Sukses

Lifestyle

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah hewan yang biasa dijadikan peliharaan. Banyak orang memelihara kucing karena kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya itu, terkadang tingkah kucing bisa membuat pemiliknya yang sedang bersedih menjadi terhibur.

Namun memelihara kucing perlu komitmen tinggi. Biaya perawatannya tidak bisa dibilang murah, apalagi untuk kucing dengan ras tertentu yang harga jualnya mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Sebagai pemilik kucing yang telah memutuskan untuk memelihara kucing, maka harus siap bertanggung jawab pada hidupnya juga, terutama kesehatannya. Bagaimana jika tiba-tibakucing tidak mau makan dan tidur terus-terusan?

Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan kucing tidak mau makan dan tidur terus. Berikut penyebab kucing tidak mau makan dan tidur terus serta penjelasan dan cara mengatasinya.

1. Sakit

Kucing tidak mau makan dan tidur terus bisa menjadi pertanda dia sedang sakit. Sakit apa? Bisa jadi karena flu kucing, diabetes, demam, hyperthyroidism, pancreatitis, masalah pada ginjalnya. Bahkan, bisa jadi pula, kucing kamu merasa sakit di area badannya yang lainnya.

Bagaimana caranya tahu kalau kucing sedang sakit? Kamu bisa melakukan observasi dan membandingkan sebelum sakit dan saat sakit. Misalnya, saat sakit, kucing kamu diare, muntah, berat badan menurun, tidak tertarik pada apapun, bahkan suhu badan kucing naik sampai demam. Jika hal tersebut terjadi, segera bawa ke dokter hewan ya.

 

2. Pemilih Makanan

Menurut pendapat Tony Buffington dalam WebMD, pada dasarnya kucing sangat terbuka untuk mencoba berbagai makanan. Kucing bahkan memburu makanannya sendiri seperti burung, tikus, serangga. Selama makanan tersedia, maka kucing akan memakannya. Dari setiap makanan yang dicoba tersebut, masing-masing kucing memiliki seleranya sendiri. Bisa jadi, menurut satu kucing semua makanan enak sedangkan menurut kucing lain hanya makanan dengan merk tertentu saja yang enak.

Nah mungkin kucingmu tidak suka dengan makanan yang kamu sediakan. Hal itulah yang kemudian membuat dia tidak mau makan dan hanya tidur terus.

3. Bosan

Sama halnya dengan manusia, kucing yang makan makanan yang sama dalam waktu yang lama tentu akan bosan kemudian memilih tidak makan makanan tersebut sama sekali. Solusinya kamu bisa mengkombinasikan makanan tersebut dengan makanan yang lain. Misalnya dengan dicampur pakan basah atau daging ikan atau ayam yang sudah direbus.

4. Efek Vaksin

Kucing yang baru saja divaksin bisa berkurang nafsu makannya. Efek samping vaksinasi ini bersifat temporer dan tidak semua kucing mengalaminya. Nafsu makan kembali normal setelah 1-2 hari dan kucing kamu akan aktif kembali.

5. Stres

Siapa bilang kucing tidak bisa stres atau menderita masalah psikologis lainnya? Faktanya, kucing bisa mengalami stres. Stres kenapa? stres ini bisa jadi karena perjalanan jauh, berada di tempat yang baru bisa juga karena faktor lain.

Level stres yang naik bisa menyebabkan banyak dampak. Salah satunya adalah menurunkan nafsu makan. Selain itu, stres juga bisa membuat kucing mengalami sembelit dan sistem imun terganggu.

Itulah beberapa penyebab kucing tidak mau makan dan tidur terus-terusan. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading