satu ini memang sering banget dirasakan oleh orang-orang. Dan hal tersebut masih dianggap normal bila nggak dilakukan secara berlebihan.

Meski begitu, adanya emosi negatif ini dalam diri, tentu menimbulkan banyak permasalahan. Mulai dari mood swing, berkurangnya konsentrasi, meninggalkan logika, bahkan terparah bisa menyakiti orang-orang yang ada di sekitar. 

Nah, agar nggak sampai terjadi kejadian yang fatal, maka kamu perlu menghindari beberapa hal ini ketika sedang marah. Apa saja itu?

1. Berkendara

Hal pertama yang pantang dilakukan saat sedang marah adalah berkendara. Pastinya kamu tahu juga bukan bila pikiran bisa kacau balau ketika emosi ini mengalir dalam dirimu. Ketidakstabilan emosi yang terjadi inilah yang ditakutkan bisa menyebabkan sesuatu yang buruk ketika berkendara. Entah itu mengendarai motor, mobil, maupun kendaraan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya untuk mendinginkan kepala dahulu agar pikiran dan tubuh bisa lebih tenang.

2. Membuat Keputusan

Hal yang salah bila kamu membuat keputusan di saat kepala sedang nggak berpikir secara rasional. Kenapa? Karena bisa saja keputusan yang kamu ambil itu bukanlah hal yang terbaik dan malah menjadi bumerang untuk diri sendiri. Untuk itu, luangkan waktu sebentar untuk menenangkan pikiran dan buatlah keputusan yang memang dibutuhkan ketika suasana hati sudah lebih membaik.

3. Melampiaskan Amarah Kepada Orang Lain

Marah itu boleh-boleh saja. Akan tetapi, jangan sampai melampiaskan amarah yang kamu punya kepada orang lain yang nggak punya sangkut paut sama sekali dengan permasalahanmu, ya. Selain karena nggak dibenarkan, hal ini bisa saja memicu sesuatu yang sangat fatal untuk dirimu dan orang tersebut. Daripada membawa kerugian untuk orang lain, ada baiknya bila kamu mencari ruang pribadi yang lebih damai dan jauh dari keramaian.

4. Merusak Barang yang Ada

Hal terakhir yang pantang dilakukan saat marah adalah merusak barang-barang yang ada di sekitarmu. Bukan hanya bisa merugikan secara material, namun hal ini bisa membuatmu merasa menyesal pada akhirnya. Apalagi, barang-barang yang dirusak juga nggak akan kembali ke kondisi seperti semula. Jadi, kontrollah dirimu agar nggak merusak ataupun membanting barang-barang berharga yang dimiliki.

Itulah beberapa hal yang perlu dihindari saat kamu sedang marah. Selalu ingat, bahwa marah bisa memberikan banyak dampak buruk dalam diri dan hidupmu. Maka dari itu, selalu kontrol diri dan berusaha agar nggak termakan emosi negatif yang satu ini, ya. 

Untuk bisa mengurangi sifat marah-marah ini, kamu pun bisa lho sesekali healing ke berbagai tempat yang bikin relaksasi. Kamu pun bisa mengandalkan berbagai voucher atau potongan diskon dari aplikasi jalan-jalan yang tersedia. Sehingga, harganya bisa lebih terjangkau dan nggak menguras isi dompet. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading