Sukses

Lifestyle

6 Cara Menjadi Perempuan Karismatik Terutama Dalam Hal Leadership

Fimela.com, Jakarta Cara berperilaku dan berpenampilan terkadang menjadi penilaian sifat, karakter, dan kepribadian seseorang oleh orang lain. Oleh karena itu, setiap orang tentu akan menjaga perilakunya jika bertemu dengan orang lain, terutama orang yang baru dikenal supaya tidak memunculkan perspektif negatif mengenai dirinya. Setiap orang juga selalu mengharapkan orang lain menyukai dirinya bukan sebaliknya. 

Dilansir dari scienceofpeople.com, kepribadian karismatik merupakan seseorang yang dapat menampilkan keterampilan sosial dan kepemimpinannya. Tak hanya itu, kepribadian karismatik juga dapat membujuk orang lain karena dari mereka terlihat dapat dipercaya. 

Sebagian orang mungkin akan mengagumi orang yang memiliki kepribadian karismatik karena terlihat keren. Oleh karena itu, beberapa orang ingin memiliki sikap karismatik yang biasanya berkaitan dengan kepemimpinan. Supaya dapat dipercaya dan disukai oleh banyak orang serta menambah relasi yang lebih luas dengan orang lain dalam pekerjaan.  

Ciri-ciri, Kelebihan, dan Kekurangan Orang Karismatik

Dilansir dari recalibratedliving.com, terdapat beberapa ciri orang yang memiliki kepribadian karismatik:

  1. Memiliki visi yang jelasOrang yang berkarismatik akan tahu siapa mereka dan apa yang mereka inginkan dari kehidupan. Mereka juga akan memiliki visi yang jelas untuk hidup mereka.
  2. Bersemangat dan antusiasOrang berkarismatik biasanya memiliki sikap optimis yang tinggi sehingga membuat mereka lebih bersemangat dan antusias.
  3. Pendengar yang baikOrang berkarismatik biasanya lebih suka mendengar sehingga ia dapat menjalin hubungan dengan orang lain secara mendalam karena mereka dapat membuat orang merasa penting dan didengarkan.
  4. Bersedia transparanTransparan berarti terbuka, jujur, dan kredibel. Fondasi dari kepercayaan adalah transparansi karena dapat membangun kepercayaan dengan cepat sehingga orang berkarismatik dalam membangun koneksi dengan cepat. 
  5. Bertumbuh dan mau untuk belajarOrang berkarismatik itu dinamis sehingga ia akan selalu memperbaiki dirinya melalui praktik pengembangan pribadi seumur hidup yang konsisten supaya mendapat lebih banyak pendidikan dan pengetahuan yang lebih dalam. Orang berkarismatik juga memiliki pengetahuan yang luas. 
  6. Memiliki keterampilan nonverbal yang sangat kuatOrang yang berkarismatik menggunakan keterampilannya untuk berhubungan dengan orang lain. Berpenampilan untuk memberikan kesan.
  7. Penampilan penting bagi mereka Dalam menjalin hubungan supaya mudah mengajak orang lain dalam bergaul. 

 

Kepemimpinan karismatik memiliki kelebihan yang dilansir dari cystalknows.com

  • Turnover karyawan menurun.
  • Memberikan perubahan positif.
  • Memiliki komunikasi yang lebih baik.

Selain kelebihan, tentu kepemimpinan karismatik juga memiliki kekurangan diantaranya:

  • Sepenuhnya bergantung pada keadaan emosi pemimpin.
  • Dapat menyebabkan pembangkangan terhadap aturan atau struktur organisasi karena antusias dan percaya diri yang dimiliki pemimpin karismatik membuat dirinya melebih-lebihkan diri sendiri. 
  • Dapat menjadi alasan untuk pemimpin karismatik bersifat egois. 

Cara Menjadi Perempuan yang Karismatik

Mungkin mendengar pria yang memiliki kepribadian karismatik sudah menjadi hal yang biasa. Tetapi biasanya untuk perempuan, akan cenderung terdengar kurang karismatik sehingga membuat perempuan kurang dipercaya dalam hal kepemimpinan.

Namun, tenang saja karena kamu juga bisa belajar bagaimana cara menjadi perempuan yang karismatik. Berikut 6 cara untuk menjadi perempuan karismatik yang dilansir dari yourtange.com:

  1. Membuat orang lain merasa penting. Dengan mendengarkan orang lain bercerita dan menatap mata lawan bicara selama percakapan.
  2. Melatih keterampilan berbicara di depan umum. 
  3. Selalu memberikan versi terbaik dirimu termasuk dalam berpenampilan.
  4. Membuat diri mudah untuk didekati orang lain karena seorang pemimpin harus dapat dekat dan berhubungan dengan anggotanya ataupun orang lain dengan baik. 
  5. Selalu tersenyum. Memberikan senyuman dan memiliki sikap yang baik dapat membuatmu terlihat memiliki aura positif.
  6. Selalu percaya diri. 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading