Sukses

Lifestyle

5 Self Love Language yang Bisa Dilakukan Sebagai Tanda Cinta kepada Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Love language atau bahasa cinta belakangan ini lagi populer dan banyak dibahas. Istilah ini sendiri bisa diartikan sebagai perlakuan seseorang untuk mengungkapkan rasa cintanya, yang terdiri dari words of affirmation, receiving gift, physical touch, acts of service, hingga quality time.

Seringnya dibahas dalam konteks hubungan romantis dengan pasangan, tapi ternyata fungsi love language nggak hanya terbatas itu saja, lho. Sudahkah kamu menunjukkan self love language kepada diri sendiri? Yuk, temukan mana bahasa cinta yang kamu banget, Sahabat Fimela!

Acts of Service

Kalau kamu tipikal orang yang lebih suka menunjukkan perhatian dengan melakukan aksi nyata dibandingkan kata-kata, jangan lupa terapkan juga acts of service untuk diri sendiri. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memanjakan diri lewat beragam hal yang dilakukan untuk diri sendiri.

Kamu bisa mengawalinya dengan membersihkan kamar sebagai tempat istirahat untuk memberikan kenyamanan dan me time setelah bekerja seharian. Selain itu, memasak makanan favorit yang sehat dan bergizi juga bisa menjadi tindakan nyata yang mengungkapkan rasa sayang kepada diri sendiri.

Physical Touch

Sentuhan fisik juga bisa menjadi ungkapan cinta yang menyenangkan untuk diri sendiri. Tapi, bagaimana cara memanjakan diri bagi orang yang memiliki love language physical touch ya? Tenang, ada banyak cara yang bisa dilakukan kok!

Kamu bisa mengawalinya dengan melakukan perawatan kulit dengan skincare di rumah. Rutinitas basic skincare setiap hari merupakan tanda kalau kamu menyayangi dan memedulikan diri sendiri. Selain itu, level up bentuk physical touch kamu dengan memanjakan diri di spa atau salon kecantikan yang juga bisa jadi kegiatan me time menyenangkan.

Words of Affirmation

Masih sering membandingkan diri dengan orang lain? Melihat pencapaian orang lain memang sering bikin minder, tapi percayalah jika setiap orang memiliki jalannya masing-masing. Daripada fokus pada kekurangan diri, lebih baik gali potensi dengan kelebihan yang dimiliki dan jangan lupa ucapkan ‘mantra’ words of affirmation sebagai tanda sayang pada diri sendiri.

Setiap pagi sebelum beraktivitas, berikan pujian pada diri sendiri agar kamu semakin bersemangat dalam menjalani hari. Selain itu, jangan lupa untuk ucapkan terima kasih kepada diri sendiri karena sudah bekerja keras selama ini. Kamu juga bisa menerapkan words of affirmation lewat positive self-talk yang ditulis dalam buku harian atau blog.

Receiving Gifts

Suka menerima atau memberikan hadiah untuk orang lain? Kali ini, saatnya kamu memberikan hadiah untuk diri sendiri atas pencapaian apapun yang sudah dilakukan selama ini. Ada banyak rekomendasi self-reward yang bisa diberikan.

Membeli skincare untuk melengkapi ritual skincare di rumah, barang branded yang selama ini sudah jadi incaran, atau cincin berlian model terbaru untuk menyempurnakan penampilan bisa jadi pilihan, lho. Hadiah cincin berlian wanita juga nggak menguras kantong, karena kini kamu bisa membelinya di brand lokal yang menghadirkan koleksi cincin berlian mulai harga sejutaan. Berbagai pilihan model dan desainnya juga youthful banget sehingga cocok untuk yang berjiwa muda!

Quality Time

Pernah nggak sih merasa tubuh kehabisan energi karena bertemu terlalu banyak orang atau lembur mengejar deadline seharian? Jika ini yang terjadi, recharge energi lewat quality time bisa jadi love language yang tepat untukmu.

Berbagai cara me time bisa dilakukan untuk memaksimalkan momen quality time ini. Misalnya saja dengan melakukan meditasi untuk menghilangkan stres, nonton film sendiri di bioskop, atau sekadar membaca buku sebelum tidur tanpa diganggu oleh notifikasi smartphone.

Nggak hanya untuk pasangan, self love language juga perlu dilakukan untuk diri sendiri sebagai tanda cinta. Kalau bukan kita yang mencintai diri kita sendiri, siapa lagi kan! Jadi, mana nih yang paling kamu banget, Sahabat Fimela?  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading