Sukses

Lifestyle

5 Cara Tetap Bahagia Menikmati Masa Single di Usia 30-an

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia 30-an, kadang kita merasa khawatir akan banyak hal. Berbagai macam tuntutan dan tekanan baru harus kita terima, dan semua itu bisa membuat kita merasa sulit menikmati hidup. Apalagi saat masih single di usia yang kerap dianggap sudah matang untuk menikah, rasanya kebebasan kita makin terbatas.

Sekarang yuk kita coba nikmati hidup dengan lebih baik lagi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bahagia di usia 30-an dengan memaksimalkan masa-masa single. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Tingkatkan Kemandirian

Tingkatkan kemandirianmu di usia kepala tiga ini. Menyadari bahwa tidak bisa selalu bergantung pada validasi atau perlakuan orang lain untuk bisa membuatmu bahagia, kamu bisa memilih untuk lebih mandiri dalam menciptakan kebahagiaanmu. Nikmati hal-hal yang memang kamu sukai. Lakukan hal-hal yang selama ini memang selalu bisa membuatmu bergairah menjalani hidup. Sadari bahwa untuk bahagia, kamu perlu memilih dan mengupayakannya, maka kamu bisa lebih menikmati hidup dengan lebih nyaman lagi.

 

 

2. Tekuni Hal yang Kamu Sukai

Tekuni saja hal-hal yang kamu suka. Lakukan hal-hal yang bisa membuat hidupmu terasa lebih bermakna. Asah dan gali terus potensi serta kelebihan yang kamu miliki. Selama kamu bisa merasa hidup jadi terasa lebih bermakna dengan melakukan hal yang kamu sukai, maka kebahagiaan akan senantiasa menghampirimu.

 

 

3. Kurangi Kebiasaan Membandingkan Diri

Di usia 30-an, teman-temanmu ada yang sudah menikah dan punya anak. Ada juga yang mendapat promos atau naik jabatan di tempat kerja mereka. Bahkan ada mendapatkan kesuksesan baru. Semua itu mungkin membuatmu minder atau insecure sendiri, tetapi jangan jadikan itu penghambat kebahagiaanmu. Ikutlah bahagia dengan kebahagiaan orang lain. Dengan begitu, kamu pun bisa menjalani hidupmu dengan bahagia juga.

 

 

4. Lakukan Hal yang Selama Ini Ingin Dicoba

Mungkin ada sesuatu yang dulu belum sempat kamu coba. Atau ada sesuatu yang dulu terlewat dan masih membuatmu penasaran. Cobalah untuk meluangkan waktu melakukan hal tersebut. Tak perlu membatasi diri selama ada hal yang bisa kamu coba untuk pertama kalinya dan memperkaya jiwamu.

 

 

5. Tingkatkan Rasa Syukur

Saat segalanya terasa rumit dipahami atau segala sesuatunya terasa sulit untuk dicerna, cobalah untuk tenangkan diri lebih dulu. Hadirkan hati yang penuh syukur. Syukuri semua hal yang sudah ada dan kamu miliki saat ini. Walau memang masih ada banyak hal yang ingin dicapai dan belum bisa dimiliki, memiliki hati yang penuh syukur akan bantu hadirkan kebahagiaan yang lebih besar di hatimu.

Di usia 30-an, tetap hadirkan senyuman di wajahmu. Menikmati masa single di usia kepala tiga bisa jadi pengalaman yang berkesan dalam hidupmu. Pastinya tetap cintai dirimu dengan baik, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading