Sukses

Lifestyle

9 Manusia yang Memiliki IQ Tertinggi di Dunia, Otaknya Paling Cerdas

Fimela.com, Jakarta Selama ini mungkin banyak orang tahu bahwa orang dengan IQ tertinggi di dunia adalah Albert Einstein dengan skor 160 sebagai perkiraan. Mengingat tes IQ adalah penemuan yang relatif baru, tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti siapa yang memiliki IQ tertinggi di dunia ini sepanjang masa karena kecerdasan sendiri sebenarnya sesuatu yang sulit diukur. Namun kita bisa mengetahui perkiraan siapa saja yang memiliki IQ tinggi di dunia dari kemampuan mereka yang luar biasa, bahkan banyak yang di atas IQ Albert Einstein. Siapakah manusia yang memiliki IQ tertinggi di dunia? Ini beberapa daftarnya.

1. Marilyn vos Savant: IQ 228

Marilyn vos Savant lahir pada 11 Agustus 1946. Di usia 10 tahun ia berhasil lulus dari tes Stanford-Binet tingkat dewasa, yang mengungkapkan bahwa ia memiliki IQ 228. Guinness World Record sempat memasukkannya sebagai orang tercerdas di dunia namun kemudian menghapus kategori record tersebut tahun 1990 karena skornya dianggap tidak tepat. Marilyn sendIri melihat tes IQ sebagai pengukuran berbagai kemampuan mental dan menganggap kecerdasan melibatkan banyak faktor sehingga sia-sia mengukurnya.

2. Sho Yano: IQ 200

Sho Yano lahir pada 22 Oktober 1990. Pria yang berprofesi sebagai dokter asal Amerika keturunan Jepang ini memulai kuliah pada usia sembilan tahun dan memperoleh gelar M.D dan PhD pada saat dia berusia 21 tahun. Kecerdasannya diperkirakan mencapai skor sekitar 200. Dia juga menyukai musik dan mulai menggubah musik ketika masih berusia empat tahun. Tetapi saat ini dia fokus menjalani profesi di bidang kedokteran neurologi anak.

3. Ainan Cawley: IQ 263

Ainan Cawley adalah pria yang dijuluki mantan anak jenius Irlandia karena diperkirakan memiliki IQ 263. Di usia delapan tahun, ia sudah mengambil kursus kimia tahun ketiga di Singapore Polytechnic. Saat usianya sembilan tahun, ia berhasil menghafal 518 angka desimal pertama dari pi. Ia juga menyukai seni dan hiburan, dan tampaknya punya bakat di bidang ini karena ia mampu menulis naskah dan menggubah musik untuk film pendek berjudul Refleksi pada usia 12 tahun.

4. Leonardo da Vinci: IQ 180–220

Tentu tes IQ belum ada ketika Leonardo da Vinci masih hidup. Namun diperkirakan skor IQ-nya antara 180 hingga 220 karena ia memiliki banyak keterampilan dan bakat mulai dari seni dan sains hingga musik dan arsitektur. Leonardo da Vinci tidak hanya asal terjun di bidang itu, namun unggul dan memiliki pencapaian hebat, terlihat dari banyaknya penemuan Leonardo seperti mesin terbang, teleskop, dan kapal selam. Bahkan karya seninya menarik untuk dipelajari dengan berbagai teka-teki.

5. Adragon De Mello: IQ 400

Adragon De Mello diperkirakan memiliki skor IQ 400 karena pada tahun 1988, ketika Adragon De Mello lulus dari University of California, Santa Cruz, dengan gelar matematika komputasi pada usia 11 tahun, dia adalah lulusan perguruan tinggi termuda di Amerika Serikat. Namanya mungkin tidak banyak terdengar dan terlihat di mata publik namun ia menjalani karirnya di bidang teknologi tinggi.

6. Michael Kearney: IQ 200–325

Michael Kearney adalah orang yang memecahkan rekor Adragon De Mello karena lulus dari University of South Alabama dengan gelar sarjana di bidang antropologi pada tahun 1994 pada usia 10 tahun. Diperkirakan ia memiliki memiliki skor IQ yang berkisar antara 200 hingga 325. Di usia 22 tahun, ia berhasil memperoleh empat gelar sarjana di bidang ilmu komputer, geologi, dan kimia, selain gelar pertamanya di bidang antropologi.

7. Isaac Newton: IQ 190–200

Isaac Newton diperkirakan memiliki IQ 190 hingga 200 mengingat dia adalah ilmuwan dan fisikawan yang memiliki pemikiran maju di zamannya. Ia terkenal memiliki cara berpikir yang berbeda di usianya. Meskipun dia terkenal karena prinsip universal gravitasinya, namun Isacc Newton juga sudah menjalani profesi sebagai seorang matematikawan, astronom, dan penulis di abad ke-17.

8. Kim Ung-Yong: IQ 200–210

Kim Ung Young diperkirakan memiliki skor IQ 200 hingga 210. Diketahui ia sudah mampu memecahkan persamaan matematika yang rumit pada usia empat tahun. Kim Ung Yong diundang untuk bekerja di NASA saat berusia delapan tahun namun memutuskan keluar dari NASA setelah 10 tahun karena mengaku merasa kesepian. Kini pria Korea Selatan ini menjalani hidupnya sebagai profesor dinegaranya.

9. Nikola Tesla: IQ 160–310

Kamu pasti sudah tak asing dengan nama Tesla bukan? Ini diambil dari nam Nikola Tesla yang ternyata diperkirakan memiliki IQ 160 hingga 310, penemu Serbia-Amerika yang terkenal karena menemukan motor arus bolak-balik (AC) pertama dan mengembangkan generasi AC dan teknologi transmisi. Ia menemukan berbagai teknologi baru bahkan hingga kini namanya tetap dikenal banyak orang, terutama dalam teknologi mobil listriknya.

Itu dia ternyata sekian manusia yang memiliki IQ tertinggi di dunia. Kira-kira siapa yang paling membuatmu takjub, Sahabat Fimela?

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading