Sukses

Lifestyle

5 Ciri Kamu Punya Kecerdasan Otak Tingkat Tinggi dari Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Terkadang tiak harus menilai seseorang dengan tes IQ untuk mengetahui bahwa ia memiliki kecerdasan tingkat tinggi. Seringkali kita justru bisa dengan mudah mengetahui apakah seseorang punya otak cerdas atau tidak dari kemampuannya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Lalu apa saja pertanda bahwa seseorang punya kecerdasan otak tingkat tinggi? Ini dia beberapa ciri yang bisa kamu lihat ketika seseorang punya kecerdasan otak atau IQ tinggi.

1. Daya ingat dan kemampuan berpikir yang cepat

Seseorang memiliki otak cerdas dan IQ tinggi ketika ia mampu berpikir dengan nalar secara cepat. Otak yang berkerja dengan cepat menandakan ia memiliki sel-sel otak yang aktif dan responsif. Selain itu, memiliki daya ingat kuat dan memori terhadap banyak hal juga menjadi pertanda kecerdasan otak tingkat tinggi. Itu menandakan bahwa otakmu mampu menyimpan memori jangka pendek dan jangka panjang dengan baik serta mampu mengakses informasi secara fleksibel. Memori ini disebut memori deklaratif, kemampuan manusia untuk mengingat pengalaman, fakta, dan hal-hal sepele.

2. Sifat pekerja keras dan perilaku baik

Pada dasarnya, karakteristik seperti rajin, pekerja keras dan memiliki sikap yang baik juga termasuk kecerdasan otak tingkat tinggi, terutama aspek kecerdasan emosional. Orang-orang yang bekerja keras menyadari bahwa dirinya perlu berusaha keras untuk menjalani hidup, itu menunjukkan adanya konsistensi serta kemauan dan kemampuan untuk tumbuh melalui kegagalan. Seseorang yang kurang cerdas seringkali masuk klasifikasi pemalas dan tidak produktif, atau tidak giat dalam melakukan segala hal. Secara fisik saja sudah malas mengerjakan apa pun, apalagi secara otak.

3. Pengetahuan umum luas dan tacit knowlege yang kuat

Manusia butuh pengetahuan umum dan pengetahuan tacit. Orang-orang cerdas umumnya memiliki wawasan atau pengetahuan umum yang lebih luas dan beragam. Ketika ia serba tahu banyak hal, itu menandakan dirinya memiliki otak yang bekerja dengan lebih baik dalam menyimpan informasi. Tacit knowledge atau pengetahuan diam-diam adalah jenis pengetahuan yang sulit untuk dibahasakan karena memiliki kualitas personal yang merupakan gabungan antara pengetahuan kognitif dan teknis individu, seperti dilansir dari Kemenkeu.go.id. Tacit knowledge diperoleh melalui pengalaman, self-learning, pengaruh kepercayaan, perspektif, dan nilai-nilai hidup lainnya. Kecerdasan inilah yang tak bersifat spesial.

4. Bisa diandalkan dalam membuat keputusan

Seseorang yang sering diandalkan banyak orang pertanda bahwa ia memiliki IQ lebih tinggi dibanding orang-orang sekitarnya. Kecerdasan otak ini menjadi bukti bahwa tidak semua orang bisa diandalkan dalam mengerjakan sesuatu atua membuat keputusan. Keandalan ini membutuhkan pengalaman, pengetahuan, dan 2 tingkat analisis yaitu global & lokal. Analisis global melihat gambaran besarnya, dan analisis lokal memahami detailnya. Orang yang sangat cerdas akan mempertimbangkan semua aspek, memahami konsekuensi dan mengantisipasi hasil di masa depan. Otak standar tidak akan mudah mengatasi tugas rumit seperti ini.

5. Dipercaya banyak orang

Bersyukurlah jika kamu dipercaya banyak orang selama ini, itu berarti otakmu lebih cerdas dibanding yang kamu kira. Tidak semua orang bisa dipercaya, karena sifat-sifat seperti pengambilan keputusan yang tepat, andal, nalar yang logis, pengetahuan yang luas, ingatan kuat, dan keterampilan memecahkan masalah tidak dimiliki semua manusia di dunia ini. Orang-orang cenderung mempercayai mereka yang memiliki kemampuan memimpin dan membimbing. Umumnya, orang yang bisa dipercaya juga ahli dalam mengendalikan diri dan emosinya, menunjukkan tingkat kedewasaan dan kebijaksaan yang baik dalam berpikir dan berperilaku.

Jadi, jika kamu merasa memiliki semua keriteria di atas, itu pertanda kamu memiliki kecerdasan otak tingkat tinggi, alias IQ tinggi.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading