Sukses

Lifestyle

Penyebab Laptop Hang atau Tidak Merespon yang Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang cukup umum digunakan oleh kebanyakan orang. Sebagian besar orang saat ini pasti sudah mengenal bahkan menggunakan laptop dalam aktivitas sehari-hari. Keberadaan laptop saat ini sudah seperti smartphone atau ponsel yang dianggap sebagai kebutuhan primer, bukan lagi sarana hiburan saja. Hal tersebut dikarenakan laptop sangat berguna untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai hal seperti salah satunya bekerja.

Namun karena merupakan buatan manusia, maka wajar jika masih ada beberapa permasalahan ketika menggunakannya. Salah satunya adalah tidak merespon atau hang.

Lalu bagaimana cara mengatasi laptop yang hang? Untuk mengetahui cara mengatasinya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Apa saja penyebabnya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Laptop Hang

1. RAM terlalu kecil

RAM yang terlalu kecil bisa menjadi penyebab laptop hang. Apalagi jika laptopmu terus-terusan digunakan untuk menjalankan aplikasi yang besar. Sebelum memasang aplikasi, coba cek spesifikasi minimum aplikasi sehingga program bisa bekerja dengan baik dan laptop tidak nge-hang saat digunakan. Jika RAM terlalu kecil, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan upgrade RAM.

2. Telalu banyak aplikasi berjalan

Banyaknya program atau aplikasi yang berjalan di background membuat sistem laptop bekerja terlalu keras. Segera nonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis pada saat laptop mulai dinyalakan. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, laptop akan makin lemot dan bisa berakhir hang.

3. Terlalu banyak aplikasi terinstall

Semakin banyak memasang aplikasi, kapasitas hard disk akan semakin cepat penuh. Ketika hard disk penuh, maka kinerja laptop akan melambat dan bisa menyebabkan hang. Jadi, lebih baik memasang aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja. Hapus aplikasi yang tak diperlukan karena hanya akan membuat hard disk penuh.

4. Temporary File yang menumpuk

Salah satu hal penyebab laptop hang adalah banyaknya Temporary File yang menumpuk. Cek Temporary File yang tersimpan dan bersihkan file lama sehingga tak mengganggu kinerja laptop. Untuk membersihkannya, kamu bisa menjalankan perintan Run – Temp lalu hapus file dalam folder tersebut. Cara lainnya adalah menjalankan program Disk CleanUp.

 

Penyebab Lainnya

5. Masalah pada hard disk

Hard disk adalah salah satu komponen yang bisa menyebabkan laptop hang selain RAM. Masalah hard disk yang menyebabkan laptop hang adalah memori hard disk kurang, hard disk terfragmentasi, umur hard disk sudah lama, atau bad sector. Cara mengatasinya adalah dengan upgrade hard disk, defrag hard disk, rutin melakukan pengecekan hard disk.

6. Adanya virus, malware, atau spyware pada laptop

Jika laptop sudah terkena serangan virus, malware atau spyware, lebih baik amankan dan jalankan Windows dalam Safe Mode lalu gunakan program Virus Cleaner. Untuk pencegahan, gunakan antivirus atau Windows Defender.

7. Ada System File yang corrupt atau hilang

Salah satu penyebab file corrupt adalah serangan virus. Jika file yang corrupt adalah file sistem, maka kinerja laptop akan terpengaruh. Cara mengatasinya adalah dengan repair sistem operasi yang digunakan.

8. Overheat pada hardware

Masalah overheat pada hardware adalah masalah yang sering terjadi dan membuat laptop nge-hang. Biasanya overheat terjadi pada CPU, prosesor, hard disk, dan VGA Card. Hal ini bisa menurunkan kinerja laptop, maka dari itu pastikan suhu laptop selalu dalam keadaaan stabil. Caranya adalah menambahkan kipas eksternal.

Itulah beberapa penyebab laptop hang yang kamu alami. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading