Sukses

Lifestyle

Nggak Hanya Memiliki IQ Tinggi, Ini 7 Ciri Lain Perempuan yang Cerdas

Fimela.com, Jakarta Orang cerdas memiliki gaya yang berbeda saat berinteraksi dengan orang yang ada di sekitarnya. Mereka juga mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka. Orang cerdas terbuka terhadap ide-ide baru dan dapat mendengarkan pendapat orang lain. Mereka dapat memahami sudut pandang orang lain bahkan jika mereka tidak setuju dengan pendapat tersebut.

Kecerdasan erat hubungannya dengan kebijaksanaan. Ini mencakup kemampuan untuk belajar dari kesalahan seseorang daripada mengulanginya. Orang-orang yang belajar dari kesalahan mereka menggunakan strategi yang memungkinkan mereka untuk berkembang dari waktu ke waktu dan tetap membuat kemajuan menuju tujuan mereka karena mereka dapat mengenali di mana mereka sebelumnya membuat kesalahan tanpa terjebak secara emosional dalam kesalahan tersebut.

Nah, kecerdasan ini biasanya bisa dimiliki setiap orang tanda dia menyadarinya. Kecerdasan tidak selalu ditandai dengan pencapaian nilai tertinggi dalam nilai akademis, tetapi juga dari bidang lainnya. Nah, untuk mengetahui, apakah kamu salah satu orang yang cukup cerdas, berikut ada beberapa tandanya.

1. Terbuka untuk Ide Baru

Salah satu aspek kecerdasan yang paling penting adalah kemampuan untuk belajar dari pengalaman dan orang lain, dan ini menunjukkan bahwa kamu terbuka terhadap hal-hal baru. Bahkan jika kamu tidak setuju dengan seseorang atau sesuatu, kamu mendengarkan dengan hati-hati karena kamu ingin mengetahui cara berpikir lain sehingga pikiranmu tetap reseptif.

2. Ingin tahu

Orang yang ingin tahu adalah mereka yang haus akan pengetahuan dan suka menemukan hal-hal baru. Mereka tertarik untuk mempelajari hal-hal baru, meskipun mereka belum tentu tahu bagaimana informasi tersebut dapat berguna. Orang-orang ini menikmati penemuan ilmiah dan ingin tahu cara kerja sesuatu.

Mereka suka menjelajahi alam dan bepergian karena mereka suka melihat tempat, orang, dan budaya lain. Orang yang ingin tahu juga sangat berpikiran terbuka. Mereka suka memikirkan masa depan dan menghubungkan ide-ide untuk memecahkan masalah. Dengan cara ini, mereka dapat mengubah dunia di sekitar mereka secara positif.

Orang yang ingin tahu mengajukan pertanyaan tentang segala sesuatu karena mereka tidak mengambil semuanya begitu saja, mereka ingin bukti bahwa sesuatu itu benar sebelum mereka mempercayainya. Kecenderungan alami mereka untuk menyelidiki secara intelektual membuat mereka lebih cerdas daripada mereka yang tidak penasaran.

3. Memiliki Akal Sehat

Akal sehat adalah kemampuan untuk berpikir secara rasional dan logis. Itu berarti kamu dapat menerapkan logika, fakta, dan kebenaran dasar pada situasi yang kamu hadapi. Itu juga berarti memahami dunia di sekitarmu dan bagaimana segala sesuatu bekerja di dalamnya.

Akal sehat juga memungkinkanmu melihat melalui alasan ketika kamu tidak menyelesaikan sesuatu atau alasan mengapa orang yang kamu cintai bersikap kasar atau tidak pengertian kepadamu. Demikian pula, akal sehat membantu kita memahami bagaimana dunia bekerja dan membedakan apa yang dapat menyakiti kita dan apa yang dapat membantu kita.

4. Nyaman Dengan Keheningan

Ada pepatah lama mengatakan bahwa “Diam itu emasa”.  Bagi banyak orang, sendirian dan dipaksa memikirkan diri sendiri, tanpa gangguan orang lain atau rangsangan dari luar, bisa sangat tidak nyaman atau bahkan menyiksa.

Orang-orang ini sering mengalami kecemasan tingkat tinggi di ruang tanpa orang atau aktivitas lain, yang dapat menyebabkan depresi. Orang yang sangat cerdas, di sisi lain, sering merasa nyaman di menikmati waktu untuk diri mereka sendiri dan menyambut saat-saat tenang dalam lingkungan sosial.

Mereka bahkan menganggap ini menyenangkan karena memungkinkan mereka untuk merefleksikan diri atau diam-diam mengamati orang lain di sekitar mereka tanpa terganggu. Kemampuan untuk menikmati pikiran dan kesendirian merupakan komponen penting dari stabilitas emosi dan pertumbuhan pribadi.

5. Peduli dengan Orang Lain

Salah satu tanda paling jelas dari orang yang cerdas adalah mereka peduli pada orang lain. Mereka peduli tidak hanya tentang diri mereka sendiri tetapi tentang orang lain dan apa yang terjadi pada mereka. Mereka merasakan empati terhadap mereka dan menempatkan diri mereka pada posisi orang lain itu.

Mereka berpikir tentang bagaimana perasaan mereka dan apa yang akan mereka lakukan jika itu terjadi pada mereka. Orang cerdas pandai berpikir dari perspektif yang berbeda, membayangkan bagaimana perasaan orang lain, dan menempatkan diri mereka pada posisi orang lain. Orang cerdas tahu bahwa memperhatikan orang lain membuat hari mereka jauh lebih baik daripada menjadi orang brengsek atau hanya peduli pada diri sendiri.

6. Buatlah Keputusan dengan Bijak

Tanda lain dari orang yang sangat cerdas adalah mereka sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan. Mereka selalu mempertimbangkan semua pilihan sebelum bergerak. Meskipun ini kedengarannya bagus, terkadang hal itu dapat merusak kebahagiaanmu.

Kamu perlu memahami bahwa kamu tidak dapat membuat keputusan tanpa mengambil risiko. Satu-satunya cara untuk menghindari risiko ini adalah dengan tidak mengambil keputusan sama sekali. Untuk menjadi sukses dalam hidup, kamu harus mampu mengambil risiko yang diperhitungkan dan bertindak sesuai dengan keadaan dan situasimu.

7. Suka Membaca dan Menulis

Pembaca adalah pemimpin. Orang yang suka membaca dan menulis cenderung lebih cerdas karena mereka secara aktif menggunakan otaknya untuk mendorong pembelajaran. Membaca adalah proses aktif, artinya otakmu tidak pernah diam saat membaca buku.

Kegiatan ini merangsang banyak bagian otak sekaligus, termasuk area yang berhubungan dengan memori dan bahasa, serta pusat pemrosesan informasi visual. Membaca memiliki banyak manfaat kesehatan. Jadi jika itu adalah hasratmu, kamu memiliki banyak alasan untuk melakukan apa yang kamu sukai. Ini membantu menghilangkan stres dengan menenangkan pikiran dan tubuh.

Nah, tidak semua harus diukur dengan IQ tinggi, Sahabat Fimela. Terkadang orang kecerdasan bisa dilihat dari kebiasaan mereka sehari-hari, lho. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading