Sukses

Lifestyle

5 Cara Bahagia meski Hidupmu Tak Seindah Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Ketika membandingkan hidup dengan orang lain, kadang kita merasa minder dan makin rendah diri karena merasa hidup kita tak seindah orang lain. Padahal kita tak pernah tahu perjalanan dan perjuangan hidup masing-masing orang. Kebahagiaan pun bisa dicapai dengan cara berbeda pada tiap individu.

Kamu pun bisa tetap bahagia meski merasa hidupmu tak seindah orang lain. Caranya bisa dimulai melalui hal-hal sederhana berikut ini.

 

 

1. Beranilah Memilih untuk Bahagia

Mengutip buku Menghilang, Menemukan Diri Sejati, manusia akan selalu berusaha mewujudkan apa yang dia pikirkan. Apa pun yang dia rasakan, ke situlah dia akan ditarik. Kita sebagai manusia punya kebebasan dalam memilih. Maka, kalau mau bahagia, kamu bisa memilih untuk bahagia. Pilih dulu jalan kebahagiaan, maka kamu akan lebih mudah mengarah dan menemukan kebahagiaan itu.

 

 

2. Lepaskan Hal-Hal yang Berada di Luar Kendali

Lepaskan saja hal yang tak bisa kamu kendalikan. Relakan hal-hal yang tak bisa kamu ubah. Cara orang menjalani Mengutip buku Merawat Luka Batin, untuk mendapatkan kebahagiaan, kadang kita perlu belajar melepaskan sesuatu, yaitu harapan akan kesempurnaan. Ada rumus sederhana kebahagiaan, yaitu kebahagiaan adalah harapan dikurangi realitas. Seberapa fleksibel kita menyikapi harapan dan realitas bisa membantu kita untuk lebih mudah bahagia. Menyikapi kehidupan orang lain yang tampak lebih indah, ya sudah terima apa adanya. Sebab kamu sendiri memiliki kehidupan yang perlu diperjuangkan sendiri.

 

3. Buat Pencapaian-Pencapaianmu Sendiri

Buat saja pencapaian-pencapaian hidupmu sendiri. Kadang untuk bisa bahagia dengan hidupmu sendiri, kamu perlu memiliki atau membuat sesuatu yang bermakna dalam hidupmu. Kamu bisa coba untuk memperjuangkan dan melakukan sesuatu untuk kehidupanmu sendiri. Rasa bahagia pun bisa hadir saat kamu bisa mendapatkan kepuasan batin.

 

 

4. Terima Kehidupanmu sebagai Anugerah Terindah

Sayangi kehidupanmu dengan hati yang lapang. Anggap kehidupanmu adalah anugerah terindah yang kamu miliki. Suka duka semua pengalaman yang kamu jalani hidup menjadi bagian dari proses pendewasaan dirimu juga. Syukuri itu semua, maka rasa bahagia akan lebih mudah hadir di hatimu.

 

 

5. Lebih Bijak Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan

Tak semua hal harus dimiliki. Tak semua hal harus didapatkan. Cobalah lebih bijak dalam memenuhi kebutuhan dan keinginanmu. Kehidupan orang lain yang tampak lebih indah tak perlu membuatmu merasa makin ciut atau minder menjalani kehidupanmu sendiri. Fokus saja melakukan hal-hal baik yang bisa kamu lakukan dalam hidup, maka kenyamanan bisa kamu rasakan.

Itu tadi lima cara yang bisa kamu coba untuk bisa tetap bahagia menjalani hidupmu sendiri. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading