Sukses

Lifestyle

Hari Hijab Sedunia, Kenali 3 Sosok Wanita Berhijab Inspiratif yang Mendobrak Batasan dan Stereotip

Fimela.com, Jakarta World Hijab Day atau Hari Hijab Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Februari.  Peringatan ini pertama kali digagas oleh wanita asal New York bernama Nazma Khan.

Tujuan Hari Hijab Sedunia adalah untuk mengkampanyekan solidaritas, saling menghormati, serta menghilangkan diskriminasi terhadap wanita muslim, terutama yang memakai hijab

Dalam rangka memperingati Hari Hijab Sedunia, Fimela merangkum tiga sosok wanita berhijab pemberani yang sukses mendobrak batasan dan stereotip. Apa saja? Yuk, Simak.

 

1. Apsana Begum

Apsana Begum  adalah anggota parlemen pertama yang mengenakan hijab, setelah terpilih sebagai anggota parlemen dari Partai Buruh untuk Poplar dan Limehouse pada 2019.

Berbicara dengan Sky News tentang perjalanannya, dia ingat pertama kali memasuki ruang parlemen.

"Itu adalah rumah yang penuh dan saya ingat melihat kepala menoleh dari bangku yang berlawanan," kata perempuan 32 tahun itu.

"Saya menonjol dan menyadari pentingnya apa yang telah kami capai dengan terpilihnya saya."

Ms Begum mengatakan dia merasa ini membuka jalan bagi wanita berhijab lainnya di Inggris yang juga memiliki ambisi dalam politik. Hijab, bagi Begum, adalah simbol kebersamaan, dan dia mengatakan dia merasa itu adalah "inti" dari dirinya sebagai individu.

"Sungguh luar biasa memberi orang rasa harapan dan aspirasi," katanya.

2. Fatumo Olow

Fadumo Olow, adalah seorang reporter olahraga di Sky Sports yang pertama kali mengenakan jilbab sekitar usia 11 tahun. Perjalanan hijabnya dipengaruhi oleh melihat anggota komunitas, keluarga, dan teman-temannya memakainya.

Berbicara tentang hubungannya dengan jilbab, dia mengatakan bahwa sebelum usia 16 tahun dia "sangat santai dengannya, mungkin tidak terlalu memahaminya" tetapi kemudian "melakukan upaya sadar untuk memahami jilbab".

Ms Olow mengatakan bahwa ketika dia tumbuh dewasa, dia belajar tentang "pentingnya jilbab dalam Islam, tetapi juga nilai yang dipegangnya untuk Wanita Muslim di seluruh dunia".

"Setelah usia 16 tahun, saya menganggapnya lebih serius dan itu membawa saya lebih dekat dengan iman saya," kata perempuan 27 tahun itu.

Dia mengatakan hijab membantu mengangkat dia lebih dari yang mungkin dipikirkan orang pada umumnya. Ms Olow mengatakan hijab membuatnya merasa "rasa pemberdayaan, kedamaian dan kenyamanan".

Ketika ditanya tentang industri tempat dia bekerja, dia berkata: "Sangat jarang melihat wanita berhijab di berita olahraga.

"Namun, langkah-langkah yang diambil menuju representasi visual dalam industri ini menunjukkan bahwa ada ruang untuk semua orang dan kami berjalan ke arah yang benar.

"Hijab membuat saya lebih sadar dan nyaman dan saya berharap memakainya dengan cara terbaik."

3. Furva Shah

Furva Shah adalah seorang jurnalis berusia 23 tahun yang mulai mengenakan jilbab pada usia 15 tahun. Dia bercerita, ketika dia pertama kali mengenakan pakaian itu, dia menghadapi banyak kesulitan.

"Orang-orang yang saya kenal selama bertahun-tahun mulai memperlakukan saya secara berbeda," katanya.

Dia juga menyoroti pelecehan yang dialami sebagai akibatnya, mengalami komentar Islamofobia dan tatapan tidak nyaman. Memilih ketahanan daripada kebencian, Ms Shah tidak membiarkan hal negatif masuk ke dalam perjalanan hijabnya.

Dia mengatakan bahwa dia merasa hijab membawa "rasa kebersamaan", dan merupakan kesempatan baginya untuk mewakili keyakinannya secara positif dan mengubah citra negatif yang diasosiasikan orang dengan Islam.

“Hijab, bagi saya, adalah milik dan pemberdayaan,” tambahnya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading