Sukses

Lifestyle

5 Cara Menjadi Wanita Cerdas dan Tak Diremehkan Orang

Fimela.com, Jakarta Kata "cerdas" secara umum didefinisikan sebagai kualitas diri yang memiliki ketajaman pikiran dengan perkembangan akal budi yang baik. Tiap orang punya kesempatan untuk menjadi pribadi yang cerdas. Bahkan kita pun bisa menjadi perempuan yang makin cerdas seiring bertambahnya usia.

Kali ini, Fimela akan membagikan lima tips dan cara menjadi wanita cerdas yang bisa dicoba dan diterapkan dalam keseharian. Dengan membekali diri sebagai pribadi yang lebih cerdas, kita bisa menjalani hidup dengan lebih tangguh dan tak gampang diremehkan orang lain. Selengkapnya, langsung saja simak tips dan caranya berikut ini.

 

 

1. Lebih Banyak Membaca

Tingkatkan kebiasaan membaca. Kegiatan membaca di sini tak terbatas hanya pada membaca buku, melainkan membaca informasi-informasi terbaru yang ada. Menjadi pembaca yang lebih aktif akan membantu kita bisa lebih peka dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidup. Serta membantu kita untuk bisa beradaptasi dengan dinamika kehidupan yang terus berubah dari waktu ke waktu.

 

 

2. Ekspresikan Diri dengan Cara yang Disukai

Menekuni hobi atau melakukan hal baru yang bisa memperkaya pengalaman juga bisa membantu kita menjadi perempuan yang lebih cerdas. Mengekspresikan diri dengan bebas dan melalui cara yang disukai juga bisa meningkatkan daya kreativitas kita. Saat kita bisa menemukan kebebasan dan kenyamanan dalam melakukan hal-hal baru, ketajaman pikiran bisa ikut terasah.

 

 

3. Tekuni Bidang yang Disukai

Jadilah mahir atau pakar di suatu bidang. Biasanya orang meremehkanmu karena menganggapmu tak punya keahlian apa pun. Maka dari itu, memotivasi diri untuk menekuni hal yang disukai atau mahir di suatu bidang bisa menjadi salah satu cara untuk menjadi perempuan yang makin cerdas. Bonusnya kita pun jadi pribadi yang bisa lebih dipercaya dan diandalkan oleh orang-orang di sekitar kita. Selain itu, menekuni sesuatu bisa membuatmu jadi lebih berdaya. Mengutip buku Yes to Life, dalam pandangan Viktor E. Frankl yang dikenal sebagai pencetus Logoterapi, salah satu langkah untuk memenuhi makna hidup ialah melalui tindakan atau aksi. Menekuni hal yang disukai pada dasarnya juga bisa membuat hidupmu makin bermakna.

 

 

4. Mempelajari Hal-Hal Baru

Otak manusia bisa menciptakan aliran arus syaraf dengan mempelajari hal-hal baru. Makin beragam hal yang dipelajari, makin pintar pula otak kita. Bukalah diri untuk mempelajari hal-hal baru. Seiring bertambahnya usia mungkin kita akan merasa tertinggal, tapi selama kita masih mau belajar hal-hal baru, maka kita bisa menjadi perempuan yang cerdas.

 

 

5. Kelola Stres dengan Lebih Baik

Kita bisa mengendalikan cara orang merespons atau memperlakukan kita. Yang bisa kita lakukan adalah mengatur cara kita merespons perlakuan mereka. Agar tidak gampang diremehkan orang, kita bisa membekali diri dengan kemampuan mengelola stres yang lebih baik. Sehingga kita tak akan gampang tertekan atau stres berlebihan jika ada yang memperlakukan kita dengan buruk. Mengutip buku Loving the Wounded Soul, manajemen stres juga menjadi ujung tombak bagi kesehatan fisik dan jiwa. Langkah awalnya bisa dengan mengatur pola makan dan jadwal tidur yang lebih teratur untuk kondisi tubuh yang lebih baik.

Itu tadi lima cara menjadi wanita cerdas yang bisa coba diterapkan dalam keseharian. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading