Sukses

Lifestyle

Mudah Diterapkan, Ini 5 Cara Menghilangkan Lemak Membandel Pada Peralatan Dapur Bekas Pakai

Fimela.com, Jakarta Jadi hal yang biasa bila menemukan noda lemak pada piring, wajan, dan sendok setelah kamu makan atau memasak. Hadirnya lemak ini tentunya harus dibersihkan dengan cara mencucinya hingga bersih. Namun, tetap perhatikan teknik membersihkan peralatan dapur tersebut dengan benar, ya.

Mencuci dengan cara yang salah justru akan membuat noda dan kotoran yang menempel pada peralatan nggak bisa hilang dengan sepenuhnya. Apalagi jika ada noda lemak membandel, yang biasanya butuh usaha ekstra agar bisa menghilangkannya. Nah, biar semakin mudah dalam mengerjakan kegiatan ini, kamu bisa banget baca beberapa tips berikut ini.

1. Buang Sisa Makanan yang Menempel

Sebelum mencuci, sebaiknya buang dulu sisa makanan yang masih menempel pada peralatan dapur yang telah dipakai. Melakukan langkah ini akan memudahkan kamu dalam mencuci alat makan dan masak di tahap selanjutnya. Kamu bisa mengumpulkan sisa-sisa makanan tersebut di tempat sampah agar nggak menyumbat wastafel dan menimbulkan bau nggak sedap di dalam rumah. Setelahnya, rendam alat-alat tersebut selama 10-15 menit di dalam air yang berisi sabun cuci piring yang sudah dilarutkan. 

2. Cuci Gelas, Sendok, dan Garpu Dulu

Setelah direndam, maka tahapan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencuci gelas, sendok, dan garpu dulu. Alat-alat ini sendiri memiliki ukuran yang lebih kecil dan umumnya nggak sekotor peralatan dapur lainnya. Sehingga, sangat disarankan untuk dicuci duluan agar peralatan dapur yang penuh lemak nggak akan mengkontaminasi berbagai barang tersebut.   

3. Gunakan Spon atau Sabut Cuci Piring

Selama proses mencuci, jangan lupa untuk menggunakan spon atau sabut cuci piring yang tepat. Benda ini dapat mengangkat noda lemak yang menempel pada peralatan makan dan masak yang kotor dengan lebih mudah. Sebagai saran, pakailah spon cuci piring yang memiliki dua sisi, yaitu kasar dan lembut. Sebab, sabut cuci piring seperti ini lebih mampu memberikan efek bersih yang maksimal untuk peralatan dapur yang terkena noda lemak.

4. Pakai Sabun Cuci Piring yang Mengandung Ekstrak Lemon

Sudah bukan rahasia lagi jika buah lemon menjadi salah satu bahan alam yang ampuh dalam menghilangkan noda lemak membandel pada peralatan dapur, seperti piring, wajan, hingga sotil. Itulah mengapa kamu wajib menggunakan sabun cuci piring yang dilengkapi dengan ekstrak bahan alami ini agar berbagai alat makan dan masak bekas pakai bisa terbebas dari noda lemak dan bersih dengan sempurna. 

5. Bilas dengan Air Mengalir

Setelah melalui proses penyabunan, maka langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah membilas alat-alat dapur tersebut dengan menggunakan air mengalir. Hal ini sangat diperlukan agar piring ataupun benda dapur lainnya yang ternodai lemak bisa bersih dan benar-benar terbebas dari segala jenis noda yang menempel. Sehingga, bau nggak sedap juga bisa ikut hilang dan peralatan dapurmu terbebas dari bakteri serta kuman yang berkembang biak.

Itulah beberapa cara mudah untuk menghilangkan noda lemak membandel pada peralatan dapur bekas pakai. Semoga bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading